Open Journal Systems

MEMOTRET PERADABAN HADIS DI MEDIA INDONESIA

Muhammad Asmuni Nur Khoiri

Abstract

Zaman terus mengalami pergerakan progresif dengan menawarkan pelbagai pembaharuan di dalamnya, termasuk kajian hadis. Upaya penerjemahan tidak lagi melalui mimbar verbalis, namun sudah mengalami perubahan berkat media yang kreatif dan inovatif. Kecermalangan tersebut menyimpan bahaya, seperti konflik yang disebabkan kedangkalan pemahaman. Penelitian ini mencoba memotret fenomena perkembangan media dalam menyajikan nilai-nilai Hadis di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yang bertujuan inti pada pengungkapan fenomena dengan daya analisis. Pelbagai data baik cetak maupun online menjadi bahan perenungan ilmiah analitis peneliti, kemudian mengemasnya dalam bentuk sajian deskriptif. Penelitian ini datang dengan membawa misi sederhana, menyajikan hasil pemotretan atas bergulirnya gelombang peradaban yang terjadi pada dunia pengkajian Hadis. Bagaimana media menjadi alat terbaru dalam menawarkan pesan-pesan damai sumber agama.

Keywords


Peradaban; Media; Hadis

References


Abdullah, M. A. (2015). Sosiologi Dialog Antar Umat Beragama dalam Kemajemukan Negara-Bangsa. In Bunga Rampai sosiologi Agama: Teori, Metode dan Ranah Studi Ilmu Sosiologi Agama (pp. 107–113). Yogyakarta: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Eriyanto, E. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Esha, M. I. (2016). Dialog Keagamaan. Mencemati Hambatan Dan Model Dialog Keagamaan, 7.

Https;//Nasional.Kompas.Com. (n.d.). Retrieved September 14, 2018, from Https;//Nasional.Kompas.Com

https://techno.okezone.com. (n.d.). Retrieved September 13, 2018, from https://techno.okezone.com

Kartasasmita, G. (1997). Karakteristik dan Struktur Masyarakat Indonesia Modern. Yogyakarta.

Kulstum, L. U. (2005). Media Massa Sebagai Alternatif Penyebaran Pesan-Pesan Keagamaan Dakwah Berbasis Multikultural, 2.

Muhammad Fahmi, D. (2015). Diskursus Islam Dalam Kostruksi Medi. Analisis Wacana Kritis Berita Kasus Charlie Hebdo Di Media Surakarta, 10.

Muhtador, M. (2018a). Pergulatan otoritas dan otoritarianisme dalam penafsiran (pembacaan hermenuetis khaled abou el fadl). QOF: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1).

Muhtador, M. (2018b). Studi Kritis atas Transmisi dan Otoritas Keagamaan di Media Sosial. Fikrah, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v6i2.2765


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v5i1.7959

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.