Open Journal Systems

INTEGRASI PENDIDIKAN DALAM KITAB HADIS AL-ARBA’IN AL-NAWAWIYAH

Muh Amiruddin

Abstract

Pengintegrasian konsep pendidikan agama Islam dalam kitab klasik kedalam kehidupan di dunia modern adalah suatu persoalan yang penting. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menyingkap konsepsi pendidikan Agama Islam yang terintegrasi dalam kitab al-Arba’în al-Nawawiyah yang masih terpendam dan menampilkan pembaharuan dalam pemahaman hadis baik secara tekstual maupun kontekstual. Jenis penelitian ini adalah library research, dengan menelusuri Hadis-Hadis yang mengandung kata kunci ta`lîm, tarbiyah, tahdzîb, dan ta’dîb di dalam kitab tersebut, kemudian dipetakan secara tematik (mawdhû`î) dengan menggunakan metode penelitian kajian isi (content analysis), deskripsi (descriptif analysis) melalui pendekatan pemahaman tekstual dan kontekstual. Hasil penelitian ini adalah dalam kitab al-Arba’în al-Nawawiyah secara ekplisit menyebutkan keyword pendidikan atau pengajaransebanyak 3 dari 42 hadis. Dalam kitab al-Arba’în al-Nawawiyah menunjukkan adanya banyak konsep pendidikan dan pengajaran yang masih eksis untuk diaplikasikan pada masa modern. Hadis tidak hanya berbicara tentang ibadah saja, seperti shalat, zakat, puasa, dan haji sebagaimana asumsi mayoritas umat pada umumnya. Akan tetapi cakupannya menyeluruh dengan berbicara berbagai persoalan hidup termasuk di dalamnya tentang pendidikan. Kandungan Aspek Pendidikan dalam al-Arba’în al-Nawawiyah mencakup seluruh komponen pendidikan modern, yakni komponen pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode dan strategi pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan.

[Integration of Education in The Book of Hadith al-Arba'in al-Nawawiyah. The integration of the concept of Islamic religious education in classical books into life in the modern world is an important issue. The purpose of writing this article is to reveal the concept of Islamic religious education which is integrated in the book al-Arba'în al-Nawawiyah which is still hidden and displays a renewal in understanding hadith both textually and contextually. This type of research is library research, by tracing the Hadiths containing the keywords ta`lîm, tarbiyah, tahdzîb, and ta'dîb in the book, then mapped thematically (mawdhû`î) using content study research methods. Analysisand description through textual and contextual understanding approaches. The results of this study are in the book al-Arba'în al-Nawawiyah explicitly mentions the keyword education or teaching as much as 3 of the 42 hadiths. In the book al-Arba'în al-Nawawiyah shows that there are many educational and teaching concepts that still exist to be applied in modern times. Hadith does not only talk about worship, such as prayer, zakat, fasting, and hajj as the majority of people assume. However, the scope is comprehensive by talking about various issues of life, including education. The content of the Educational aspect in al-Arba'în al-Nawawiyah includes all components of modern education, namely the components of educators, students, educational goals, educational materials, educational methods and strategies, educational facilities and infrastructure.]

Keywords


al-Arba’in al-Nawawiyah; Integrasi; Pendidikan

References


A`zhamy, M. M.al-. (1992). Studies in Hadith Methodologi and Literature. Jakarta: Pustaka Hidayah.

Abrasyy, M. `A. al-. (n.d.). Rûh al-Tarbîyah wa al-Ta`lîm, Mesir: al-Halaby.

Amiruddin, M. (2020). Literasi Hadis dalam Khazanah Kitab Kuning Pesantren. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(1), 55-70. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i1.6862

Asqalâny, A. bin `A. bin H. al-. (n.d.). Fath al-Bâry bi Syarh Shahîh al-Imâm Abî `Abdillah Muhammad bin Ismâ`îl al-Bukhâry. Kairo: Maktabah al-Aymân.

Attas, S. M. al-N. al-. (1990). The Consept of Education in Islam : A Frame Work for an Islamic Philosopy of Education. Bandung: ttp.

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi menuju Melenium Baru. Ciputat: Logos dan Wacana Ilmu.

Bukhâry, M. bin I. al-. (n.d.). al-Jâmi` al-Shahîh li al-Bukhârî. Beirut: Dâr al-Fikr.

Darajat, Z., et. al. (1995). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Farida, U. (2017). Perempuan Periwayat Hadis-Hadis Hukum dalam Kitab Bulugh Al-Maram Karya Imam Ibn Hajar Al-Asqalani. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 2(1), 32-46. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v2i1.1611

Fauzi, I. (2020). Hadis dari Klasik Literal ke Portable Digital: Telaah Aplikasi Smartphone Mausu’ah al-Hadis al-Syarif Islamweb. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(1), 1-18. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i1.6747

Ghazaly, M. al-. (1993). al-Sunnah al-Nabawîyah bayn Ahl al-Fiqh wa Ahl al-Hadîts. Bandung: Mizan.

Ibn Isma’il, Ibrahim, Syarah Talîm al-Muta’allim, Citrebon, al-Maktabah al-Mishriyah, tth

Ibn Majah, A. `A. M. bin Y. al-Q. (1999). Sunan Ibn Majah. Ed. Muhammad `Abd al-Bâqî & Mushthafâ Muhammad Husîn al-Dzahabî. Kairo: Dâr al-Hadîts.

Iqbal, M., & Rachmadhani, F. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Hadis Anjuran Menceritakan Kisah Bani Israil: Studi Ma‘ani al-Hadis. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(2), 231-254. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.7742

Ismail, M. S. (1991). Cara Praktis Mencari Hadits. Jakarta: Bulan Bintang.

Ismail, M. S. (1992). Metodologi Penelitian Hadits Nabi. Jakarta: Bulan Bintang.

Izzah, L. (2021). Pendekatan Parsial-Simultan dan Analisis Induktif: Metode Efektif Penelusuran dan Pemahaman Hadis Prasangka. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 7(1), 173-200. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v7i1.10499

Khinn, M. S. al-., et. al. (1989). Nuzhat al-Muttaqîn. Beirut: Mu’assasah al-Risâlah.

Khon, A. M. (2011). Pemikiran Modern dalam Sunnah Pendekatan Ilmu Hadis. Jakarta: Prenada Media Group.

Khon, A. M. (2012). Ulumul Hadis. Jakarta: Amzah Bumi Aksara.

Majma` al-Lughah al-`Arabîyah. (1997). al-Mu`jam al-Wajîz. Mesir: Wizârah al-Tarbiyah wa al-Ta`lîm.

Marimba, A. D. (1974). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Ma`arif.

Mubârakfûry, A. al-`A. Al-. (n.d.). Tuhfah al-Ahwadzî bi Syarh Jâmi` al-Tirmidzi. Beirut: Dâr al-Kutub al-`Ilmîyah.

Muhajir, N. (1996) Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin,

Muhajirin, M. (2019). Pemetaan Kitab Hadis Di Pesantren Sumatera Selatan. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 4(1), 17-34. doi:http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v4i1.3084

Muttaqin, J., & Maulana, M. (2020). Kajian Hadis Ahl Al-Sunnah di Pesantren: Studi Kitab Hujjah Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah Karya Kyai Ali Ma’sum Krapyak. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(2), 255-276. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.7541

Nawawy, M. A. Z. Y. bin S. al-. (1999). Shahih Muslim bi Syarh al-Nawawî, Cairo: Dâr al-Fajr li al-Turâts, , Cet. Ke-1, Jilid 1-9

Nawawy, M. A. Z. Y. bin S. al-. (1955). Riyâdh al-Shâlihin. Kairo: Dar al-Kitâb al-`Arabî.

Nawawy, M. A. Z. Y. bin S. al-. (n.d.). Riyâdh al-Shâlihîn. Bandung: al-Ma’arif.

Oktarina, A., & Suryadilaga, M. (2020). Pendidikan Seks Usia dini Dalam Kajian Hadis. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(2), 363-386. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.7615

Qarâfî, S. al-D. A. al-`A. A. bin I. al-. (n.d.). al-Ahkâm fî Tamyîz al-Fatâwâ min al-Ahkâm wa Tasharrufât al-Qâdhî wa al-Imâm. Ed. `Abd al-Fattâh Abû Ghuddah. Mesir: al-Halabî.

Qardlâwy, Y. al-. (1994). Kayf Nata`âmal ma`a al-Sunnah al-Nabawîyah. Mesir: Dâr al-Wafâ.

Qardlâwy, Y. al-. (1997). Al-Sunnah Mashdarân li al-Ma`rifah wa al-Hadlârah. Beirut: Dâr al-Syurûq.

Rahmayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Robikah, S. (2020). Peran Hadis Sebagai Sumber Hukum Jemaat Ahmadiyah Indonesia. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(1), 39-54. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i1.6871

Rosyidah, A., Kholis, N., & Husna, J. (2021). Peran Sahabat dalam Periodisasi Hadis dan Implikasinya Terhadap Transmisi Keilmuan Pendidikan Islam. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 7(1), 155-172. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v7i1.9723

Shiddîqy, M. al-`A. al-. (n.d.). Dalîl al-Fâlihin bi Syarh Riyâdh al-Shâlihîn. Mesir: al-Halabi.

Suharsimi. (1996). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Tafsir, A. (2007). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya.

Tafsir, A. (2008). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.

Tirmidzy, M. bin `Î. bin S. al-. (1999). Sunan al-Tirmidzy. Ed. Mushthafâ Muhammad Husayn al-Dzahaby. Kairo: Dâr al-Hadîts.

Ulwân, A. N. (1997). Tarbiyat al-Awlâd fî al-Islâm. Kairo: Dâr al-Salâm.

Yunus, M. (1980) Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: PT Hidakarya Agung.

Zarnujy. (2007) Talîm al-Muta’allim. Terj. Aly As’ad. Kudus: Menara Kudus.

Zuhairini, at. al. (1981). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v7i2.8031

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.