Analysis of The Effect of Promotional Costs, and Third Party Funds on Financing BPRS Sarana Prima Mandiri Bangkalan Branch
Abstract
Promotions and Third Party Funds are important aspects for increasing financing, This study discusses the influence of promotion costs, and third-party funds (DPK) on BPRS Sarana Prima Mandiri. The purpose is to observe and find out empirically the influence of promotional costs, and third-party funds on Financing at BPRS Sarana Prima Mandiri. This study is a quantitative research using time series data with the Vector Error Correction Model (VECM) approach. The data analysis technique in this study uses observation and sampling techniques which are carried out by taking data on promotion costs, and deposits from 2014 to 2022 (108 months). The results of the study show that promotional costs and third-party funds each have a significant negative effect on financing
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan, Wildan, & Firdzah. (2019). Pengaruh Ukuran Bank, Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, dan Loan To Deposit Ratio Terhadap Penyaluran Kredit Pada Perusahaan Perbankan yangTerdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015.
Anita. (2021). PENGUKURAN TINGKAT KESEHATAN PERBANKAN SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaa.
Anjarwati, S. (2014). Pengaruh Tabungan Mudharabah, Deposito Mudharabah, dan Tingkat Bagi Hasil Mudharabah Terhadap Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Umum Syariah di Indonesia.
Apriani, N., & Hasan, A. (2023). Pengaruh Tabungan Mudharabah, Deposito Mudharabah Terhadap Pembiayaan Mudharabah Pada BPRS Di Indonesia Priode 2019-2022. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4101. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.11359
Arief, M. N. R. Al. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah.
Ayu, I., Megawati, P., Ketut, I., & Kesuma, W. (2020). PENGARUH PDRB, INFLASI DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PERTUMBUHAN KREDIT PT. BPD BALI.
Basuki, A. T., & Prawonto, N. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Raja Grafinso persada.
Bayu Andestya. (2019). ANALISIS PENGARUH JUMLAH DANA PIHAK KETIGA (DPK), NON PERFORMING FINANCING (NPF), FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), DAN TINGKAT INFLASI TERHADAP TOTAL PEMBIAYAAN YANG DIBERIKAN OLEH BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) DI INDONESIA (PERIODE : 2013-2018).
Deny Daud. (2019). PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA PEMBIAYAAN PADA PT. BESS FINANCE MANADO. Jurnal EMBA 51 Vol.1 No.4 Desember 2019.
Erwin Indrawan, H. (2019). Biaya Bunga, Biaya Promosi, Dan Biaya Gaji Karyawan Berpengaruh Terhadap Pendapatan Bunga Bersih Pada Bank Permata Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor, 7(1), 21–30.
Erwin Jumadi. (2020). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Pendapatan Pembiayaan Pada PT. Bank BRI Syariah. Skripsi Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Alauddin Makasar.
Fachrunnisa, F. (2017). Biaya Promosi dan Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Akuntabilitas, 10(2). https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.6142
Fauzan, M., Tunas, S., & Pematangsiantar, B. (2021). PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN MODAL SENDIRI TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH.
Firman setiawan, & Nur Aini, L. (2023). Brilliant : Journal of Islamic Economics and Finance https://journal.yibri.id/index.php/brijief Literasi Keuangan Syariah dan Preferensi Warga Pinggiran Kota terhadap Lembaga Keuangan Syariah. https://journal.yibri.id/index.php/brijief
Henry Simamora. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional. Salemba Empat.
Kasmir. (2008). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya (Edisi Revisi 2012). RajaGrafindo Persada.
Lailatul, Q., & Siti, N. (2023). Analisis Penerapan Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah dengan Profit Margin Berbasis Bagi Hasil (Studi Kasus di BMT Makin Amin Kamal). Jurnal Iqtisaduna, 9(2), 318–333. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v9i2.39223
Lukman Dendawijaya. (2005). Manajemen Perbankan (R. Sikumbang, Ed.). Ghalia Indonesia.
Maesaroh, I. (2019). Pengaruh Dewan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas Syariah terhadap Kinerja Keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Muwarni Wulansari. (2018). Analisis Hubungan Biaya Promosi dengan Pendapatan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.
Nasrulloh. (2017). Persepsi Masyarakat Pesantren KOta Yogyakarta Terhadap Perbankan Syariah (Evaluasi 25 Tahun Industri Perbankan Syariah 1992-2017). Universitas Islam Sunan Kalijaga.
Sadiah. (2016). Pengaruh Tabungan Mudharabah dan Deposito Mudharabah Terhadap Pembiayaan Murabahah pada PT Panin Bank Syariah Tbk Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.
Saladin. (2003). Perilaku Konsumen dan Pemasaran Stratejik. CV. Linda Karya.
Syahputra, D. (2017). Pengaruh Biaya Promosi dan DPK Terhadap Peningkatan Penyaluran Dana Pembiayaan Murabahah pada PT BPRS Amanah Bangsa Sumatera Utara.
Syahputra, D., Tinggi, S., Ekonomi, I., Asahan, M., & Utara, S. (2019). Pengaruh Biaya Promosi dan Tingkat Margin Terhadap Peningkatan Penyaluran Dana Pembiayaan Murabahah.
Thamrin, H. (2021). ANALISIS DAMPAK COVID 19 TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 4(1), 2021.
Widarjono, A. (2007). Ekonometrika Teori dan Aplikasi Untuk Ekonomi Dan Bisnis (Edisi Ke 2).
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/malia.v8i2.29532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.