Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SDN Cabean 3 Demak

Kurnia Wegasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cabean 3 Demak pada masa pandemi Covid-19, 2) mengidentifikasi dampak yang terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 dalam pada masa pandemi Covid-19, dan 3) mengidentifikasi alasan dampak tersebut dapat terjadi dalam pembelajaran online terhadap guru, siswa, dan orang tua di SDN Cabean 3 dalam pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan metode studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa kelas 1 sampai dengan kelas V SDN Cabean 3. Pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka, wawancara, dan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) pelaksanaan pembelajaran online di SDN Cabean 3 pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan. 2) pelaksanaan pembelajaran online, masing-masing kelas membuat grup WA, guru, 3) dampak positif dalam pembelajaran online adalah mendapatkan pengalaman baru dari pembelajaran online, kemampuan terhadap teknologi meningkat, dan waktu yang lebih fleksibel, 4) Sedangkan dampak negatif terkait kendala yang dialami antara lain, penambahan biaya kuota internet, gangguan jaringan internet, keterbatasan penguasaan teknologi, ketuntasan materi pelajaran tidak sesuai capaian kurikulum


Keywords


Pembelajaran online, kemampuan berfikir kritis

References


Abidah, A, dkk. 2020. The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of science and Education (SiPoSE), 1 (1), 38-49.

Abidin, Z, Rumansyah, dan Arizona, K. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5 (1), 64-70.

Allo, Markus Deli Girik. 2020. In tha Online Learning Good in the Midst of Covid-19 Pandemic? The Case of EFL Learners. Jurnal Sinestesia, 10(1), 1-10.

Anitah W, Sri., dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Press

Arikunto, S. dan Jabar, S.A. 2004.Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Baharuruddin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Arruz Media

Firman dan Rahman, S R. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2), 81-89.

Foti, Paraskevi. 2020. Research in Distance Learning in Greek Kindergarten Schools during the Pandemic of Covid-19: Possibilities, Dilemmas, Limitations. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(1), 19-40.

Gunawan, Suranti, N M Y, dan Fathoroni. 2020. Variations of Models and Learning Paltforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1 (2), 61-70.

Hamalik, Oemar. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Herliandry, Luh Devi, dkk. 2020. Pembelajaran pada Masa PAndemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (1), 65-70.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: ALFABETA

Izzaty, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press

Jamaluddin, D., dkk. 2020, Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, pp. 1–10, [Online], (http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/, diakses pada 7 Juli 2020)

Khasanah, D R A U, Pramudibyanto, H, dan Widuroyekti, B. 2020. Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41-48.

Kholil, A., 2020, Panduan Orang Tua Mendampingi Anak Belajar dari Rumah dengan MIKIR, [online], (https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/panduan-orangtuamendampingi-anak-belajar-dari-rumah-dengan-mikir/, diakses tanggal 20 Agustus 2020)

Kosmiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Kusuma, J W dan Hamidah.2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Ajuh pada Masa Pandemik Covid-19.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5 (1), 97-106.

Mataka, Tawanda Wallace, Mukurunge, Tawanda, dan Bhila, Takura. 2020. Virtual teaching and Learning: A Sad Reality of the ‘Haves’ and ‘Have Nots’, the Teacher’s Voice in Zimbabwe during Covid-19 Pandemic. IJARW International Journal of All Research Writings, 1(12), 8-14.

Moleong, Lexy J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda

Mutadi. 2007. Pendekatan Efektif dalam Pembelajaran Matematika. Semarang: Balai Diktat Keagamaan Semarang

Muthy, Anisa Nurfalah dan Pujiastuti, Heni. 2020. Analisis Media Pembelajaran E-Learing melalui Pemanfaatan teknologi dalam Pembelajaran Matematika di rumah sebagai Dampak 2019-nCov. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 6(1), 94-103.

Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. (2020). Jakarta: Kemendikbud.

Pratiwi, Ericha Windhiyana. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.

Radovan, M. & Makovec, D. 2015. Adult Learners Learning Environment Perceptions and Satisfaction in Formal Education: Case Study of Four East-European Countries. International Education Studies, 8(2), 101-112.

Riyana, Cepi. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tangerang: Universitas Terbuka

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Setiawan, Adib Rifqi.2020. Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus (Covid-19).Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 28-37.

Sianipar, Kristin, D R, dkk. 2020. Penerapan Algoritma K-Means dalam Menentukan Tingkat Kepuasan pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal teknologi Informasi, 4(1), 101-105.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19. (2020). Jakarta: Kemendikbud.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Ulfah, Yunitha dan Suryantoro, Anton. 2020. Studi Awal Tentang Penggunaan Media Daring Selama Pandemi Corona di SMPN Purworejo Lampung Tengah. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 34-43.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2004). Jakarta: PT Armas Duta Jaya

Winataputra, Udin S., dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka Press

Zuriati, S. & Briando, B. 2020.Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Empat (Sman 4) Tanjungpinang. Webinar dan Call for Papers Menyongsong Era Merdeka Belajar 2020. LP2M Universitas Negeri Malang.Juni 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v15i1.9109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.