Open Journal Systems
KONTEKS ARAB SEBELUM DAN SESUDAH PENGUTUSAN NABI: Menelisik Faktor-Faktor di Balik Keistimewaan Bahasa Hadis
Abstract
Melalui ajaran yang terkandung dalam al-Quran dan Hadits, Islam telah mempengaruhi tradisi dan budaya di masyarakat Arab. Hadits, ucapan Nabi Muhammad saw, dipandang oleh ahli bahasa Arab memiliki keistimewaan dan kelebihan. Pada artikel ini, penulis bertujuan untuk mencari jawaban terkait konteks tradisi-budaya sastra di masa kelahiran dan pertumbuhan Nabi Muhammad saw berikut faktor yang membentuk bahasa dan gaya hadits berdasarkan asumsi bahwa konsep al-ta`atstsur wa al-ta`tsīr berlaku untuk setiap manusia. Penulis melakukan analisis terhadap data penelitian dengan menggunakan metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks tradisi-budaya sastra Arab sudah mengalami kemajuan di masa kelahiran dan pertumbuhan Nabi saw. Selain itu, terdapat faktor-faktor utama dan pendukung dalam pembentukan bahasa hadits. Wahyu Alquran dan Jawāmi 'al-kalim merupakan faktor utama dalam membentuk bahasa hadits. Sedangkan konteks kemajuan tradisi-budaya sastra Arab menjadi faktor pendukung dan merupakan bentuk sunatullah yang diterapkan dalam kehidupan manusia.
[The Contexts of The Prophet’s Life: Reading the Factors Behind the Excellence of the Hadith Language. Through the teachings contained in the Quran and hadith, Islam has influenced the traditions and cultures in Arab society. The hadith, the sayings of the Prophet Muhammad (PBUH), were viewed by Arab linguists as having specialties and advantages. In this article, the authors aim to find the context of literary traditions during the birth and growth of the Prophet Muhammad (PBUH) and the factors that shape the language and style of hadith based on the assumption that the concept of al-ta`atstsur wa al-ta`tsīr applies to every human being. The authors analyzed the research data using descriptive-analytic methods. The results showed that the context of Arabic literary cultures had progressed at the time of the Prophet's birth and growth. Besides, there are major and supporting factors in the formation of hadith language. The revelation of the Quran and Jawāmiʿ al-kalim are the major factors in shaping the language of hadith. Meanwhile, the contexts of literary progress in Arabic society are supporting factors and are forms of sunatullah that are applied in human life.]
Keywords
References
‘Asqalânī, I. H. al-. (2005). Fath al-Bârī Bisyarh Shahīh al-Bukhârī. Riyad: Dâr Thaybah.
Amīn, A. (1967). Al-Naqd al-Adâbī. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Arabī.
Amīn, A. (2009). Fajr al-Islâm. Cairo: Dâr al-Syurūq.
Anhar, K., Rahimah, R., & Lubis, M. H. (2020). Analisis Kesalahan Terjemahan Hadis-Hadis Kitab al-Jami’ di dalam Bulughul Maram Karya Moh. Machfuddin Aladip. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 347. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1899
Anis, F., & Huda, N. (2019). Kefasihan Bahasa Hadis Nabi dalam Perubahan Kata Kerja. Buletin Al-Turas, 25(2), 265–286. https://doi.org/10.15408/bat.v25i2.12463
Bayyūmī, M. R. al-. (1987). Al-Bayân al-Nabawī. Cairo: Dâr al-Wafâ’.
Berger, P. L., & Luckmann, T. (1991). The social construction of reality: A treatise in the sociology of knowledge. Harmondsworth: Penguin.
Buana, C. (2017). Nilai-nilai Moralitas dalam Syair Jahiliyah Karya Zuhair Ibnu Abi Sulma. Buletin Al-Turas, xxii.
Būthī, M. S. R. al-. (2011). Fī al-Hadīs al-Syarīf wa al-Balâghah al-Nabawiyyah. Damaskus: Dâr al-Fikr.
Dhaif, S. (1983). Al-Fann wa Mazâhibuh fī al-Nasr al-‘Arabī. Cairo: Dâr al-Ma’ârif.
Hâsyimī, A. al-. (1997). Mīzân al-Zahab Fī Syi’r al-‘Arab. Cairo: Maktab al-Adâb.
Ibn Katsir. (2000). Tafsīr al-Qur’an al-‘Azīm. Cairo: Muassasah Qurt}ubah.
Ibnu Khaldun, A. (2000). Muqaddimah. Beirut: Dar al-Shadir.
Ibnu Manzūr. (2008). Lisân al-‘Arab. Beirut: Dâr Shâder Publisher.
Ihsannudin, N. (2018). Metode Kritik Autentisitas Hadis Irene Schneider. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 3(1), 81. https://doi.org/10.21043/riwayah.v3i1.3438
Iqbal, M., & Rachmadhani, F. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Hadis Anjuran Menceritakan Kisah Bani Israil: Studi Ma‘ani al-Hadis. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 6(2), 231. https://doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.7742
Jâhiz, al-. (1998). Al-Bayân Wa al-Tabyīn. Cairo: Maktabah al-Khanji.
Jurjânī, A. al-Q. al-. (1984). Dalâil al-I’jâz. Cairo: Maktabah al-Khanjī.
Râfi’ī, M. S. al-. (2000). Târikh Adâb al-‘Arab. Beirut: Dâr al-Kutub al-Ilmiyah.
Râfi’ī, M. S. al-. (2002). Wahy al-Qalam. Beirut: al-Maktabah al-‘Ashriyyah.
Râjih, A. ‘Azzat. (1968). Ushūl ‘Ilm Al-Nafs. Cairo: Dâr Al-Kâtib Al-‘Arabī.
Razi, F. al-. (1981). Mafatih al-Ghayb. Beirut: Dar al-Fikr.
Sa’âlabī, A. M. al-. (1984). Al-I’jâz wa al-Ījâz. Cairo: al-Mathba’ah al-‘Amūmiyyah.
Sbaihat, A., & Albanna, N. (2017). Yathrib Jews’ Language(s): A Study Based on Authentic Ḥadiṯs. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 55(2), 327–356. https://doi.org/10.14421/ajis.2017.552.327-356
Shan’ânī, M. al-. (2007). Subul al-Salâm: Syarhu Bulūgh al-Marâm min Jam’i Adillat al-Ahkâm. Cairo: Darul Hadits.
Syâyib, A. al-. (1994). Ushūl al-Naqd al-Adabī. Cairo: Maktabah al-Nahdhah al-Mashriyyah.
Syaybah, I. A. (2006). Al-Mushannaf. Beirut: Dâr Qurthubah.
Thanthâwī, M. S. (2007). Al-Tafsīr al-Wasīth li al-Qur’ân al-Karīm. Cairo: Dâr al-Sa’âdah.
Wargadinata, W., & Fitriani, L. (2008). Sastra Arab dan Lintas Budaya. Malang: UIN-Malang Press.
Yâzjī, K. al-. (1986). Al-Asâlīb al-Adabiyyah fī al-Nasr al-‘Arabī al-Qadīm. Libanon: Dâr al-Jayl.
Zarkasyī, B. al-D. al-. (1983). Al-Burhân fī ‘Ulūm al-Qur’an. Cairo: Maktabah Dâr al-Turâts.
Zayyât, A. H. al-. (2008). Târīkh al-Adab al-‘Arabī. Cairo: Dâr Nahdhah Mashr.
DOI: 10.21043/riwayah.v7i1.10135