RESPON SISWA DAN GURU TERHADAP MODUL ETHNO-EDUTAINMENT DI SEKOLAH ISLAM TERPADU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, S., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. 2013. Peran Sekolah Islam Terpadu dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa (Study kasus di SDIT Permata Bunda Gedungmeneng Rajabasa Bandar Laampung) TP 2012/2013. Jurnal FKIP Unila. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/viewFile/771/484
Alfiriani, A., & Hutabri, E. Kepraktisan dan Keefektifan Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer. Jurnal Kependidikan. Vol. I, No. 1:12-23.
Ardianti, S.D. 2015. Pengaruh Modul Tematik Inquiry-Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Pembentuk Bioenergi. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. V, No.2.
Ardianti, S.D., Wanabuliandari, S. & Rahardjo, S. 2017. Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Melalui Model E-JAS dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. IV, No.1:1-7.
Ardianti, S.D., Pratiwi, I.K., & Kanzunnudin, M. 2017. Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. VII, No. 2:145-150.
Brata, I.B. 2016. Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Budaya Bangsa. Jurnal Bakti Sarawati. Vol. V, No. 1: 9-16.
Budiono, E., & Susanto, H. 2006. Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa uantitatif Untuk Soal-soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester 1 SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. IV, No. 2: 79-87
Hawi, Akmal. 2015. Sistem Full-Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus di Izzuddin Palembang. Jurnal Istinbath. Vol. XVI:71-87.
Hobri. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center of Society Studies Jember.
Izzati, N., Hindarto, N., & Pamelasari, S.D. (2013). Pengembangan Modul Tematik dan Inovatif Berkarakter pada Tema Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol II, No. 2: 183-188.
Pratiwi, I.K., Ardianti, S.D., & Kanzunnudin, M. 2018. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. VIII, No. 2: 177-182.
Rohman, M., & Mukhibat, M. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Sosio-Kultural Berbasis Etno-Religi Di MAN Yogyakarta III. Edukasia: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Islam. Vol. XII, No. 1:31-56.
Rosyidah, A.N., Sudarmin, S.S., & Siadi, K.K. 2013. Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif dalam Bahan Makanan untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal. Vol. II, No. 1: 133-139.
Sungkono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suyatno. 2013. Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi, dan Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. II, No. 2: 355-377.
Syahroni, M. W., Dewi, N.R., & Kasmui, K. 2016. The Effect Of Using digimon (Science Digital Module) with Scientific Approach At TheVisualization of Students Independence And Learning Result. Jurnal Pendidik IPA Indonesia. Vol. V, No. 1: 116–122
Wanabuliandari, S., Ardianti, S.D., Saptono, S., Alimah, S., & Kurniasih, N. 2018. Edutainment Module based on Local Culture of Eastern Pantai Utara, Central Java Reviewed From Experts. International Journal of Engineering & Technology. Vol. VII, No. 2.14. Doi : 10.14419/ijet.v7i2.12.14684
Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan lokas Gusjigang Kudus Pada Siswa Slow learner. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching. Vol. VII, No. 1. Doi : http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2724.g1551
Wanabuliandari, S. 2016. Pengenalan Budaya Lokal Kota Kudus Melalui Pembelajaran Etnomatematika Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional: Implementasi Bimbingan dan Konseling pada Lembaga pendidikan Anak Usia Dini Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini. ISBN :978-602-1180-38-9, hal 40-53.
Wanabuliandari, S., Ardianti, S.,D., & Rahardjo, S. 2016. Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, Vol. V, No. 2:34-41. Retrieved from http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/1174/1014.
Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. A. 2018. Pengaruh Modul E-JAS Edutainment terhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. VIII, No. 1: 70-79. Retrieved from http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1248/795.
Wihyanti, R., Subiyantoro, S., & Fadhilah, S.S. 2018. Internalisasi Karakter Nasionalisme Dalam Kediversitasan Ethnis Di Sekolah Dasar Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. XIII, No. 1.
Yunus, R. 2013. Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. XIII, No.1: 67-79
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: