Open Journal Systems

TAKHRIJ AL-HADITH IN MU’JAM AL-KABIR: THE PROHIBITION OF OVEREATING IN ISLAM

Alhafidh Nasution, Evi Nurdiana, Qonitatu Zulfatu Rohmah

Abstract

This research is motivated by the fact that many Muslims are not aware of the urgency of studying the science of hadith and its implementation in life. Therefore, this study aims to examine a hadith related to the prohibition of excessive eating in the book Mu’jam al-Kabir by Imam at-Thabrani as one of the efforts in implementing the science of hadith. This study also aims to provide understanding to the Muslim community to avoid diseases that harm health due to overeating. The result of this research is that in the book Mu’jam al-Kabir, it is explained that the Prophet Muhammad likened people who overeat to unbelievers who are less grateful for the favor of Allah. On the contrary, it is said that a grateful believer will understand how to be right with Allah and not make material things the purpose of his life. Therefore, it can be seen the difference in attitudes and views between Believers and Infidels in receiving Allah’s favor. Using the methodology of takhrij hadith, it can be concluded that the hadith has the degree of shahih, there is no shadz, ‘illah, or defects in the hadith. All narrators of hadith have the nature of Thiqah so that the hadith can be accepted.

 

[

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya umat Muslim yang kurang sadar akan urgensi mempelajari ilmu hadis serta implementasinya dalam kehidupan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji suatu hadis terkait larangan makan berlebihan dalam kitab Mu’jam al-Kabir karya Imam at-Thabrani sebagai salah satu upaya dalam implementasi ilmu hadis. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Muslim agar terhindar dari penyakit yang merugikan kesehatan sebab makan berlebihan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dalam kitab Mu’jam al- Kabir dijelaskan bahwa Nabi Muhammad mengumpamakan orang yang makan berlebih layaknya orang kafir yang kurang bersyukur akan nikmat Allah. Sebaliknya, dikatakan bahwa orang  Mukmin  yang  bersyukur  akan  mengerti  bagaimana adab yang benar terhadap Allah dan tidak menjadikan materi sebagai tujuan dari hidupnya. Oleh karena itu, dapat dilihat perbedaan sikap dan pandangan antara orang Mukmin dan Kafir dalam menerima nikmat Allah. Dengan menggunakan metodologi takhrij hadis, dapat disimpulkan bahwa hadis tersebut memiliki derajat shahih, tidak ada syadz, ‘illah, maupun kecacatan dalam hadis. Serta keseluruhan perawi hadis memiliki sifat Thiqah sehingga hadis tersebut dapat diterima.]

Keywords


At-Thabrani, Makan berlebihan, Mu’jam al-Kabir, Takhrij hadis

References


’Adil. (1409). Mu’jam al-Mufassirin. Muassasah al-Tsaqafiah li at-Ta’lif wa

al-Tarjamah wa an-Nasyr.

Akhlak Rasulullah Adalah Al Quran Berjalan. (n.d.). Griya Al-Quran.

al-Dzahabi, S. A. A. M. bin A. bin U. (1985). Siyar A’lam an-Nubala (3rd ed.). Muassasah Ar-Risalah.

al-Dzahabi, S. A. A. M. bin A. bin U. (2003). Tarikh al-Islam wa Wuffiyat al-Masyahir wa al-A’lam (B. ’Iwad Ma’ruf, Ed.). Dar al-Gharbi al- Islami.

al-Fakihi, A. bin M. bin A. (1419). Fawaid Abi Muhammad al-Fakihi (M. bin A. al-Ghabani, Ed.). Maktabah ar-Rasyd.

al-Halbi, B. (1988). Al-Ightibath bi Man Ramyi min ar-Ruwah bi al- ikhtilath (A. A. Ridha, Ed.). Dar al-Hadis.

al-Maziy, Y. bin A. bin Y. (1400). Tahdzib al-Kamal fi Asma’ ar-Rijal (B.

’Iwad Ma’ruf, Ed.). Muassasah Ar-Risalah.

al-Qasimi, M. A. al-Laits al-Khair al-Abadi. (2004). Takhrijul Hadis.

al-Qurthubi, A. al-H. bin A. bin K. bin A. M. bin B. (1423). Syarh Shahih al-Bukhari li Ibnu Bathal. Maktabah ar-Rasyd.

Al-Ahqaf, M. I. (2021). Takhrij Hadis tentang Debu Riba. UIN Antasari

Banjarmasin.

al-Baghawi al-Syafi’i, A. M. al-H. bin M. bin M. bin al-Fara’. (1403). Syarh al-Sunnah. Al-Maktab al-Islami.

Al-Baghdadi Al-Harbi, A. I. I. bin I. (1407). Ikram al-Daif (A. Al-Gharazi, Ed.). Maktabah Shahabah.

Al-Bashari Al-Sufi, A. S. bin al-A. A. bin M. bin Z. (1418). Al-Mu’jam al- Arabi. Dar Ibnu al-Jauzi.

Al-Bukhari, M. bin I. bin I. (1407). Al-Jami’ Al-Shahih Al-Mukhtashar (M.

Al-Bagha, Ed.). Dar Ibnu Katsir.

Al-Khurasani, A. bin H. bin A. bin M. (1408). Al-Adab li Al-Baihaqi.

Muassasah al-Kitab al-Tsaqafiah.

Al-Qazwini, A. M. bin Y. bin M. ar-Rabi’i. (2009). Sunan Ibnu Majah (M. F.

A. Baqi, Ed.). Dar al-Fikr.

al-Shana’ani, H. bin M. (1987). Shahifah Hammam bin Munabbih. Al- Maktab al-Islami.

Al-Tahhan, M. (2015). Matode Takhrij Al-Hadith dan Penelitian Sanad

Hadis (R. Nasir & Khamim, Eds.). IMTIYAZ.

An-Nisaburi, M. bin H. bin M. A.-Q. (n.d.). Al-Jami’ As-Shahih. Dar al-Afaq al-Jadidah.

Asaad, M. (2022). Wacana Saintifik Hadis dalam Konstruksi Kesahihan Hadis; Kajian Kritis Terhadap Pemikiran Mohamed Zafzaf dan Syuhudi Ismail. Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Hadis, 13(2).

Asilha. (2021, January 19). Ragam Kitab-kitab Hadis. ASILHA. https://

www.asilha.com/2021/01/19/ragam-kitab-kitab-hadis/ As-Suyuthi, A. (1993). Al-Dar Al-Mantsur. Dar al-Fikr.

Asy-Syaibani, A. bin H. A. A. (n.d.). Musnad Imam Ahmad Bin Hanbal.

Muassasah Qurthubah.

Ath-Thabrani. (2022). In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Ath- Thabrani&oldid=20830593

At-Thabrani, A. Q. S. bin A. bin A. A.-S. (n.d.). Al-Mu’jam Al-Kabir Li At- Thabrani (S. bin A. Al-Hamid & K. bin A. Al-Jarisi, Eds.).

At-Tirmidzi, M. bin I. bin S. bin M. bin A.-D. A.-S. (n.d.). Al-Jami’ Al-Shahih

Sunan At-Tirmidzi (A. M. Syakir, Ed.). Dar Ihya’ at-Turats al-’Arabi.

Fadhil, F. (2020, Desember). Mu’jam: Konsep, Sejarah dan Teknik

Penulisannya. https://sanadmedia.com

Febriani, A. R. (2022, June 17). 5 Adab Makan dan Minum Sesuai

Anjuran Rasulullah SAW. detikedu. https://www.detik.com/ edu/detikpedia/d-6131549/5-adab-makan-dan-minum-sesuai- anjuran-rasulullah-saw

Izzan, A. (2012). Studi Takhrij Hadis: Kajian Tentang Metodologi Takhrij dan Kegiatan Penelitian Hadis. Tafakur.

Kumparan. (2021, Oktober). Takhrij Hadis: Pengertian, Tujuan, Pembagian Metode, dan Sejarah Singkatnya. kumparan.

Ma’shum, D. H. (2020, August 4). Perbedaan Antara Musnad Sunan dan Mu’jam. Khazanah Quraniyah. https://khazanahquraniyah.com/ mengenal-perbedaan-antara-musnad-sunan-mujam-dan-jami/

Mohamad, I. H. (2014, January 2). Imam Thabrani dan Kitab Mu’jam Ash- Shagir. Pengetahuan Tafsir Dan Hadis.

Pamil, J. (2012). Takhrij Hadis: Langkah Awal Penelitian Hadis. Jurnal

Pemikiran Islam, 37(1).

Rahayu, M. (2019). Pola Makan Menurut Hadis Nabi SAW (Suatu Kajian

Tahlili). Jurnal Diskursus Islam, 7(2).

Rifai, M., Aziz, M. A., & Fatah, F. R. (2021). Studi Komparasi Manhaj Al- Syaukani (Fawaid Al-Majmu’ah fi Al-Hadis Al-Maudu’ah) dan Al- Idlibi (Naqd Al-Matn’ ’Inda ’Ulama Al-Hadis An-Nabawi). Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1).

Salim, A. bin M. (n.d.). Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyah.

Sati, A. R. (2009, Kamis, Agustus). Kitab Al-Mu’jam Al-Shagir Al-Thabrani.

Arjonson Blog.

Umar, A. M. A. H. (n.d.). Mu’jam al-Lughah al-Arabiyah al-Mu’ashirah.

’Alam al-Kutub.

Yuslem, N. (1997). Ulumul Hadis.

Yusliyadi. (2018). Takhrij Al-Hadis. IAIN Madura.

Yusufpati, M. H. (2020, Mei). Allah Berfirman, Makan dan Minumlah, dan Jangan Berlebih-lebihan. SINDOnews.com. https://kalam. sindonews.com


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v9i2.22148

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.