Pengembangan Toleransi Beragama Siswa Melalui Aktivitas Pembelajaran di Kelas Dengan Metode Komunikatif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, Masykuri. Pluralisme Agama Dan Kerukunan Dalam Keragaman. Jakarta: Penerbit Buku Kompas., 2001.
Atmaja, I. M. D. “Membangun Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 8, no. 1 (2020): 35–46.
Ayu Suciartini, Ni Nyoman. “Urgensi Pendidikan Toleransi Dalam Wajah Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” JURNAL PENJAMINAN MUTU 29, no. 2 (2017): 267–282.
Bahman, S., & Maffini, H. Developing Children’s Emotional Intelligence. London: Continuum International Publishing Group., 2008.
DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa, 2010.
Ekowati, Sri Harini. “Interaksi Antar Siswa Di Kelas Reception Ecrite (Keterampilan Membaca Teks) Pada Mahasiswa Semester 4 Jurusan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta.” Jurnal Bahasa dan Sastra (2010).
Grazia, V., & Molinari, L. “School Climate Research: Italian Adaptation and Validation of a Multidimensional School Climate Questionnaire.” Journal of Psychoeducational Assessment 39, no. 3 (2012): 286–300.
Harmon Vickler, Donald Loffie Muntu. “Jurnal STFT Forum Theologia Surya Nusantara Vol. VII No.1 2019.” Jurnal STFT Forum Theologia Surya Nusantara VII, no. 1 (2019): 55–67.
Hasri, Salfen. Sekolah Efektif Dan Guru Efekti. Yogyakarta: Aditya Media Printing and Publishing, 2009.
Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam VII, no. 2 (2018): 1–15.
Hidayat, Wahyu, Jaja Jahari, and Chika Nurul Shyfa. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah.” Jurnal Pendidikan UNIGA 14, no. 1 (2020): 308.
Jogiyanto. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.
Latifah, L, A N Adi, and A Afifah. “Pandangan Forum Kerukunan Umat Beragama Mengenai Makna Toleransi Antarumat Beragama Di Jawa Barat.” Jurnal Dakwah Risalah (2019). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/risalah/article/view/7532.
Mandayu, Yohana Yosi Pamungkas Bahari. “‘Pembentukan Karakter Toleransi Melalui Habituasi Sekolah.’” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia V, no. 2 (2020).
Masyitah Assahara. “”Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi”.” Jurnal Ilmiah Program Studi Akuntansi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang 3, no. 1 (2014).
Moh Uzer Usman. “Menjadi Guru Profesional.” hlm 7. Bandung: Remaja Rosdakarya., 2006.
Mohammad Syarif Sumantri. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada., 2015.
Huda, Mualimul. “Implementation of Scientific Approach In Islamic Education Learning.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 03 (2022). https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4392.
Muchlish. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Depdikbud Proyek Penataan Guru Setara DII., 1991.
Oviyanti. Pengelolaan Pengajaran. Palembang: Rafa Press, 2009.
Rahayu, Dewi Widiana, and Fifi Khoirul Fitriyah. “Pengaruh Sikap Toleransi Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Surabaya.” Jurnal Konseling Gusjigang 6, no. 2 (2020): 69–79. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang.
Rahayu, S, and A Kosasih. “Praktik Toleransi Antar Umat Beragama Perspektif Pendidikan Islam Pada Masyarakat Mahakarya Kampung I Dan II, Kecamatan Luhak Nan Duo.” ISLAMIKA (2022). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/2084.
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. “). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2, no. 2 (2017): 233–241.
Sari, Yuni Maya. “Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23, no. 1 (2014): 15–26.
Sidiq Setyanta. “Penerapan Peraturan Kelas Secara Tertulis.” Jurnal PGSD UNY 20 (2013).
Sukardin Zebua, Talizaro Tafonao, Dewi Lidya S, Ellyzabeth Sinaga, Ardianto Lahagu. “Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Ujung Tombak Dalam Menekan Terjadinya Intoleransi Di Antara Siswa Di Sekolah.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 2 (2021): 245–261.
Sutrisno, H. “Kasus Perilaku Pelanggaran Disiplin Siswa Di Sekolah Ditinjau Dari Kerangka Teori Sosiologi Fungsionalisme.” Jurnal Pendidikan Inovatif 4, no. 2 (2009): 60–66.
Wahyuningsih, Endang. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 03, no. 02 (2019): 1–13.
Winkel. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia, 1991.
Witenberg, R. T. “The Moral Dimension of Children ’ s and Adolescents ’ Conceptualisation of Tolerance to Human Diversity.” Journal of Moral Education 36 (2007): 37–41.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v17i1.20313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.