Values of Tolerance Through Religious Learning at Al-Hikmah Lasem Islamic Boarding School: Concepts, Strategies, and Challenges
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atabik, A. (2016). Harmonisasi Kerukunan Antar Etnis dan Penganut Agama di Lasem. Jurnal Aqidah Dan Studi Keagamaan, 4(1).
Ayuningrum, D. (2017). Akulturasi Budaya Cina dan Islam Dalam Arsitektur Tempat Ibadah di Kota Lasem. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 12(2).
Bashori, M. (2022). Hasil wawancara dengan Santri Pesantren.
Djan, S. H. (2022). Wawancara dengan masyarakat pecinan Desa Karangturi.
Effendi, M. R. (2020). Mitigasi Intoleransi dan Radikalisme Beragama di Pondok Pesantren. Jurnal Pedagogie, 1(1), 54–77. View of Mitigasi Intoleransi dan Radikalisme Beragama di Pondok Pesantren Melalui Pendekatan Pembelajaran Inklusif (staimuttaqien.ac.id)
Fatah, A. (2014). Dimensi keberhasilan pendidikan Islam program tahfidz al-Qur’an. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/779
Fatawi, K. S. (2022). Wawancara dengan pengasuh pondok Pesantren Al- Hikmah Lasem.
Hasan, M. S. (2019). Internalisasi Nilai Toleransi Beragama. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(1).
Hertina. (2022). Hasil wawancara dengan warga pecinan desa Soditan Lasem.
Jamalulel, H. A. (2018). Peran kepemimpinan karismatik kiai dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Kabupaten Bogor [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43413
Kaaffah, S. dkk. (2022). Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Agama Di Lingkungan Multikultural Kepada Anak Sesuai Ajaran Agama Islam. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3). https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/7395
Ma`arif, M. A. (2019). Internalisasi Nilai Multikultural Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).
Maksum, A. (2015). Model Pendidikan Toleransi di Pesantren Modern dan Salaf. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1).
Mujib, M. (2022). Interview with Management of Al Hikmah Lasem Islamic Boarding School.
Najah, F. (2022). Wawancara dengan Ustaz Pesantren.
Nurhajarini, D. R. dkk. (2015). Akulturasi Lintas Zaman Di Lasem Perspektif Sejarah dan Budaya. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB.
Paluseri, M. S. (2020). Strategi Dakwah Muhammad Abu Al-Fatah Al-Bayanuni dalam Meningkatkan Spiritualitas Narapidana Narkotika di Rutan Kelas II B Pinrang [IAIN Pare-pare]. http://repository.iainpare.ac.id/1959/
Permana, I. S. (2019). Implementasi Toleransi Beragama di Pondok Pesantren.
Putra, Juan Winy; Wuryanto, G. S. (2019). Akulturasi dalam Arsitektur Lasem Serta Relevansinya dengan Berkelanjutan Kawasan Lasem. Jurnal Studi Agama-Agama, 2(1).
Rahman, M. (2011). Humanisasi Pendidikan Islam. Walisongo.
Rappler.com. (2022). Ketika Santri Transgender Menjadi Korban Intoleransi. https://www.rappler.com/world/148702-ketika-santri-transgender-menjadi-korban- intoleransi/
Rohmah, Miftachur; Alimi, M. Y. (2021). Eksistensi Pondok Pesantren Di Lingkungan Non Muslim Tionghoa,. Solidariti, 10(1).
Sa`adah, H. (2022). Observation of Lasem community around Pondok Al Hikmah.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfa Beta.
Utami, R. (2020). Konseling Kelompok dalam Pembinaan Sikap Toleransi Santriwati Oleh Pengurus Pondok Pesantren Nuris Antirogo Jember [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11196
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v18i1.18859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By: