Open Journal Systems

Implikasi Perenial Kekayaan dalam Sunnah Nabi

Nur Said

Abstract

Pandangan dunia (world view) umat Islam banyak dipengaruhi oleh Sunnah Nabi disamping tentu Al Qur’an sebagai sumber utama dalam Islam. Demikian juga dalam menyikapi kekayaan dan kemiskinan dalam orientasi hidup umat Islam. Artikel ini akan melakukaan telaah kritis atas doktrin hadis sebagai produk sunnah Nabi terkait implikasi kekayaan (harta) antara kelompok miskin/fakir dan kaya yang termaktub dalam sejumlah hadis terkait. Sebagai bagian dari proses takhrij, maka di dalamnya menganalisis kebersambungan sanad, kualitas individu perawi, hingga telaah matan. Kesimpulannya menunjukkan hadis terkait implikasi perenial dalam tahapan hisab ditemukan semua sanad yang muttas}il dan terhindar dari syaz| dan ’illat, sehingga sanad hadis ini adalah muttas}il-marfu‘, artinya sifat-sifat yang ada pada sanad dan cara periwatannya bersambung sampai kepada Nabi SAW. Dalam telaah perbandingan atas hadis yang hampir serupa dan memiliki informasi keadaan sosio-historis menunjukkan penegasan bahwa tahapan hisab (hari perhitungan) adalah suatu proses eskatologis yang dilewati setiap hamba. Bukan faktor fakir atau kaya yang menentukan seseorang masuk surga, tetapi untuk apa kekayaan tersebut dimanfaatkan bagi kehidupan yang bersifat perenialis.

Keywords


Implikasi perenial, kekayaan, fakir-kaya, syurga, sunnah nabi

References


Abu al-Hajjaj al-Mizzy, Y. ibn al-Z. A. (1980). Tahżîb al-Kamâl. Juz 27, Beirut: Muassasah al-Risalah.

Abu Hâtim at-Tamimy, M. ibn H. ibn A. (1975). as}-S}iqât. Beirut: Dār al-Fikri.

Al-Bukhori al-Ju’fy, M. ibn I. A. A. (n.d.). ad}-D}u’afâ’u as}-S}agîr. Halb: Dār al-Wa’yi.

Al-Khathîb al-Baghdady, A. ibn ’Ali A. B. (n.d.). Târîkh Baghdâd. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

As-Suyuti, J. (1403). Ţabaqa>t al-huffâz}. Jld I, VI, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

At-Tamîmiy, A. ibn A. H. M. ibn I. A. M. al-R. (n.d.). al-Jarh} wa at-Ta’dîl Jilid 7. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Ensiklopedia al Qur’an. (1997). In Miskin dalam Ulumul Qur’an (no. 06/VII).

ibn ‘Abd al-Barr, Y. ibn ’Abdullah ibn M. (1412). al-Istî’âb. Juz IV, Beirut: Dar al-Jail.

ibn Hajar Abu al-Fadhl al-‘Asqalâniy, A. ibn A. (n.d.). al-Is}âbah fî Tamyîz as-Shahâbah. Juz IV Beirut: Dar al-Maktabah al-Ilmiyyah.

ibn Hajar Abu al-Fadhl al-‘Asqalâniy, A. ibn A. (1986). Tahdzîb al-Tahdzîb. Juz IX, XII Suria: Dâr al-Rasyîd.

Ismail, M. S. (1992). Metodologi Penelitian Hadis Nabi. Jakarta: Bulan Bintang.

Soetari, E. (n.d.). Ilmu Hadis. Bandung: Amal Bakti Press.

Wensick. (1937). al-Mu’jam al-Mufahras li Alfâz al-Hadîts al-Nabawiy. Leiden: E.J. Bril,.

M. Syuhudi Isma’il, Kaedah Keshahihan Sanad Hadis Tela’ah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah, (Jakarta: Bulan Bintang, 1995)

CD program al-hadis al-Syarif.

Ibn Hajar al-Asqalany, Taqri>b al-Tahdzi>b, juz 1, (Syiria: Dar al-Rasyid, 1986).

Musnad Ahmad bin Hanbal, Juz II, Dar-al aksi


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v3i1.3437

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.