Open Journal Systems

PERAWI MUDALLIS DALAM SHAHIH BUKHARI: Studi al-Jarh wa al-Ta’dil pada ‘Umar bin ‘Ali bin ‘Atha’ bin Muqaddam

Rizal Samsul Mutaqin, Zulfa Nurpadilah, Husen Zaenal Muttaqin

Abstract

‘Umar bin ‘Ali bin ‘Athā` bin Muqaddam merupakan seorang rawi yang dipandang telah melakukan tadlīs yang berat dalam meriwayat hadis-hadisnya oleh ulama Jarh ta’dil. Namun, riwayatnya masih dimasukan oleh Imam Bukhārī yang dikenal sangat selektif memasukan riwayat seorang rawi kedalam kitab ­Shahīh-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas seorang rawi yang dipandang daif oleh para ulama, dan menemukan alasan dimasukannya riwayat rawi tersebut dalam kitab ­Shahīh Bukhārī disertai dengan kehujjahan hadis-hadisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis dan deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada penerapan ilmu Jarh ta’dil, dengan melewati tahapan orientasi, eksplorasi, dan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Umar bin ‘Ali dipandang sebagai seorang rawi yang berada pada tingkatan ta’dil ketiga dan Jarh kedua. Adapun ketadlīsannya, beliau dikelompokkan kedalam tingkatan tadlīs keempat, yang ditolak oleh para ulama untuk dijadikan hujjah kecuali jika diriwayatkan dengan sigat sima’. Didalam ­Shahīh Bukhārī ditemukan terdapat lima haris yang beliau riwayatkan dan semuanya bisa diterima diterima dikarenakan; pertama, hadis-hadisnya diriwayatkan dengan menggunakan lafaz sima’ yang jelas. Kedua, riwayatnya hanya sebagai tābi’ dan bukan menjadi hadis pokok; ketiga, terdapat tabi’ yang memperkuat riwayatnya dan keempat hanya merupakan hadis mauqūf.

[Mudallis Narrators in Shahih Bukhari: Study of al-Jarh wa al-Ta'dil on 'Umar bin 'Ali bin 'Atha' bin Muqaddam. 'Umar bin 'Ali bin' Athā` bin Muqaddam is a narrator who is considered to have done tadlīs heavy in narrating his hadiths by the scholars of Jarh ta'dil. However, his narration was still included by Imam Bukhārī who was known to be very selective in inserting the narration of a narrator into his Shahīh. This study aims to determine the quality of a narrator who is considered weak by the scholars, and find the reason for the inclusion of the narrator's narration in the book of Shahīh Bukhārī is accompanied by the argumentation of his hadiths. The method used in this study is historical and descriptive analysis with a qualitative approach. This research is focused on the application of the science of Jarh ta'dil, by going through the stages of orientation, exploration, and analysis. The results show that Umar bin 'Ali is seen as a narrator who is at the level of the ta'dil thirdand the Jarh second. As fortadlīshis, he is grouped into thelevel of tadlīs fourth, which is rejected by the scholars to be used as an argument unless it is narrated with sigat sima '. InShahīh Bukhārī  found that there were five haris that he narrated and all of them were acceptable because of them; firstly, the hadiths are narrated usingword sima ' the clear; secondly, the narration is only as tābi' and not the main hadith; thirdly, there is a tabi ' which strengthens the narration; and Fourthly, it is only a hadith mauqūf.]

Keywords


al-Bukhārī; da’if; hadis; sahih; tadlīs

References


‘Abdy, A. ‘A. M. bin I. bin M. bin Y. bin M. (2002). At-Tauhīd wama’rifati Asmā`illāhi ‘Azza Wajalla Waṣifātihi ‘alal-Ittifāqi wat-Tafarrudi li Ibn Mandah. Vol. 1. Suriah: Dārul-‘Ulūm wal-Hakam.

‘Ainī, A. M. bin M. bin A. bin M. bin A. bin H. al-G. al-H. B. al-. (2006). Magāny al-Akhyār Fī Syarhi Asāmy Rijāl Ma’ānil-Āṡār [Tahqiq: Muhamamd Hasan Muhammad Hasan Isma’il]. Vol. 2. Libanon: Darul-Kutub al-‘Ilmiyyah.

‘Allā’i, S. A. S. bin K. bin K. al-. (1986). Jāmi’ut-Tahṣīl Fī Ahkāmil-Marāsīl. t.tp: Maktabah an-Nahḍiyyatil-‘Arabiyyah.

‘Asqalānī, A. F. A. bin ‘A. bin M. bin A. bin H. al-. (1905). Tahdzīb al-Tahdzīb. Vol. 7. India: Muthba’ah Dā`irah al-Ma’ārif al-Nizhāmiyyah.

‘Asqalānī, A. F. A. bin ‘A. bin M. bin A. bin H. al-. (1958). Fatḥul-Bārī. Vol. 11. Beirut: Dārul-Ma’rifah.

‘Asqalānī, A. F. A. bin ‘A. bin M. bin A. bin H. al-. (1983). Ta’rīf ahli at-Taqdis bi-marātib al-mauḍufīn bi’tadlīs. Vol. 1. Oman: Maktabah al-Manār.

‘Asqalānī, A. F. A. bin ‘A. bin M. bin A. bin H. al-. (1984). An-Nukat ‘Ala Kitābi Ibn Ṣalāh [Tahqiq: Rabī’ bin Hādy

‘Ummair Al-Madkhily]. Vol. 1. Saudi Arabia: ‘Imādatul-Bahṡil-‘Imny Bil-Jāmi’atil-Islamiyyati.

‘Asqalānī, A. F. A. bin ‘A. bin M. bin A. bin H. al-. (n.d.). (1992). Taqribu Tahdzib. Makkah: Daar al-A’shimah.

‘Asqalānī, A. F. A. bin ‘A. bin M. bin A. bin H. al-. (n.d.). Hady al-Sārī Muqaddimah Fath al-Bārī. Vol. 1. Kairo: Dar el-Ṭayyibah.

‘Asqalānī, A. F. A. bin ‘A. bin M. bin A. bin H. al-. (n.d.). Ta’rīf Ahli al-Taqdīs bi Marātib al- Maushufīna bi al-Tadlīs. Oman: Jami’ah ‘Amāl al-Muṭābi’ al-Ta’āwaniyyah.

‘Asqalānī, A. F. A. bin ‘A. bin M. bin A. bin H. al-. (n.d.). Taqrīb al-Tahżīb. Kairo: Dar al-‘Āṣimah li al-Nasyr wa al-Tauzi.’

Abdurrahman, M., & Sumarna, E. (2013). Metode Kritik Hadits. Bandung: Rosdakarya.

Aḍlabi, Ṣ. ibn A. (1983). Manhaj al-Nuqd Mutun. Beirut: Dar Al-Afaq al-Jadīdah.

Alā`uddin. (2001). Ikmāl Tahżīb al-Kamāl Fī Asmā`i ar-Rijāl. Vol. 10. Al-Fāruq al-Hadīṡah li al-Ṭabā’ah wa al-Nasyr.

Alam, Z. Q. F. (2015). Perbedaan Antara Hadis Mudallas dan Mursal. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 1(2), 407-432.

Ali, A., & Mahdlor, A. Z. (2003). Qāmūs “Karābiyāk” Al-‘Aṣr ‘Araby Indūnīsy. Yogyakarta: Multi karya Grafika.

Aṡarī, A. bin M. Z. al-F. al-. (n.d.). Al-Mu’jam al-Ṣagīr Liruwāti al-Imām Ibn Jarīr al-Thabary. Vol. 1. Kairo: Al-dar al-Atsariyyah.

Asbahānī, A. N. A. bin ‘A. bin A. bin I. bin M. bin M. al-. (1990). Tārikh Aṣbahān. Vol. 2. Beirut: Dar al-Kutub Al-Ilmiyyah.

Atabik, A. (2016). Menelisik Otentitas Kesejarahan Sunnah Nabi (Studi atas Teori Common link dan Sanggahan Terhadapnya). Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 1(2), 223-248. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v1i2.1795

Baihaqī, A. bin al-H. bin ‘A. bin M. al-K. al-K. A. B. al-. (1988). Al-Adābu al-Baihaqy. Libanon: Muasasah Aṡ-Ṡaqāfah.

Baihaqī, A. bin al-H. bin ‘A. bin M. al-K. al-K. A. B. al-. (2003). As-Sunan al-Kubrā. Vol. 8. Libanon: Dārul-Kutub al-‘Ilmiyyahl.

Bazzār, A. B. A. bin ‘A. bin ‘A. K. bin K. bin ‘U. al-. (2008). Musnad al-Bazzār al-Mansyūr Biismi AL-Bahr Az-Zukhaār. Vol. 15. Madinah: Maktabah Al-‘Ulūm wal-Hukum.

Bukhārī, A. ‘A. M. bin I. bin I. bin al-M. bin B. al-. (2001). Shahīh al-Bukhāry. Beirut: Dār Ṭauqyn-Najāh.

Bukhārī, A. ‘A. M. bin I. bin I. bin al-M. bin B. al-. (2006). Ṣahīh Bukhāry. Riyadh: Maktabah Ar-Rusydi.

Farida, U. (2016). Polemik Penulisan Hadis: Perspektif Michael A. Cook dalam The Opponents of the Writing of Tradition in Early Islam. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 1(1), 19-37. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v1i1.1226

Fuqohak, M. (2018). Meneladani Strategi Ahli Hadis dalam Menyeleksi Riwayat Hoax. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 4(2), 337-356. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v4i2.4519

Ibn Kaṡīr, A. F. I. bin ‘U. (n.d.). Ikhtiṣār ‘Ulumul-Hadīṡ. Libanon: Darul-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Ibn Ma’bad, M. bin H. bin A. bin M. (1993). al-Tsiqāt. Vol. 7. India: Dāirah al-Ma’ārif al-Utsmāniyyah.

Ibn Sa’ad. (1968). al-Ṭabaqāt al-Kubrā. Vol. 7. Beirut: Dar Ṣādir.

Ibn Ṣalāh, ‘U. bin ‘A. (1986). Ma’rifat Anwā’i ‘Ulȗm al-Hadīṡ (Muqaddimah Ibn Ṣalāh). Suriah: Dār al-Fikr.

Ibn Syu’bah, M. M. (1995). Fī Rihāb al-Kutub al-Ṣihhāh al-Sittah. Kairo: Silsilah al-Buhȗṡ al-Islamiyyah.

Ihsannudin, N. (2018). Metode Kritik Autentisitas Hadis Irene Schneider. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 3(1), 81-96. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v3i1.3438

Ismail, M. S. (1995). Kaedah Kesahihan Sanad Hadis. Jakarta: Bulan Bintang.

Istianah, I. (2018). Kritik Terhadap Penisbatan Riwayat Hadis: Studi atas Hadis-Hadis Palsu. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 4(1), 77-100. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v4i1.3319

Itr, N. (1979). Manhaj al-Naqd fī ‘Ulum al-Hadis. Damaskus: Dar el-Fikr.

Jannah, S. (2020). Kritik Harald Motzki Terhadap Teori Isnad Hadis Joseph Schacht. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(2), 343-362. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.8086

Jurjāny, A. A. bin ‘A. al-. (1997). Al-Kāmil Fī Ḍu’afā`ir-Rijāl [Tahqiq: ‘Ādil Aḥmad ‘Abdul Maujud, ‘Aly Muhammad]. Vol. 6. Beirut: Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah.

Kalābādzi, A. N. al-B. al-. (1986). Al-Hidāyah wa al-Irsyād Fī Ma’rifat Ahli al-Ṡiqat wa al-Sidād. Vol. 2. Beirut: Dar el-Ma’rifah.

Khallaf, I. al-. (2001). Riwāyatul-Mudallisīn fī Ṣahīh al-Bukhāry. Dārul-Basyāir al-Islāmiyyah.

Kurnia, I. (2019). Pandangan Ali Mustafa Yaqub tentang Kritik Orientalis Terhadap Hadis. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 5(2), 229-248. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v5i2.6140

Kusroni, K. (2018). Mengenal Tuntas Seluk Beluk Periwayatan Hadis. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 2(2), 273-286. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v2i2.3142

Laknawī, A. al-H. M. ‘A. Al-H. al-. (1973). Ar-Raf’u wa al-Takmīl Fī al-Jarh wa al-Ta’dīl. t.tp: Maktabah al-Maṭbȗ’ah al-Islamiyyah.

Latif, A. al-‘A. bin M. bin I. al-‘A. al-. (1991). Dhawabit al-Jarh wa al-Ta’dil. Madinah: al-Jami’ah al-Islamiyah bi al-Madinah al-Munawarah.

Ma’ani, B. (2010). Al-Jarh wa Al-Ta’dil: Upaya Menghindari Skeptis dan Hadis Palsu. Jurnal Media Akademika, 25(2), 95-109.

Madinī, M. bin A. bin M. bin ‘Ā. al-A. al-. (n.d.). Muwaṭṭā` Mālik bi riwāyati Muhammad bin al-Hasan asy-Syaibāny. Beirut: al-Maktabah al-‘Ilmiyyah.

Mahfudoh, E. (2004). Kritik Terhadap Rijal Al-Bukhari: Kajian Kritis atas Tanggapan Ibn Hajar Al-Asqalani dalam Kitab Hadyu Al-Sari Muqaddimah Fath Al-Bari. Yogyakarta: Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Marzuki. (2006). Kritik Terhadap Kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim. Jurnal Humanika, 6(1), 26-38.

Maslamī, M. M. al-. (2001). Mausȗ’ah Aqwāl Abi al-Hasan al-Daruquthny fī Rijāl al-Hadīṡts wa ‘Ilalihi. Vol. 2. Beirut: ‘Ālim al-Kutub li al-Nasyr wa al-tauzy.’

Maushili, A. Y. A. bin ‘A. bin al-M. bin Y. bin ‘Ī. bin H. at-T. al-. (1984). Musnad Abi Ya’lā. Vol. 13. Damaskus: Dārul-Ma`mūn lit-Turāṡ.

Mizzī, J. bin al-Z. A. M. al-Q. al-K. al-. 1980. Tahżībul-Kamāl Fī Asmā`ir-Rijāl. Vol. 21. Beirut: Muassasah Ar-Risālah.

Muhsin, M. (2016). Metode Al-Bukhari Dalam Al-Jami’ Al-Shahih: Tela’ah atas Tashhih dan Tadh’if Menurut Bukhari. Jurnal Holistic Al-Hadis, 2(2), 279-290. http://dx.doi.org/10.32678/holistic.v2i2.953

Mukhtar, M. (2011). Penelitian Rijal Hadis Sebagai Kegiatan Ijtihad. Diktum : Jurnal Syariah dan Hukum, 9(2), 187-194.

Muqaddasī, A. al-F. M. bin T. al-. (1984). Syuruṭ al-A`immah al-Sittah. Beirut: Dar Al-Kutub al-‘Alamiyyah.

Naisābūrī, A. ‘A. al-H. M. bin ‘A. bin M. bin H. bin N. bin al-H. Al-D. al-. (1990). Al-Mustadrak ‘alaṣ-Ṣahīhain lil-Hākim. Vol. 4. Beirut: Dārul-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Naisābūrī, A. ‘A. al-H. M. bin ‘A. bin M. bin H. bin N. bin al-H. Al-D. al-. (1998). Ṣahīh Muslim. Riyadh: Darul-Mugny lin-Nasyr wat-Tauji’.

Naisābūrī, A. ‘A. M. bin ‘A. al-H. al-. (2003). Ma’rifat ‘Ulȗm al-Hadīṡṣ wa Kammiyatu Ajnāsihi. Beirut: Dar Ibn Hazm.

Nasā’i, A. ‘A. A. bin S. bin ‘A. al-K. al-. (2001). As-Sunan al-Kubrā lin-Nasā`i. Beirut: Muassasah ar-Risālah.

Nawawī, A. Z. M. Y. bin S. al-. (1971). Al-Manhāj Syarh Ṣahīh Muslim bin al-Hajjāj. Vol. 1. Beirut: Dar Ihyā`ut-Turāṡ al-‘Arabī.

Qurṭubī, A. al-W. S. bin K. bin S. bin A. bin W. al-. (1986). Al-Ta’dīl wa al Tarjīh Liman Kharaja Lah al-Bukhāry Fī al-Jāmi’ al-Ṣahīh. Vol. 3. Riyadh: dar al-Luwā`i li al-Nasyr wa al-Tauzī’.

Razayani, A. bin ‘A. al-R. bin al-H. al-K. al-. (1995). Al-Mudallisin. Vol. 1. Dar el-Wafa.

Razi, Ibn A. H. (1952). Al-Jarh wa al-Ta’dīl. India: Ṭaba’ah Majlis Dā`irah al-Ma’ārif al-Utsmāniyyah.

Ruwayāny, A. B. M. bin H. al-. (1995). Musnad ar-Ruwayāny. Vol. 2. Kairo: Muassasah Qurṭubah.

Sakhāwī, S. A. K. M. bin ‘A. bin M. bin A. B. bin ‘U. bin M. (1990). Al-Mutakallimun Fir-Rijāl. Beirut: Dārul-Basyāir.

Sakhāwī, S. A. K. M. bin ‘A. bin M. bin A. B. bin ‘U. bin M. (2004). Fathu al-Mugīṡ Bisyarhil-Alfiyah al-Hadīṡ. Vol. 2. Riyadh: Maktabah Darul-Manhāj.

Ṣalih, S. (1977). ‘Ulum al-Hadis wa Muṣṭalahuhu. Beirut: Dar al-‘Ilm li al-Malayin.

Shidiq, M. N. (2020). Rawi Khawarij dalam Shahih Bukhari: Studi Analisis Riwayat Imranbin Hittan dalam Shahih Bukhari. Al-Bukhari: Jurnal Ilmu Hadis, 3(2), 149 - 170. https://doi.org/10.32505/al-bukhari.v3i2.1933

Subarkah, A. (2020). Klarifikasi Distingsi antara Autentisitas dan Otoritas Hadis: Studi Komparatif Perspektif Muslim dan Barat. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(2), 277-300. http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.7946

Suyūṭī, J. al-D. al-. (n.d.). Asma` al-Mudallisin. Beirut: Dar el-Jil.

Suyūṭī, J. al-D. al-. (n.d.). Tadrībur-Rāwy Fī Syarhi Taqrīb an-Nawāwy. Vol. 1. Beirut: Dar Ṭayyibah.

Syafik, M. (2021). Studi Kritis atas Kitab Shahih Bukhari: Kajian Sosio-Politik Kodifikasi Hadis Abad III Hijriah. Surabaya: Universitas Islam Negri Sunan Ampel.

Syaibānī, A. ‘A. A. bin M. bin H. bin H bin A. al-. (1983). Faḍā`il Aṣ-Ṣahābat Li Aḥmad bin Ḥanbal. Vol. 2. Beirut: Muassasah ar-Risālah.

Syaibānī, A. ‘A. A. bin M. bin H. bin H bin A. al-. (2001). Musnad al-Imām Aḥmad bin Ḥanbal. Vol. 37. Beirut: Muassasah ar-Risālah.

Tabrānī, S. bin A. bin A. bin M. al-L. al-S. A. al-Q. al-. (1994). Al-Mu’jam al-Kabīr liṭ-Ṭabrānī. Vol. 6. Kairo: Maktabah Ibn Taimiyah.

Tahan, M. al-. (1985). Taisir Muṣṭalah al-Hadis. Jeddah: Al-Haramain.

Tamimy, A. M. ‘A. bin A. H. M. bin I. bin al-M. al-. (2006). Al-‘Ilal Li-Ibni Aby Hātim. Vol. 2. Kairo: Muṭābi’ al-Humaiḍy.

Tamīmy, M bin H. bin A. bin H. bin M. bin M. (1993). Ṣahīh Ibn Hibbān bi tartībi Ibn Balbān. Vol. 13. Beirut: Muassasah ar-Risālah.

Tirmiży, M. bin ‘Ī. bin S. bin M. bin al-D. (1975). Sunan At-Tirmiży. Mesir: Syirkah Maktabah Wa Maṭbuah Muṣṭafā Fil-Azhar Asy-Syarīf.

Wahid, A. (2018). Studi Terhadap Aspek Keunggulan Kitab Shahih Muslim Terhadap Shahih Bukhari. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 17(2), 312-326. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v17i2.2454

Ya’qub, A. M. (1996). Imam Bukhori Dan Metodologi Kritik Dalam Ilmu Hadis. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Żahaby, S. A. ‘A. M. bin A. bin ‘U. bin Q. (1986). Żikru Asmā`i Man Takallama Fīhi wahuwa Muwaṡṡiq. Vol. 1. Zarqa: Maktabah al-Mannār.

Żahaby, S. A. ‘A. M. bin A. bin ‘U. bin Q. (1998). Tażkirah al-Huffāẓ. Vol. 1. Libanon: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Żahaby, S. A. ‘A. M. bin A. bin ‘U. bin Q. (2003a). Tārīkh al-Islām Wawafiyāt al-Masyāhīr wal-A’lām. Vol. 4. Dārul-Garb al-Islāmy.

Żahaby, S. A. ‘A. M. bin A. bin ‘U. bin Q. (2003b). Tārikh al-Islām Wawafiyātu al-Masyāhīr wa al-A’lām. Vol. 4. Dar al-Garb al-Islāmy.

Żahaby, S. A. ‘A. M. bin A. bin ‘U. bin Q. (2006). Siyar A’lām An-Nubalā`. Vol. 7. Kairo: Dārul-Hadīṡ.

Żahaby, S. A. ‘A. M. bin A. bin ‘U. bin Q. (n.d.). Al-Mugny Fiḍ-Ḍu’afā` [Tahqiq Nuruddin ‘Itr]. Vol. 2. Qatar: Irādatu Ihyā`ut-Turāṡ al-Islāmy.

Żahaby, S. A. ‘A. M. bin A. bin ‘U. bin Q. al-. (1992). Al-Kāasyif Fī Ma’rifat Man Lahu Riwayat Fī al-Kutub al-Sittah. Vol. 2. Jeddah: dar al-Qalbah li al-Tsaqāfah al-Islamiyyah.


Full Text: PDF

DOI: 10.21043/riwayah.v7i2.10651

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.