PENDIDIKAN PENANAMAN SISTEM NILAI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ
Abstract
Tulisan ini mengkaji tentang nilai-nilai yang terdapat dalam pembelajaran aqidah akhlaq. Desain pembelajaran yang digunakan adalah desain penulisan telaah pustaka. Jenis data dalam kajian ini adalah literatur yang terkait dengan tema kajian. Islam berkaitan dengan pendidikan spiritual dan membersihkan jiwa dari kejahatan, kebohongan, kemunafikan, dan prasangka terhadap seseorang tanpa sebab. Dalam pendidikan formal, guru menjadi mentor siswa dalam memiliki akhlakul karimah, dengan menjadi model peran yang baik. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa sumber utama dalam penanaman sistem nilai selain Al- Qur’an dan Al-Sunnah yaitu nilai duniawi, pikiran, adat istiadat dan kenyataan alam.
Kata kunci: internalisasi, sistem, nilai, aqidah, pembelajaran, moralitas
THE EDUCATION OF GROWING VALUED SYSTEM IN AQIDAH AKHLAQ LEARNING. This article examines the values contained int the aqidah akhlaq learning. The design oh this study is library research. The data of this study are literatures which relates with the topic. Islam is concerned with the spiritual education and cleanse the soul from malice, deceit, hypocrisy, and prejudice against someone without cause. In formal education, the teacher becomes the students’ mentor in having akhlakul karimah, by being good role models. The results of this study showed that the main sources in the growing valued system except Al-Qur’an and Al- Sunnah are worldly values, thoughts, customs, and the reality of nature.
Keywords: valued, system, internalization, aqidah, morality, learning
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. 1985. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam.
Al-Munawar, Said Agil Husain. 2005. Akulturasi Nilai-nilai al-Qur’an, Jakarta: Ciputat Press.
Ali, Muhammad. 1992. Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru.
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di Sekolah dan Masyarakat. Salatiga.
Arif, Armei. 2002. Pengantar Metodologi Pendidikan Islam.Jakarta: Ciputat Press.
Arifin, M. 1994. Ilmu Pendidikaj Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Al-Abrasy, Muhammad Athiah. 1970. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam (terj.), judul asli, At-Tarbiyah al-Islamiyah, penerjemah Bustami A.Gani, Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Ahwani, Ahmad Fuad. 1975. At-Tarbiyah fi al-Islam. Mekah: Darul Ma’arif.
Al-Syaibant, Omar Muhammad al-Toumy. 1979. Filsafat Pendidikan Islam (terj.) Jakarta: Hasan Langgulung, Bulan Bintang.
Aly, Hery Noer. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Ramayulis. 1994. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.cet.I.
Ausubel, David. 1978. Educational Psychology, A.Cognitive View, New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Bloom, Benyamin S. 1997. Taxonomy of Education Obyektives, London: Longman, Inc.
Daradjat, Zakiah. 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djahiri, A, K. 1996. Menelusur Dunia Afektif: Pendidikan Nilai dan Moral. Bandung: Lab Pengajaran PMP IKIP.
Djatmika, Rahmat . 1987. Sistem Etika Islam (Akhlak Mulia). Jakarta: Pustaka Panjimas.
Gagne, Ellen. 1985. The Cognitive Paychology of School Learning. Boston: Little, Brown and Company.
Kattsoff, Louis O. 1987. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Soekamto et al., Teoti. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran, Jakarta: Pusat antar Universitas, Departemen P dan K.
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan dalam Persektif Islam cet.2. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
. 1995.Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Zuhairini dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, Surabaya, cet.ke-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.755
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: