Open Journal Systems
DEVELOPING RELIGIOUS BEHAVIOR BASED ON HADITH IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION INSTITUTIONS
Abstract
The introduction of hadith-based adab can influence a person’s religious behavior, including in early childhood. This research attempts to describe in depth the efforts of teachers in early childhood education institutions in developing religious behavior based on the hadith of the Prophet. This research uses the living hadith method, especially practical studies regarding Muslim social phenomena related to hadith texts. The research location is KB Al-Azkia Purwokerto which consistently teaches adab, one of the sources of which is hadith. Data collection at the location was carried out through interviews, documentation, and observation, and was complemented by a study of hadiths related to the phenomenon. The research results show that: first, the hadith that is used as a teacher in developing religious behavior is a hadith related to drinking etiquette, namely the hadith of Muslim history no. 2026 and this hadith is of authentic quality. Second, the teacher’s efforts to build hadith-based religious behavior are carried out through three stages, namely: introducing, training, and getting used to. The process of implementing these three stages is carried out by paying attention to the age development and potential of students, especially in the aspects of religion and morals, cognitive, language, and social-emotional. The results of the implementation show that students are getting to know the etiquette of drinking while sitting, dare to practice, and have the courage to tell the teacher if other students need to follow the etiquette that has been taught.
[Pengenalan adab berbasis hadis dapat berpengaruh pada perilaku keberagamaan seseorang, termasuk pada anak usia dini. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan secara mendalam bagaimana usaha dari guru di lembaga pendidikan anak usia dini dalam membangun perilaku keagamaan berbasis hadis Nabi. Penelitian ini menggunakan metode living hadis khususnya studi praktik mengenai fenomena sosial muslim yang terkait dengan teks hadis. Lokasi penelitian di KB Al-Azkia Purwokerto yang secara konsisten mengajarkan adab, yang salah satu sumbernya adalah hadis. Penggalian data di lokasi dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, serta dilengkapi dengan mengkaji hadis yang berkaitan dengan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, hadis yang dijadikan guru dalam membangun perilaku keberagamaan merupakan hadis yang berkaitan dengan adab minum, yakni hadis riwayat muslim no 2026 dan hadis ini berkualitas shahih. Kedua, upaya guru dalam membangun perilku religius berbasis hadis dilakukan melalui tiga tahapan, yakni: mengenalkan, melatih dan membiasakan. Proses implementasi tiga tahapan tersebut dilakukan dengan memperhatikan perkembangan usia dan potensi peserta didik, khususnya pada aspek agama dan moral, kognitif, bahasa, serta sosial emosional. Hasil dari implementasi yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa mulai kenal dengan adab minum sambil duduk, berani mempraktikkan serta berani memberitahukan kepada guru jika ada siswa lain yang tidak sesuai dengan adab yang telah diajarkan.]
Keywords
References
Abdurrahman. (2019). Upaya Meningkatakan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan Pada Anak Usia Dini. Realita, 4(1), 700–705. https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2150
Adawiyah, R. F. R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Obsesi, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Andriyani, J. (2016). Korelasi Peran Keluarga Terhadap Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Al-Bayan, 22(2), 39–52. https://doi.org/10.22373/albayan.v22i34.878
Azizah, N. (2020). Struktur dan Kultur Budaya dalam Keluarga di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Lingkungan Keluarga Kota Bandung. Az-Zahra: Journal Gender and Family Studies, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9474
Barker, M. P. (2016). Why is changing health-related behaviour so difficult? Public Health, 136, 109–116. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2016.03.030
Darmayanti, S. R. A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978
Devi, N. U. K. (2020). Adaptasi Pranata Keluarga Pada Proses Pembelajaran E-Learning Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Jurnal Publicio, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.51747/publicio.v2i2.599
Dewi, M. K. (2022). Pengembangan Aspek Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfal:Pendidikan Anak Usi Dini, 2(1), 1–12. http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/al-athfal/article/view/460
Elyana, H. F. L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dengan Metode Bermain Media Benda Konkrit pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education (IJIECE), 3(1), 85–96. https://doi.org/10.51529/ijiece.v3i1.93
Fennika, N. A. (2023). Peran Guru Dalam Membimbing Ibadah Sholat Pada Anak Usia Dini di RA Darul Ikhlas. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 4(2), 99–111. https://doi.org/10.51178/jesa.v4i2.1217
haditssoft. (1440). HadisSoft Ver.4.0.0.0. http://haditssoft.netne.net/. https://archive.org/details/SetupHaditsSoft
Hasiana, I. (2020). Peran Keluarga dalam Pengendalian Perilaku Emosional pada Anak Usia 5-6 Tahun. Child Education Journal, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1538
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 4(1), 27–48. https://doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4515
Hermanto, H. N. (2020). Internalisasi Nilai Adab Rasulullah SAW Sebagai Pangkal dari Ilmu Pengetahuan dalam Mendidik Anak Sejak Usia Dini. Pena Kreatif, 9(2), 83–89. https://doi.org/10.29406/jpk.v9i2.2061
Heryani, K. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Aktualita, 10(1), 75–94. http://www.ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/163
Insan, R. W. (2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Pandawa, 2(2), 180–193. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i2.595
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al_Athfal, 2(2), 62–69. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140
Jazariyah. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Hadis Kebersihan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Masile: Jurnal Studi Ilmu Keislaman, 1(1), 80–91. https://doi.org/10.1213/masile.v1i1.9
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147–158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434
Khattab, H. (Ed.). (2007). English Translation of Sahih Muslim. Maktaba Dar al-Salam.
Kurniawan, R. D. P. (2018). Implementasi Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 217–225. http://eprints.uad.ac.id/13519/
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Mahdi, R. N. I. (2021). Penyelenggaraan PAUD Formal, Non Formal Dan Informal di KB TK IK Keluarga Ceria. Buhuts Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 58–74. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3242
Marhani, D. Y. E. (2021). Peran dan Tanggung Jawab Guru dalam Menanamkan Nilai Agama dan Nilai Moral pada Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. AUD Cendekia, 1(2), 135–147. http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/audcendekia/article/view/121
Marmawi, M. E. F. (n.d.). Penanaman Perilaku Disiplin Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Primanda Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(11), 1–9. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i11.6993
Mauizdati, R. P. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Muqawim, S. K. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial. Thufula, 9(2), 206–219. https://doi.org/21043/thufula.v8i2.7636
Murni, L. M. M. (2020). Fenomena Living Hadis Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Khazanah Theologia, 2(3), 142–152. https://doi.org/10.15575/kt.v2i3.10331
Naisaburi, A. H. M. bin al-H. al-. (n.d.). Shahih Muslim. Dar al-thayyibah.
Nasaruddin, A. (2022). Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Melalui Permainan Kelereng di Taman Kanak-Kanak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(3), 125–134. https://doi.org/10.58230/27454312.149
Nawawi, I. al-. (2013). Syarah Shahih Muslim Jilid 9. Darus Sunnah.
Nofialdi, E. S. (2016). Metode Pembelajaran yang Digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. Thufula, 4(1), 44–62. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010
Nurjannah. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05
Nuroh, S. (2022). Keterkaitan Antara Pola Asuh dan Inner Child Pada Perkembangan Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Konseptual. Acta Islamica Counsenesia, 2(2), 61–70. http://alisyraq.pabki.org/index.php/aiccra/article/view/190
Purwanta, D. L. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/2933
Qazwini, A. A. M. bin Y. bin A. bin M. Al-. (2016). Sunan Ibnu Majah. Gema Insani Press.
Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal Of Child Care and Education Policy, 15(4), 1–20. https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x
Ramadani, D. P. I. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nanaeke; Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9223
Ranuwijaya, U. (n.d.). Sekali Lagi tentang Kedudukan dan Fungsi Hadis. Al Ahkam, 6(2), 39–54. https://doi.org/10.37035/ajh.v8i2.2881
Rasyidah, D. R. S. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Safarina, A. M. S. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Perubahan Tingkah Laku Siswa Kelas IX SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim Batam. Jurnal As-Said, 1(2), 33–39. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/42
Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. Helper, 35(1), 31–46. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458
Sugiarto. (2021). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Mubtadiin, 7(1). http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/65
Sumini, A. S. N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120
Suratman, A. L. (2020). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Didaktika, 14(1), 18–29. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.760
Surianti. (2022). Inner Child: Memahami dan Mengatasi Luka Masa Kecil. Journal Mimbar, 8(2), 10–18. https://doi.org/10.47435/mimbar.v8i2.1239
Suryana, U. R. (2019). Peran Keluarga Dalam Sosisalisasi Adat Istiadat Komunitas Dusun Kuta. Jurnal Artefak, 6(2), 85–98. https://doi.org/10.25157/ja.v6i2.2660
Suryani, J. A. Y. (2020). Kajian Perilaku Kelompok dalam Organisasi. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 97–109. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn/article/view/3732
Susilawati, N. (2020). Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak Berbakat (Gifted). Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembalajaran, 2(2), 135–146. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i2.102
Syawie, M. U. F. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 101–111. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798
Tuasikal, M. A. (2012). Boleh Makan dan Minum Sambil Berdiri. Https://Rumaysho.Com/. https://rumaysho.com/2478-boleh-makan-dan-minum-sambil-berdiri.html
Utomo, R. P. P. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 4(1), 91–102. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1.6888
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi, 4(2), 49–55. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Yensharti, F. S. S. (2018). Learning and Singing; Thematic Children Songs in Kindergarten. Seventh International Conference on Languages and Arts, 143–151. https://doi.org/10.2991/icla-18.2019.23
Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Thufula, 3(1), 118–134. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656
DOI: 10.21043/riwayah.v10i1.25673
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.