Open Journal Systems

TARJIH HADIS: STUDI KASUS TERHADAP PESANTRENVIRTUAL.COM

Ahmad Nurrohim, Andri Arungga Sweta, Kukuh Yudha Pratama, Azizah Romadhona, Nuur Khanifah Zahroh, Riza Tamami, Rifqi Sya`banurrahman

Abstract

Moderasi islam menjadi penting dalam menyuguhkan Islam damai di tengah arus radikalis. Tindakan Muslim, yang berbasis pada struktur kepribadian, selalu memiliki justifikasi dalam Al-Qur’an dan Al-Hadis. Pemahaman terhadap Al-Hadis berperan penting dalam pembentukan cakrawala tindakan Muslim, sehingga di sini teks terlihat tidak lebih esensial dari pemahaman teks itu sendiri. Meneliti website pesantrenvirtual.com, yang menisbatkan diri sebagai forum belajar islam damai, menjadi penting dalam rangka menemukan pola pemahaman moderat dalam praktek Muslim. Tulisan ini hendak menggali bentuk tarjih hadis dalam website pesantrenvirtual.com. Penelitian itu berjenis kualitatif dengan pendekatan hermeneutik. Data penelitian yang terdokumentasi dianalisa dengan metode analisa isi. Hasil penelitian ini adalah bentuk tarjih fikih dalam website pesantrenvirtual.com adalah tarjih fikih hadis, yang berpola:(a) menguatkan salah satu fikih, (b) menggabung semua fikih; dan (c) menemukan alternatif; sedangkan pemahaman Islam damai adalah pemahaman Islam yang berperspektif keseimbangan temporal dalam menterapi problematika kehidupan.

Keywords


Tarjih, Fikih Hadis, Moderasi Islam

References


Al-Sarkhasi. (n.d.). Usul al-Sarkhasi. Beirut: Dar al-Ma`rifah.

Arwi, M. I. (2007). Daur al-Siyaq fi al-Tarjih baina al-Aqawil al-Tafsiriyah. Kuwait: Wizarah al-Awqaf wa al-Su’un al-Islamiyah.

Habib, T. ibn A. al-. (2008). Nahwu Nafsin Mutmainnah Wasiqah. Riyadh: Dar al-Huda.

Herdiansyah, H. (n.d.). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Moeloeng, L. J. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nurrohim, A. (2016). Antara Kesehatan Mental dan Pendidikan Karakter: Pandangan Keislaman Terintegrasi. Attarbiyah, I(2), 273–302. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i2.273-302

Ricoeur, P. (1981). Hermeneutics and The Human Sciences: Essays on language, action and Interpretation. Cambridge: Cambridge University Press.

Taufiq, I. (2016). Al-Qur’an Bukan Kitab Teror. Yogyakarta: Bentang.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v5i2.6400

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.