New Paradigm of Learning Islamic Religious Education in the 21st Century: a Study of Amin Abdullah's Thought
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M., & Istiqomah, A. (2021). Analisis Muatan Hots dan Kecakapan Abad 21 pada Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2069–2081. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1124
Abdurrahman Assegaf. (2019). Ilmu Pendidikan Islam Madzhab Multidisipliner (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Adib, M. A. (2022). Transformasi Keilmuan dan Pendidikan Agama Islam yang Ideal di Abad-21 Perspektif Rahmah El Yunusiyah. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 562–576. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.276
Afiful Ikhwan. (2017). kajian Sosio-Historis Pendidikan Islam Indonesia Era Reformasi. Edukasi, 05(01), 15–32. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Amin Abdullah. (2020). Multidisiplin, Interdisiplin, dan Transdisiplin: Metode Studi Agama dan Studi Islam di Era Kontemporer (A. Khorudin (ed.); 1st ed.). PT Litera Cahaya Bangsa.
Amin Abdullah. (2010). Membangun Perguruan Tinggi Islam unggul dan terkemuka Pengalaman UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta : Suka Press., 2010.
Amin Abdullah. (2012). Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratif-Interkonektif (M. Abid Abdushomad (ed.); 3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. 181–192.
Arif Subhan. (2012). Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke-20 Pergumulan Antara Modernisasi dan Identitas (1st ed.). Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=KhZNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=reformasi+pendidikan+islam+di+indonesia&ots=8LYK0XSWKi&sig=CoDzaDQz36m-akRxn9Umaw4Nq-A&redir_esc=y#v=onepage&q=reformasi pendidikan islam di indonesia&f=false
Dishon, G., & Gilead, T. (2021). Adaptability and Its Discontents: 21st-Century Skills and the Preparation for an Unpredictable Future. British Journal of Educational Studies, 69(4), 393–413. https://doi.org/10.1080/00071005.2020.1829545
Efendi, R. (2020). Menakar Permasalahan Pendidikan dalam Perspektif Islam Transitif. 17(1), 34–45.
Hanipudin, S. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan : Journal of Islam and Muslim Society, 1(1), 39. https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.2037
Hidayati, W. (2015). Muatan Keilmuan Integrasi-Interkoneksi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Telaah Kurikulum 2013 Jenjang SMA). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/jpai.2015.121-01
Iroh Suhiroh, Wawan Wahyudin, A. F. K. (2022). Reformasi Pendidikan Islam: Upaya Membangun Konsep Pendidikan Islam Modern di Indonesia. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(9), 832–840. https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/621
Ismail, Y. Z. (2017). Kebijakan Strategis Transformatif Pendidikan Islam (A. Haris (ed.)). dialektika.
Martin, W., Hupert, N., Gonzales, C., & Admon, N. (2014). Real Teachers Making Real Changes. 2454. https://doi.org/10.1080/10402454.2003.10784485
Masyitoh, D. (2020). Amin Abdullah dan Paradigma Integrasi-Interkoneksi. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 4(1), 81. https://doi.org/10.30595/jssh.v4i1.5973
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.
Muhaimin, Abdul Mujib, J. M. (2013). Studi Islam Dalam Ragam Dimensi dan Pendekatan (3rd ed.). Kencana Prenada Media Group.
Muslih, M. (2017). Tren Pengembangan Ilmu Di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 12(1). https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.1.103-139
Riduwan, Riduwan, dan Amir Mahmud. “Integrasi Agama dan Sains dalam Sistem Pendidikan Model Kuttab.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 13, no. 1 (2023): 85–104.
DOI: https://doi.org/10.54180/elbanat.2023.13.1.85-104
Saenah, E. (2022). Pengaruh Modernisasi Abad 21 Terhadap Peran Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. GUAU, Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 130.
Saibah, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Abad 21 Dengan Metode Multiple Intelegensi. 1(1), 16–25.
Shaleha, R. (2022). The 4 th Annual Postgraduate Conference on Muslim Society Peluang dan Tantangan Pembelajaran PAI dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21. 20–21.
Waston. (2016). Pemikiran Epistimologi Amin Abdullah Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Tinggi. Jurnal Studi Islam, 17(1), 80–89.
Yamin, M., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Jaring Laba-Laba, Interaksi-Interkoneksi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 302–309. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.413
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v18i1.19209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: