PENGEMBANGAN KONSEPSI KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Dinamika perkembangan kurikulum pendidikan Islam perlu mendapat perhatian bagi praktisi pendidikan agar penetapan kebijakannya sesuai dengan tujuan. Diketahui bahwa pendidikan Islam di Indonesia masih jauh dari harapan karena masih banyak output yang belum memiliki kompetensi atau kepribadian yang diharapkan. Penelitian ini menganalisis tentang alasan mengapa kurikulum harus dikembangkan, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum, dan cara mengembangkan konsepsi kurikulum pendidikan Islam. Dengan melakukan penelitian kepustakaan, diperoleh hasil bahwa (1) Kurikulum pendidikan Islam harus dikembangkan untuk mencapai keberhasilan peserta didik baik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik; (2) faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum adalah; tujuan, tuntutan masyarakat global, isi atau materi yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kondisi psikologis peserta didik; (3) untuk mengembangkan konsepsi kurikulum Pendidikan Islam, perlu adanya pemahaman pada masing-masing konsepsi kurikulum yang sudah dirumuskan oleh para ahli pendidikan. Konsepsi kurikulum yang dimaksud adalah: kurikulum akademik, humanistik, teknologi, dan rekonstruksi sosial.
Kata kunci: pengembangan konsep, kurikulum pendidikan islam
The dynamics of the development of Islamic education curriculum needs to get attention for education practotioners so that the determination of policies can be objective. The problem is many education outputs do not have the expected competence or personality. This study analyzed the reasons why the curriculum should be developed, factors that influence, and how to develop curriculum conception. By doing library research, the result showed that (1) the Islamic education curriculum should be developed to achieve the success of learners in cognitive, affective, and psychomotor; (2) factors affecting the development are purposes, demands of the global community, and contents or materials (3) to develop a conception of the curriculum of Islamic education, the need for understanding on their respective conceptions of the curriculum that has been formulated by education experts. The conceptions of the curriculum are: the academic curriculum, humanistic, technological, and social reconstruction.
Keywords: concept development, the curriculum of Islamic education
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 1992. Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru.
an-Nahlawi, Abdurrahman. 1996. Ushûlu Tarbiyah al-Islâmiyah wa Asâlîbiha; fî al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtam’a. Damsyiq: Darul Fikr.
. 1996. Ushûlu Tarbiyah al-Islâmiyah wa Asâlîbiha; fî al-Bait wa al-Madrasah wa al-Mujtam’a.
Terjemahan oleh Shihabuddin. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Madrasah, Jakarta: Gema Insani Press
Engkoswara. 1984. Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran, Jakarta: Bina Aksara.
Faesal, Jusuf Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Harsono, Eko Budi. 2004. Undang-undang tentang Pendidikan Agama Islam. Tersedia di http://www.suarapembaruan.com/ news/2004/01/10/kesra/ke02. htm. Diakses pada Tanggal 5
Juni 2015.
Ihsan, Hamdani dan A. Fuad Ihsan. 2007. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
McNeil, John. D. 1981. Curriculum: A Comprehensive Introduction, (Terj) Subandijah (1988), Kurikulum Sebuah Pengantar Komprehensif. Jakarta: Wira Sari.
Nasution. 1995. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 1996. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tafsir, Ahmad. 1997. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.761
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: