MANAJEMEN KEBIJAKAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN: STUDI KASUS DI STAIN KUDUS

Kisbiyanto Kisbiyanto

Abstract


Kualitas manajemen  pendidikan  tergantung  pada  perilaku organisasi.  Oleh karena itu, perilaku harus terorganisir secara sistematis. Penelitian  ini menjelaskan  tentang (1)  bagaimana untuk mengelola  perilaku individu sumber daya manusia, (2) bagaimana cara untuk mengelola  perilaku  kelompok sumber daya manusia,  dan (3)  bagaimana untuk mengelola  perilaku organisasi sumber daya manusia. Penelitian ini dirancang dalam pendekatan  kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan,  dan menggunakan dokumen. Keabsahan dan kehandalan data diverifikasi dengan uji kredibilitas, pengalihan, dependebility, dan confirmability tes. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian adalah: (1)  kinerja perilaku individu sumber daya manusia di tingkat tinggi ada di ushuluddin dan Fakultas dakwah, sedangkan di tingkat menengah ada di Fakultas tarbiyah dan syariah (2) pelaksanaan perilaku kelompok sumber daya manusia di tingkat tinggi di Tarbiyah dan Fakultas syariah, dan tingkat menengah adalah Fakultas ushuluddin dan dakwah, dan (3)  pelaksanaan perilaku individu sumber daya manusia di tingkat menengah di tarbiyah, syariah, ushuluddin dan dakwah Fakultas.

Kata kunci: manajemen,  sumber daya manusia, pendidikan


THE MANAGEMENT OF  EDUCATIONAL HUMAN RESOURCES  POLICY (CASE STUDY IN  STAIN  KUDUS). Quality  of educational  management   depends  on organizational behavior. Therefore, every behavior must be sistematically organized. This  research explained  about (1) how to manage the individual behavior of human resources, (2) how to manage the group behavior of human resources, and (3) how to manage the organizational behavior of human resources. This  research  was designed in the qualitative approach. Data were gathered by using interview, observation,  and using document. The validity and reliability were verified by credibility, transferability, dependebility, and confirmability test. The data were analyzed by using interactive model. The results of research were: (1) the performance of individual behavior of human resources in high level was at ushuluddin and dakwah faculty, while at tarbiyah and syariah faculty was in medium  level (2) the performance of group behavior of human  resources in high level was at tarbiyah, syariah faculty, and in medium  level, there were ushuluddin  and dakwah  faculty, and (3) the performance of individual behavior of human resources in medium level was at tarbiyah, syariah, ushuluddin and dakwah faculty.

Keywords: management, human resources, education


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan.

Yogyakarta: Adiyta Media.

Assegaf, Abd. Rachman. 2005. Politik Pendidikan Nasional Pergeseran Kebijakan Pendidikan Agama Islam dari Praproklamasi ke Reformasi. Yogyakarta: Kurnia Kalam.

Bass, Bernard M.1981. Stogdill’s Handbook of Leadership A Survey of Theory and Research. New York: A Division of Macmilan Publishing Co., Inc.

Bogdan, Robert C dan Biklen, S Knopp. 1990. Riset Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar Teori dan Metode. Terjemahan Munandir. Jakarta:Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional Universitas Terbuka.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filososfis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.

Bush, Tony. 2006. Theories of Educational Leadership and Management.

London: SAGE Publications.

Denzin, Norman, K and Lincold, Yvonna S. 2000. Handbook of Qualitative Research (Second Edition). California:Sage Publication, Inc.

Djuhardi AS. 2007. Profil Kompetensi Guru Madrasah Diniyah dalam Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Balitbangdiklat Departemen Agama RI.

Ekosusilo, Madyo. 2003. Hasil Penelitian Kualitatif Sekolah Unggul

Berbasis Nilai. Sukoharjo:Univet Bantara Press.

Fullan, Michael G. 1991. The New Meaning of Educational Change

(Second Edition). New York:Teachers College Press. Greenberg, Jerald and Robert A. Baron. 2000. Behavior In Organization

(Seventh Edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Hanson, Mark E. 1996. Educational Administration and Organizational

Behavior (Fourth Edition). Massachusetts USA:Allyn and

Bacon.

Hersey, Paul dan Blanchard, Ken. 1982. Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayagunaan Sumber Daya Manusia (Edisi Keempat) Terjemahan Agus Dharma. Jakarta:PT. Gelosa Aksara Pratama.

Lippitt, Gordon L. 1982. Organization Renewal A Holistic Approach to Organization Development (Second Edition). New Jersey:Prentice-Hall, Inc.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi (Edisi Kesepuluh). Terjemahan

Vivin Andhika Yuwono dkk. Yogyakarta:Penerbit ANDI. Masyhud, Sulthon, dkk. 2003. Manajemen Pondok Pesantren.

Jakarta:Diva Pustaka.

Matthew, Miles B, dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif .

Terjemahan Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia. McMillan, James H and Sally Schumacher. 2001. Research In Education

A Conceptual Introduction. San Francisco: Longman.

McShane, Steven L and Mary Ann Von Glinov. 2008. Organizational

Behavior (Fourth Edition). New York: McGraw-Hill.

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Naturalistik. Bandung: Tarsito. Owens, Robert G. 1981. Organizational Behavior in Education (Second

Edition). New Jersey:Prentice-Hall, Inc.

Robbins, Stephen P. 2008. Perilaku Organisasi (Edisi Kesepuluh).

Terjemahan Benyamin Molan. Indonesia:PT. Indeks.

Rogers, Everett M. 1995. Diffusion of Innovations (Fourth Edition).

New York: The Free Press.

Simon, Herbert A. 2000. Administrative Behavior : A Study of Decisión- Making Processes in Administrative Organizations (Fourth Edition). New York: The Free Press.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Sudjana, D. 2004a. Pendidikan Nonformal (Nonformal Education)

Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat, Teori Pendukung ,

Asas. Bandung:Falah Production.

Sudjana, D. 2004b. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung:Falah Production.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Suwarto. 1999a. Perilaku Keorganisasian Buku Panduan Mahasiswa.

Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Suwarto. 2010b. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Universitas

Atma Jaya Yogyakarta.

Umam, Khaerul. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung:CV. Pustaka

Setia.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta:Dihimpun oleh Penerbit Asa Mandiri. Usman, Husaini. 2008. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan.

Jakarta:Bumi Aksara.

Winardi, J. 2004. Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta:Prenada

Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.