PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS

Jito Subianto

Abstract


Pendidikan karakter merupakan langkah  sangat penting dan strategis dalam  membangun kembali jati  diri  bangsa dan menggalang pembentukan masyarakat Indonesia baru. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa membentuk  siswa yang berkarakter bukan suatu upaya mudah dan cepat. Hal tersebut memerlukan upaya terus menerus dan refleksi mendalam  untuk membuat rentetan (Moral  Choice)  keputusan moral yang harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata, sehingga menjadi hal yang praktis dan reflektif. Diperlukan sejumlah waktu untuk membuat semua itu menjadi (custom) kebiasaan dan membentuk watak atau tabiat seseorang. Karakter pendidikan harus  melibatkan   berbagai pihak,   di keluarga dan rumah tangga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Hal ini merupakan langkah utama yang harus dilakukan ialah menyambung kembali hubungan dan jaringan pendidikan yang nyaris putus diantara ketiga lingkungan  pendidikan tersebut. Pembentukan sifat dan karakter pendidikan tidak akan pernah berhasil  selama  diantara ketiga lingkungan  pendidikan tidak ada keharmonisan dan kesinambungan. Melihat kenyataan ini, membentuk  karakter siswa yang berkualitas diperlukan pengaruh yang kuat dari keluarga, sekolah, dan mayarakat.

Kata kunci: peran keluarga, sekolah, masyarakat, karakter

ROLE OF THE FAMILY, SCHOOL AND SOCIETY IN CREATING A QUALITY CHARACTER. Character education is a very important  and strategic step in the rebuilding of national identity and mobilize  the formation  of new Indonesian  society. This study uses library research. The result of this study is that forming character of students  is not an easy and quick effort. It requires continuous effort and deep reflection to make  a series of Moral Choice (moral judgment) that must be followed  up with concrete action,  so that it becomes practical and reflective. The necessary amount  of time to make it into a custom (habit) and establish a character or a person’s character. Character education should involve various stakeholders, in the family and household, school, and community. This is a major step that must be done  is to reconnect the relationship and educational networks that breaking point between the third educational environment. The formation of the nature and character education will never succeed as long as the third among the educational environment there is no harmony and continuity.

Keywords: The role of family, school, community, character


Full Text:

PDF

References


Arsyad, S.A. 2010. Character Education, Disajikan Pada Sarsehan Nasional Pendidikan Karakter. Dikti Kementerian Pendidikan Nasional di Hotel Murcure Pontianak, Tanggal 17 April 2010.

Aunurrahman. 2009. Eksistensi dan Arah Pendidikan Nilai. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Azra, Azyumardi, 2003 (cetakan 2, 2006), Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Penerbit Kompas.

Azra, Azyumardi, 1999a, “Membangun Kembali Karakter Bangsa: Peran dan Tantangan Perguruan Tinggi”, makalah disampaikan pada Dies Natalis ke-50 Universitas Gadjah Mada, 13 Nopember

Azra, Azyumardi, 1999b, “Pembinaan Pendidikan Akhlak Didik pada Era Reformasi”, pokok-pokok pikiran untuk Seminar tentang Pendidikan Anak dalam Indonesia Baru, Direktorat Pembinaan Pendidikan Islam pada Sekolah Umum, Depag RI, Jakarta, 2

Nopember 1999.

Ayu S. Sadewo. 2009. Mudahnya Mendidik Anak Beda Karakter dan Bakat, Beda Perlakukan. Jakarta: Penebar Swadaya.

Aziz Hamka Abdul. 2011. Pendidikan Karater berpusat pada Hati. Jakarta: Almawardi Prima

Bagir, Zainal Abidin dkk. 2005. Integrasi Ilmu dan Agama, Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan Pustaka

Fraenkel, Jack R. 1977. How to Teach about Values: An Analytical Approach, Englewood, NJ: Prentice Hall.

Ibn Miskawaih. 1992. Filsafat Akhlak. Bandung: Mizan.

Keosoema, Doni. 2009. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo

Keosoema, Doni 2007. Pendidikan Karakter, strategi mendidik anak di zaman gobal. Jakarta: Grasindo

Keosoema, Doni. 2009. Pendidikan Karakter di zaman keblinger. Jakarta: Grasindo

Keosoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter Integral. Kompas, 11 Februari 2010

Kirschenbaum, Howard & Sydney B. Simon. 1974. Values and Futures Movement in Education, dalam Alvin Toffler (ed.), Learning for Tomorrow: The Role of the Future in Education, New York: Random House.

M. Anis Matta, 2006. Membentuk Karakter Cinta Islam, Jakarta: al- I’tishom Cahaya Umat.

Mulyana Rahmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung; Alfabeta.

Mulyo, Karso. 2009. Membangun Karakter Bangsa melalui Pembelajaran kontektual. Tersedia, online: http//mitrawacanawrc.com.

Munir Abdullah. 2010. Pendidikan Kalakter. Yogyakarta: Pedagogia.

Nata Abuddin, dkk. 2002. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jakarta; Raja Grafindo Persada

Sulhan, Najib. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya: Jape Press Media Utama ( Jawa Pos Grup).

Q-Anees Bambang, Hambali Adang. 2008. Pendidikan Kalakter Berbasis Al-Quran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sadulloh Uyoh 2003. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung; Alfabeta. Shihab, M. Quraish. 1996.

Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu`I atas

Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Sauri, S. 2006. Pendidikan Berbahasa Santun. Bandung: Genesindo

Suwito. 2004. Filsafat Pendidikan Etika Ibnu Miskawaih, Yogyakarta, Belukar

Soebahar Abd Halim. 2002. Wawasan Baru Pendidikan Islam.Kalam Mulia. Jakarta

Supriyatno, Triyo 2009. Pendidikan Karakter di Sekolah. Tersedia, online, http://kahmiuin.blogspot.com.

Phillips, C. Thomas. 2000. Family as the School of Love. Makalah pada National Conference on Character Building, Jakarta, 25-26

Nopember, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.