Open Journal Systems

RELASI BARAT DAN ISLAM DALAM KAJIAN HADIS

Mokhamad Sukron

Abstract

Artikel Jurnal ini mendiskusikan tentang Sejarah Hubungan Barat dan Islam dalam studi hadis. Sebagai tambahannya, Hal ini didiskusikan menggunakan dialog sience sehingga membuat kelahiran pekerjaan yang monumental pada kedua sisi. Dengan menggunakan Pendekatan Sejarah menemukan fakta bahwa Paradigma Peneliti Barat yang meneliti Islam secara global dan hadis tertentu memberi pengalaman yang signifikan. Implikasi Perubahan Paradigma membuat Peneliti Barat dalam belajar hadis lebih objektif dan proporsional.

 

Keywords


Hadis, Islam, dan Barat

References


Abbot, N. (1967). Studies in Arabic Literary Payri. Chicago: Qur’anic Commentary and Tradition.

Abdurrahman Khan, M. (1880). Muslim Contribution to Science and Culture Delhi. Delhi: Idarah Adabiyah.

Al-‘Aqiqi, N. (1965). Al-Mustasyriqûn. Kairo: Dâr al-Mâ’arif.

Al-Farmawi, A. H. (n.d.). al-Bidatah Fi al-Tafsir al-Mawdu’i; Dira>sah Manhajiyah Mawdu’iyah. Kairo: Maktabah Jumhuriyah.

al-Marsafi, S. (n.d.). Al-Mustashriqun wa al-Sunnah. Beirut: Muasasah al-Rayyan.

Azra, A. (1994). Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Bandung: Mizan.

Berg, H. (2000). The Development oh Exegesis in Early Islam: The Authenticity of Muslim Literature from the Formative Period. Surrey: Curzon Press.

Brown, D. W. (2000). Rethinking Tradition in Modern Islamic Thought. Bandung: Mizan.

Darmalaksana, W. (2004). Hadis di Mata Orientalis. Bandung: Benang Merah Press.

Djuned, D. (2002). Paradigma Baru Studi Ilmu Hadis; Rekonstruksi Fiqh al-Hadis. Banda Aceh: Citra Karya.

El-Badawy, H. A. R. M. (2007). Orientalisme dan Misionarisme. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gibbon, E. (1876). The Decline and Fall of the Roman Empire. London: Brill.

Goldziher, I. (1970). Muslim Studies. London: George Alen & Unwim Ltd.

H. A. Juynboll, G. (1983). Muslim Tradition: Studies in Cronology, Provenance and Authorship of Early Hadith. New York: Cambridge University Press.

James Coulson, N. (1964). A History of Islamic Law. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Khaldun, R. (2007). Telaah Historis Perkembangan Orientalisme Abad XVI-XX. Ulumuna, XI(1).

Ma’mun, M. (2013). Dari Muir Hingga Motzki; Hadits dan Asal-Usul Hukum Islam dalam Diskursus Orientalisme. Al Ahwal, 5(1).

Masrur, A. (2007). Teori Common Link G.H.A Juynboll. Yogyakarta: LKiS.

Michael, T. (1984). A Muslim Theologian’s Response to Christianity: Ibn Taimiya’s Al-Jawab al-Shahih. New York: Caravan Book.

Motzki, H. (2010). Analysing Muslim Traditions: Studies in Legal, Exegetical and Maghazi Hadith. Leiden: Brill.

Mustafa Azami, M. (1977). Studies in Hadits Methodology and Literature. Indianapolis: American Trust Publications.

Mustafa Ayoub, M. (2001). Mengurai Konflik Muslim-Kristen dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Mustafa Ya’qub, A. (2004). Kritik Hadis. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Sa’id Muhammad Mamduh, M. (2009). Al-Ittijahat al-Hadithiyyah fi al-Qarn al-Rabi ‘Ashara. Kairo: Dar al-Basair.

Saputra, H. (2014). Perkembangan Studi Hadis di Indonesia; Pemetaan dan Analisi Geneologi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Shihab, A. (1998). Membendung Arus: Respon Gerakan Muhammadiyah terhadap Penetrasi Misi Kristen di Indonesia. Bandung: Mizan.

Shihab, M. Q. (1999). Sejarah Ulum dan al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Spencer, R. (2004). Islam Ditelanjangi: Pertanyaan-Pertanyaan Subversif Seputar Doktrin dan Tradisi Kaum Muslimin. Jakarta: Paramadina.

Supian, A. (2016). Studi di Kalangan Orientalisme. Nuansa, 9(1).

Syamsuddin, A. (2008). Orientalis dan Diabolisme Pemikiran. Jakarta: Gema Insani Press.

Zakaria, H. Z. (1965). Al-Musytasyriqûn wa Al-Islâm. Kairo: Dâr al-Kutub Al-‘Arabiyyah.

Zenrif, M. (2008). Sintesis Paradigma Studi Al Qur’an. Malang: UIN Malang Press.

Zuhri, M. (2015). No Title.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v5i1.5040

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.