The Effect of Religious Programs on Increasing Religious Awareness and Social Concerns of Students in Madrasah Aliyah Bandung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, A., & Hanafi, A. (2019). Tingkat Religiusitas Peserta Didik pada Sma/Ma di Maluku Utara. Journal Educandum, 5(2), 189–199. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/267
Adisel, A., & Suryati, S. (2022). Pendidikan Merdeka Belajar dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 467–477. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4886
Aditia, H. R., Hamiyati, H., & Rusilanti, R. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepedulian Sosial Remaja. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 3(2), 89–93. https://doi.org/10.21009/JKKP.032.08
Akhirudin, F., Wasliman, I., & Dianawati, E. (2023). Manajemen Mutu Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Penguatan Akhlak Mulia Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 1–9. https://doi.org/10.29210/30032565000
Amin, M., Hamzah, A. A., & Humaerah, H. (2021). Strategi Dakwah Muhammadiyah dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama. Jurnal Mercusuar, 2(1), 93–100. https://doi.org/https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/mercusuar/article/view/19586
Arifah, N., Nursikhin, M., & Masruroh, U. N. (2023). Implementasi Pendidikan Kepramukaan dalam Menanamkan Karakter Peduli Sosial dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(2), 164–175. https://doi.org/10.31102/alulum.10.2.2023.164-175
Augusti, A. K., & Hidayanti, H. N. (2023). Peran Majelis Taklim dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama di Lingkungan Musholla Nurul Iman. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 198–216. https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i2.9752
Awaliyah, A., & Arruum Listiyandini, R. (2018). Pengaruh Rasa Kesadaran terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 5(2), 89–101. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.498
Ayu, S. M. (2017). Evaluasi Program Praktek Pengamalan Ibadah di Sekolah Dasar Ar-Raudah Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 15–29. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2092
Creswell, J. W. (2017). Desain Penelitian: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Ginting, D., Fentiana, N., & Dachi, R. A. (2021). Survei Cross-Sectional Online untuk Menilai Vaksin Covid-19 Terkait Akseptabilitas, Pengetahuan dan Kesediaan Membayar di Kalangan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1168–1172. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i3.1724
Habibah, M., & Wahyuni, S. (2020). Literasi Agama Islam Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Siswa RA KM Al Hikmah Kediri. JCE (Journal of Childhood Education), 4(1), 46–61. https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.114
Harefa, A. (2022). Pengaruh Globalisasi terhadap Perilaku Sosial Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 271–277. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.37
Hasanah, H. (2015). Faktor-Faktor Pembentuk Kesadaran Beragama Anak Jalanan. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 10(2), 209. https://doi.org/10.21580/sa.v10i2.1432
Hidayati, T. U., Alfiandra, A., & Waluyati, S. A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Palembang. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(1), 17–36. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i1.7920
Hoddin, M. S. (2020). Dinamika Politik Pendidikan Islam di Indonesia; Studi Kebijakan Pendidikan Islam pada Masa Pra-Kemerdekaan hingga Reformasi. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 15–30. https://doi.org/10.30984/jii.v14i1.1035
Ihsan, M. (2019). Penguatan Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah di Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 207. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3576
Ismi, F. (2023). Program Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTS Ma’arif Bebandem Karangasem Bali. INDOPEDIA: Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan, 1(3), 917–928. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/104
Kadir, A., Aljauhari, S., Faisal, F., & Taslim, M. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Dekadensi Moral Peserta Didik di SMP Al-Ma’arif NU Merauke. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 7(2), 203–215. https://doi.org/10.32332/tapis.v7i2.7902
Kardinus, W. N. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Urnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6971
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 1–12. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641
Kusuma, H. L. (2017). Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Layanan Purna Jual terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 9(3), 236–248. https://www.neliti.com/publications/268838/analisis-pengaruh-customer-relationship-marketing-dan-layanan-purna-jual-terhada#cite
Maharani, L., & Hikmah, L. (2015). Hubungan Keterbukaan Diri dengan Interaksi Sosial Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Minhajuth Thullab Way Jepara Lampung Timur. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 2(2), 57–62. https://doi.org/10.24042/kons.v2i2.1459
Makki, M., Ramlah, R., & Hartono, R. (2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Membentuk Karakter dan Pengembangan Diri. Jurnal Al-Ibrah, 6(1), 75–91. https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/64
Marlina, M., Ismail, M., Fauzan, A., & Mustari, M. (2024). Penguatan Nilai Karakter Kedisiplinan dan Peduli Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMAN 4 Kota Bima. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5052–5060. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12484
Mubin, M., & Furqon, M. A. (2023). Pelaksanaan Program Pembiasaan Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 78–88. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.1387
Muchtar, N. E. P., Ahadiyah, W., Zulianah, E., & Khodijah, S. (2022). The Existence of Prophetic Learning in Improving Spiritual Intelligence Through Tahfidz Al-Qur’an for Students. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 1175–1191. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i3.2743
Mufidah, N., & Arsana, I. M. (2014). Korelasi antara Prestasi Belajar dengan Kepedulian Sosial pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Dlanggu Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 221–235. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n2.p221-235
Ningtyas, D. T., & Saputera, A. R. A. (2018). Pengaruh Kegiatan Keagamaan di Lingkungan Sekolah dan Keluarga dalam Membentuk Pengalaman Beragama. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(2), 192–201. https://doi.org/10.32332/tapis.v2i2.1226
Oktavia, E., & Mastanora, R. (2020). Manfaat Mengikuti Pengajian Rutin dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.31958/istinarah.v1i2.1816
Oktonika, E. (2020). Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Kesadaran Beragama pada Remaja di Abad 21. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 159–167. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.389
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Pridayani, M., & Rivauzi, A. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa. An-Nuha, 2(2), 329–341. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.188
Rahmawati, S., & Dewi, N. K. (2020). Dampak media pembelajaran kisah keteladanan terhadap karakter peduli sosial dan prestasi belajar anak sekolah dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 153–163. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.30574
Rahmawati, U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu Deresan Putri Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 97–124. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1332
Rakhmat, J. (2012). Psikologi Agama. PT Raja Grafindo Persada.
Razak, A. A., Jannah, F., & Saleh, K. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Siswa di SMK Kesehatan Samarinda. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 1(2), 95–102. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v1i2.1582
Rohmah, M. R., & Arifin, Z. (2017). Eksistensi dan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 369–384. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-11
Saefudin, A., Munip, A., & Ulfa, K. L. (2021). Internalization of Multicultural-Based Islamic Education: Sunni-Shia Synergy in Banjaran Bangsri Village, Jepara. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 16(1), 37–56. https://doi.org/10.21043/edukasia.v16i1.8803
Safitri, E. (2020). Instilling the Value of Religious Pluralism as the Effort to Overcome the Religious Conflict. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(1), 19–36. https://doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.3897
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sulaiman, S., & Putri, S. A. (2021). The Development of Computer-Based Islamic Religious Education Module In Class XI Students. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 491–502. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1601
Syarif, S., Abdullah, F., & Herlambang, S. (2024). Multiculturalism among Students in Madrasah: Knowledge, Challenges, and Social Capital. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 390–408. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.4710
Tangahu, I., & Muda, L. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Dasar Negeri 01 Lemito. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 5(1), 47–76. https://doi.org/10.30603/jiaj.v5i1.1302
Wahidin, W., Rozikan, M., & Septiani, D. F. (2022). Pengaruh Sosial-Budaya Akademik terhadap Kesadaran Beragama: Implikasi terhadap Konseling Religius di Perguruan Tinggi. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.19105/ec.v3i1.5739
Wulandari, Y., Misdar, M., & Syarnubi, S. (2021). Efektifitas Peningkatan Kesadaran Beribadah Siswa MTS 1 Al-Furqon Pampangan Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(4), 405–418. https://doi.org/10.19109/pairf.v3i4.3607
Yudhistira, D., Djaenudin, R., & Fitriyanti, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Klarifikasi Nilai terhadap Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik dalam Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 45 Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 28–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36706/jp.v2i1.5531
Yusmuliadi, Y., & Agustang, A. (2021). Peranan OSIS dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa di SMA Negeri 3 Barru. Pinisi Journal Of Sociology Education, 1(3), 44–53. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3274335
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v18i2.26299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: