Open Journal Systems

ANALYSIS OF HADITH UNDERSTANDING OF SOCIAL MEDIA PHENOMENA AS A COMMUNICATION TOOL IN THE DIGITAL ERA

Muhammad Daffa

Abstract

Social interaction is not only done face to face communication but also social interaction can be done online through the sophistication of information technology called social media. The development of social media is becoming a necessity in the 21st century. This research aims to analyze hadith understanding of social media phenomena as a communication tool in the digital era. The formulation of this research problem is how to understand hadith to the phenomenon of social media as a communication tool in the digital era. This study aims to discuss the analysis of hadith understanding of the phenomenon of social media as a means of communication in the digital era. This research is a literature study that focuses research on social media. This research study uses a qualitative approach by applying literature study methods. The formal object of this research is the science of hadith, while the material object is hadith against the phenomenon of social media as a means of communication in the digital era. The results showed that Tirmidhi Hadith Number 2432 contains the importance of good social interaction. Understanding hadith encourages good interaction with social media phenomena. As a means of communication in the digital age, social media has a good and bad influence on social change. This study recommends more in-depth hadith research into the phenomenon of social media.

[Analisis Pemahaman Hadis Terhadap Fenomena Sosial Media sebagai Alat Komunikasi di Era Digital. Interaksi sosial tidak hanya dilakukan secara face to face communication, tapi juga interaksi sosial dapat dilakukan secara online melalui kecanggihan teknologi informasi yang disebut sosial media. Perkembangan penggunaan sosial media menjadi sebuah kebutuhan di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis pemahaman hadis terhadap fenomena sosial media sebagai alat komunikasi di era digital. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pemahaman hadis terhadap fenomena sosial media sebagai alat komunikasi di era digital. Kajian ini bertujuan untuk membahas analisis pemahaman hadis terhadap fenomena sosial media sebagai alat komunikasi di era digital. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang memfokuskan penelitian terhadap sosial media. Kajian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode studi literatur. Objek formal penelitian ini adalah ilmu hadis, sedangkan objek materialnya hadis terhadap fenomena sosial media sebagai alat komunikasi di era digital. Hasil penelitian menunjukkan hadis Tirmidzi Nomor 2432 berisi tentang pentingnya interaksi sosial yang baik. Pemahaman hadis mendorong adanya interaksi yang baik terhadap fenomena sosial media. Sebagai alat komunikasi di era digital, media sosial memiliki pengaruh yang baik dan buruk terhadap perubahan sosial. Penelitian ini merekomendasikan penelitian hadis yang lebih mendalam terhadap fenomena media sosial.]

Keywords


Digital; Hadith; Media; Interaction; Social

References


Akhyar, S. (2021). Eksistensi Metode Tafsir Tahlili dalam Penafsiran Alqur’an. 7(1), 13.

Alviani, S. R., & Gusnita, C. (2018). Analisis Media Sosial sebagai Pembentuk Konflik Sosial di Masyarakat. Open Society Conference.

Amalia, A. (2021). Efektifitas Media Sosial Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam Perspektif Social Big Data. Jurkom: Jurnal Riset Komunikasi, 4(1), 50–65.

Ancok, D. (2003). Modal Sosial dan Kualitas Masyarakat. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 8(15). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol8.iss15.art1

Anisah, A. S. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 05(01), 15.

Azizan, M. A., Kariya, M. A., & Jasmi, K. A. (2019). Media Sosial dan Penyebaran Budaya Transseksulamenurut Islam. Compference: Seminar Sains Teknologi Dan Manusia, 298.

Bayuardi, G. (2019). Membaca Lirik Lagu Populer Indonesia: Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Bahasa. Handep: Jurnal Sejarah dan Budaya, 2(1), 77–102. https://doi.org/10.33652/handep.v2i1.26

Bhakti, C. P., Safitri, N. E., & Dewi, A. C. (2018). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengurangi Perundungan Siber di Kalangan Remaja. Volume 7, No 1, 7.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157.

Darmalaksana, W. (2020a). Kelas menulis: Dari proposal penelitian ke artikel ilmiah, publikasi jurnal, dan hak kekayaan intelektual.

Darmalaksana, W. (2020b). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. 2.

Dewi, M. S. R. (2019). (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Islam ). 3(1), 11.

Estikasari, P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja Selama Sekolah Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(1), 23. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11750

Halim, S. (2019). Postkomodifikasi Media: Varian-varian Baru Komodifikasi di Media Televisi dan Media Sosial. Klaten: Lakeisha.

Hamzah, R. E. (2015). Penggunaan Media Sosial di Kampus dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. 26.

Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial Pada Ruang Publik. Natute: National Academic Journal of Architecture, 5(2), 85–93.

Heryanto, H. (2022). Komunikasi Persuasif Penggalangan Dana Kitabisa. 3(1), 13.

Hidaya, N., Qalby, N., Alaydrus, S. S., Darmayanti, A., & Salsabila, A. P. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Penyebaran hoax oleh Digital Native. Makassar: Universitas Muslim Indonesia.

Hidayat, M. T. (2020). Berdakwah di Media Sosial. Sulawesi.

Ihsan, M. (2016). Pengaruh Terpaan Media Internet dan Pola Pergaulan Terhadap Karakter Peserta Didik. 10, 18.

Juminem. (2019). Adab Bermedia Sosial dalam Pandangan Islam. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 23–34.

Komariah, C. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Anak Melalui Media Internet. 7(1), 12.

Luthfi, K. M. (2013). Kritik Matn Sebagai Metode Utama dalam Penelitian Kesahihan Hadis Nabi. JIE Volume II No. 3, 26.

Mutiah, T., Akbar, I., & Rafiq, A. (2019). Etika Komunikasi dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24.

Muzakky, A. H., & Fahrudin. (2020). Kontekstualisasi Hadis dalam Interaksi Media Sosial di Era Millenial dalan Kitab Fath al-Bari Syarah Hadis al-Bukhari. Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis, 5(1), 12–20.

Nabila, D., Elvaretta, O., Zahira, G., & Syarif, M. A. D. Y. (2020). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Malang: Inteligensia Media.

Nugroho, D. A. (2017). Membangun Game Edukasi “Mathematic Maze” Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Sekolah Dasar. Volume 2, No. 1, 11.

Nurfirdaus, N. (2019). Studi tentang Pembentukan Kebiasaan dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus Di Sdn 1 Windujanten). 4, 11.

Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 539. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.154

Prasanti, D. (2017). Perubahan Media Komunikasi dalam Pola Komunikasi Keluarga di Era Digital. Commed: Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1), 69–81.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18–29.

Rahmatullah, T. (2021). Teknologi Persuasif: Aktor Penting Media Sosial dalam Mengubah Sikap dan Perilaku Pengguna. Jurnal Soshum Insentif, 4(1), 60–78. https://doi.org/10.36787/jsi.v4i1.509

Rozi. (2019). Tafsir Klasik Analisis Terhadap Kitab Tafsir Era .pdf. (n.d.).

Saifuddin. (2017). Memahami Hadis Ukhuwah dalam Konteks Media Sosial: Upaya Membangun Etika Solidaritas Sosial. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 3(1), 53–64.

Sari, M. P., & Lubis, E. E. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instragram sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1–3.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora, 16(1–7).

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Budaya. Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62–72.

Siregar, M. (2017). Tafsir Tematik Tentang Seleksi Informasi. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir, 2(1), 106. https://doi.org/10.32505/tibyan.v2i1.257

Sudariyanto. (2010). Interaksi sosial. Semarang: Alprin.

Sunusi. (2013). Masa Depan Hadis dan Ulum Hadis. Al-Hikmah: Journal for Religious Studies, 14(1), 65–81.

Suryadilaga, M. A. (2020). Pemahaman Hadis tentang Covid-19 dalam Perspektif Integrasi-Interkoneksi Amin Abdullah. 18, 24.

Zainuddin, H. (2020). Etika Penggunaan Media Sosial dalam Al-Qur’an sebagai Alat Komunikasi di Era Digitalisasi. Al-Mutsla: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Dan Kemasyarakat, 2(1), 27–39.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v8i1.11209

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.