MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL

Nasruddin Hasibuan

Abstract


Istilah remedial di lembaga pendidikan formal adalah kegiatan yang terprogram. Kegiatan ini dilaksanakan oleh guru mata pelajaran dan tetap dalam pengamatan kepala sekolah.  Hadiah remidi ini sebagai tanggung jawab untuk belajar melaksanakan  tugas studi. Remidi di lembaga pendidikan formal, sekolah Islam dan juga sekolah umum adalah masalah yang sangat penting, karena remidi yang baik akan dapat mengantarkan  siswa ke dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian studi kepustakaan ini meneliti tentang cara mengoptimalkan  hasil belajar dengan menggunakan remidial. Kesempatan remidi ditentukan oleh proses presentasi pelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Banyak sekolah yang kurang memperhatikan  kesempatan remidi dapat  membahayakan siswa dalam pencapaian skor belajar. Remidi dalam perjalanan pembelajaran dijalankan sesuai dengan tingkat pencapaian  hasil belajar siswa. Adapun prinsip remedial adalah adaptif, interaktif, intensif, fleksibel, adanya umpan balik, kesinambungan dan ketersediaan

 Kata kunci: pembelajaran, remedial, hasil belajar

OPTIMIZING LEARNING OUTCOMES THROUGH REMIDIAL LEARNING. The Remedial term in formal education institute is a programmed activity. This activity is executed by subject teacher and stays in the  headmaster  observation.  Remedial  gift is as responsibility for learning to its duty in executing the study duty. Remedial gift in formal education institute, goodness of Islamic school and also  public  school are  very  crucial  matter,  because the  good remedial gift will be able to squire the students into efficient and effective learning process. This library research examined about the way how to improve students’ learning result. The remedial gift is determined by the process of lesson presentation  according to curriculum  that is used. A lot of schools which are less paying attention  to the gift remedial can harm the student in the learning scoring achievement. Remedial gift in the course of learning is executed by pursuant to the level achievement of result of students’ learning. The principles are adaptive, interactive, intensive, flexible, feedback, continuity and availability.

 Keywords: remedial learning , students’ learning achievement


Full Text:

PDF

References


Julaeha, dkk. 2007. Belajar Dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Depdiknas. 2008. Sistem Penilaian KTSP: Panduan Penyelenggaraan

Pembelajaran Remedial

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, cet. ke-5.

Rice, Valerie L. 2013. ROPES: a Model to Increase Learning Outcome.

Attorney at Law.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sutikno, M. Sobri. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia.

Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

WS. Winkel. 1996. Psikologi Belajar. Jakarta: Sinar Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.