ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS PESANTREN ANAK-ANAK TAHFIẒ AL-QUR’ÂN RAUDHATUL FALÂH BERMI GEMBONG PATI JAWA TENGAH
Abstract
Analysis Studi of Educational System in Institusional Traditional System (Pesantren) for children of Memorization Al-Qur’ân at Raudlatul Falâh Bermi Gembong Pati Central Java. This paper of research institutional system (pesantren) for children age 6/7 – 12 Th in Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati Central Java. The fist program in institutional traditional system is memorization of al-Qur’ân 30 juz and learning is basic school (madrasa) /MI Tahfiẓ Raudlatul Falâh Gembong Pati Central Java. Educational system in institutional traditional include of teacher qur’an and teacher in basic shool, student, material or curriculum, methods of memorization of qur’ân, insfrastructure and environment education is dominant factor in succesfull system education aspecially in institutional traditional (pesantren)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, 1992, Islam Sebagai Paradigma Pendidikan, Adiya Wacana, Yogyakarta
Azra, Azyumardi, 1999, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos.
Brand, Venna Hilde, 1976, Introduction to Early Child Hard Education, New York, Macmillan Publising.
Dhofier, Zamakhsyari Dhofier, 1984, Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.
Geertz, Cliffor, 1989, Abangan, Santri, Priyayi Dalam Masyarakat Jawa, alih bahasa Mahasin, Jakarta, Pustaka Jaya.
Hajar, Ibnu, 1996, Dasar-dasar Metodologi Pembahasan Kuantitaif dalam Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1996.
Henri Mussen, Paul, 1984, Child Development and Personalit, New York, Herperad Row Publiser.
Hurlock, B. Hurlock, 1997, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga
Madjid, Nurcholis, 1987, Islam, Kemodernan dan Keindonesiaan , Bandung : Mizan.
Moleong, Lexy, 2001 Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung : Remaja Rosda Karya.
Muhadjir, Noeng, 1998 Metodologi Penelitian Kualitatif , Yokyakarta : Rake Sarasin.
Poerbakawatja, Soegarda, 1976, Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta : Gunung Agung, 1976.
Sa’dullah, 2008, 9 Cara Cepat Menhafal Al-Qur’an, Jakarta : Gema Insani.
Sujanto, Agus, 1980, Psikologi perkembangan, Jakarta : Bumi Aksara.
Surahmad, Winarno, 1984, Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik Bandung : Tarsito.
Suparlan, Parsudi, 1993, Pengantar Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, dalam majalah Media Edisi 14 tahun III, Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.
Tilaar, H.A.R, 2000, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka
Waluyo, Hasan 1988, Petunjuk Pelaksanaan Kurikulum Taman Kanak-kanak, Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Wijaya, Ahsin Al-hafidz, 1994, Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara.
Zein, Muhaimi, 1985, Tata cara/problematika Menghafal al-Qur’an dan Petunjuk-petunjuknya Jakarta: Pustaka al-Husna.
Ziemek, Manfred , 1986, Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Jakarta : P3M.
Zuhairi, dkk, 1983, Metodik Khuus Pendidikan Agama dilengkapi dengan sistem modal dan permainan simulasi Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v14i1.3632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: