Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PAI dan Implikasinya terhadap Perkembangan Moral Siswa (Studi Kasus di SMA I Bae Kudus)

Mohammad Dzofir

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada implemntasi pendidikan nilai dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri I Bae Kudus dan implikasinya terhadap perkembangan moral siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif digunakan karena metode ini dapat menjawab permaslahan yang telah ditentujan secara komprehensif. Selain itu dengan metode ini akan diperoleh data yang lebih lengkap, lebih mendalam, kredibel dan bermakna. Adapun hasil penelitiannya adalah bahwa Pembelajaran PAI di SMA I Bae Kudus diarahkan untuk mencapai standar kompetensi yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dan Pembelajaran nilai melalui mata pelajaran PAI memberi dampak bagi perkembangan moralitas siswa yang tercermin dalam perilaku keberagamaan mereka. Salah satu indikator yang dapat diukur adalah adanya perubahan dan kemajuan dalam perilaku keberagmaan siswa, seperti peningkatan komitmen keberagamaan siswa, tumbuhnya kepedulian social kepada sesama serta ketaatan dalam menjaga etika pergaulan.

Keywords


Pendidikan, Nilai, PAI, Moral.

Full Text:

PDF

References


C.R., Kniker, You and Values Education, Ohio, Charles E. Merrill Publishing Company, 1977.

Abdullah, Amin, Problem Epistemologis-Metodologis Pendidikan Islam dalam Abd. Munir Mulkhan et.al, Religiusitas Iptek, Yogyakarta, Pustaka pelajar, 1988.

Azra, Azyumardi, Paradigma Pendidikan Nasional,Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta, Kompas, 2002.

B. Hurlock, Elizabeth, Perkembangan Anak, diterj. Oleh Meitasari Tjandrsa dan Muslichah zarkasih, Jakarta, Erlangga 1995.

EK., Kaswardi,Pendidikan Nilai memasuki Tahun 2000, Jakarta PT. Granedia Widisarana Indonesia, 1993.

Kegan, Robert, The Envolving Self, Cambridge, Harvard University Press, 1999.

Kohlberg, Lawrence, The Cognitive Development Approach to Moral Education dalam Contemporary Issues in Educational Psychology, Boston, Allyn and Bacon, Inc, 1979 .

Michael, Hubermann & Miles Matthew B, Qualitative data Analysis, A. Source Book of New Methods, London, Sage Publicatons, 1984.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung, Remaja Rosda karya, 2001.

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Alfabeta, Bandung, 2004.

R. Gerow, Josh, Psychology An Introduction, London, Scott, Foresman Company, 1989.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung Alfabeta, 2005.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2000.

Syaodih Sukmadinata, Nana, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bnadung, Remaja Rosdakarya, 2003.

Titus, Harold, Living Issues in Philosophy, Van strand Company, New York,1979,

Yusuf L.N., Syamsu, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2000.

Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v14i1.7401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.