KURIKULUM PRAKTIK PROFESI LAPANGAN (PPL) JURUSAN TARBIYAH STAIN KUDUS

Hanik Rosyidah

Abstract


PPL sangat diperlukan untuk meningkatkan keterampilan siswa. Oleh karena itu, kurikulum PPL harus disusun secara sistematis. Penelitian ini menjelaskan tentang (1) rancangan dan isi kurikulum PPL, (2) implementasi dan evaluasi PPL di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif.  Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan dokumen.  Validitas dan reliabilitas  diverifikasi dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan adaptabilitas. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan model deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) rancangan dan isi PPL untuk siswa di madrasah dengan pendekatan khusus dalam pragmatik atau kompetensi, dan berisi administrasi mengajar dan sekolah, (2) implementasi dan evaluasi PPL dengan standar yang tinggi untuk melewati: penguasaan  siswa, mengajar semua materi agama Islam, pengajaran Islam serta administrasi pendidikan, dan juga kerjasama dalam program dan kegiatan sekolah.

Kata kunci: kurikulum, PPl, STAIN KUDUS

FIELD PROFESSION PRACTICE CURRICULUM OF ISLAMIC EDUCATION DEPARTMENT OF  STAIN  KUDUS .  PPL is important  for improving student skills. Therefore, curriculum of PPL must be sistematically organized. This research explained about (1)

 

 

design and content of curriculum of PPL, (2) implementation and evaluation of PPL in State Islamic College of Kudus. This research were  designed  in the  qualitative  approach.  Data were  gathered by using  observation  and document.  The  validity  and reliability were verified by credibility, transferability,  dependability,  and conformability  test. The  data were analyzed  by using  descriptive model. The results of this research are (1) the design and content of PPL for students in madrasah/islamic  school with special approach in pragmatic or competence, and consist of both of teaching and school administration, (2)  implementation  and evaluation  of PPL with higher standard for passing : students mastery, teaching all of islamic subject matters, islamic teaching and educational administration, and also collaboration in school programme and activities.

Keywords:  curriculum, PPL, STAIN Kudus


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filososfis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Matthew, Miles B, dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif.

Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia. McMillan, James H and Sally Schumacher. 2001. Research In Education

A Conceptual Introduction. San Francisco: Longman.

Moleong, Lexy, J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Nasution, S., 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT. Citra Aditya Bakti.

Nasution, S., 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Soetopo, Hendyat dan Soemanto, Wasty. 1986. Pembinaan dan

Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Bima Aksara. Subandijah. 1996. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Akademik Civitas Akademika STAIN Kudus. Kudus: STAIN Kudus.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional UU RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Vembriarto, St. 1993. Pengantar Perencanaan Pendidikan. Jakarta:

Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.