KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DALAM PERSPEKTIF GENDER

Muhamqad Mustaqim

Abstract


Tulisan ini bermaksud mengkaji tentang implementasi kurikulum pada pendidikan dasar yang berbasis pada kesetaraan gender. Untuk maksud tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif. Dengan melihat berbagai fenomena bias dan diskriminasi gender yang selama ini membudaya, termasuk dalam dunia pendidikan menjadikan upaya untuk membangun kurikulum berperspektif gender menemukan relevansinya. Pendidikan dasar, sebagai upaya membangun pengetahuan, keterampilan  dan sikap sejak dini menjadi hal penting dalam sosialisasi dan penanaman keadilan gender.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa implementasi kurikulum berperspektif  gender ini bisa dilakukan  melalui  beberapa pendekatan, baik secara implisit, eksplisit,  perubahan maupun aksi sosial sebagai upaya dalam meminimalisir bias gender yang ada dalam pendidikan, tentunya dengan berbagai formulasi yang ditawarkan.

Kata kunci: kurikulum, pendidikan,  gender

BASIC EDUCATION CURRICULUM IN A GENDER PERS- PECTIVE. This paper  intends  to examine the implementation  of the curriculum in primary education based on gender equality.  For that purpose, the authors did a qualitative  research. By looking at the various of bias phenomena  and gender discrimination  that is widespread, including in the world of education is making  efforts to build the curriculum based on gender perspective finds its relevance. Primary  education, as an effort  in building  the  knowledge, skills and attitude  since early phase becomes an important  thing in the socialization and instilling  the  gender justice. From  the  results of research that has been done, it can be noted that the implementation of the curriculum based on gender perspective can be done through a number of approaches, either implicitly or explicitly, changes, or social action in an effort to minimize  the gender bias that exists in education, of course with the variety of formulations  that are offered.

Keywords:  curriculum, primary education, gender


Full Text:

PDF

References


Muslikhati, Siti. 2004. Feminisme dan Pemberdayaan Perempuan

Dalam Islam, Jakarta: Gema Insani Press.

Nasution. 1993. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya

Bakti.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan no 67 tahun 2013

Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah

Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LKIS.

Suryadi, Ace & Ecep Idris. 2004. Kesetaraan Gender dalam Bidang

Pendidikan. Cet. I. Bandung: Genesindo

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Wahid, Nusron, et. al. 2003. Ultimatum Transisi. Jakarta: Pustaka

Salemba.

Yaqin, Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural: Cross-cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.

Zaini, Hisyam dkk. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi.

Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development (CTSD) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.