Studi Analisis Ka’idah “Al-Ibrah bi Khusus Al-Sabab la bi Umum Al-Lafdhi” dan Implikasinya terhadap Sikap Moderasi Beragama

Zumrodi Zumrodi

Abstract


Pesan-pesan yang ada di dalam Al-Qur’an dan Hadits ini masih dalam bentuk garis-garis besar. Oleh karena itu Al-Qur’an dan Hadits membutuhkan suatu penafsiran dan penjelasan agar petunjuk-petunjuk yang ada di dalamnya bisa dioperasionalkan dan diaktualisasikan. Suatu penafsiran atau penjelasan terhadap Al-Qur’an dan Hadits membutuhkan teori-teori atau kaidah-kaidah keilmuan. Salah satu kaidah pemahaman Al-Qur’an dan Hadits adalah “Al-Ibrah bi khusus al-Sabab la bi umum al-lafdhi” (yang menjadi patokan untuk memahami Al-Qur’an dan Hadits adalah sebab khusus yang melatar belakangi munculnya teks, bukan atas dasar keumuman lafadh). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kaidah “Al-Ibrah bi khusus al-Sabab la bi umum al-Lafdhi” dan implikasinya terhadap sikap moderasi beragama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Metode dan pendekatan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis konten (content analysis). Sedangkan sumber datanya meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primernya adalah buku yang membahas ka’idah penafsiran. Sedang sumber data sekunder meliputi kitab-kitab tafsir, jurnal, dan buku-buku yang ada relevansinya dengan penelitian. Adapun temuan dalam penelitian ini, bahwa pemahaman teks Al-Qur’an dan Hadits mutlak memerlukan ka’idah “Al-Ibrah bi khusus al-Sabab la bi umum al-Lafdhi”. Dengan pengaplikasia ka’idah ini pemaknaan teks Al-Qur’an dan Hadits bisa menjadi benar dan akan berakibat terbentuknya perilaku agama yang moderat.


Keywords


Ka’idah; Al-Ibrah bi Khusus sabah; Implikasi; Moderasi Beragama

References


Al-Jaza’iriy, Abi Bakr,Taisir Al-Tafasir liKalam Al-Aliyi Al-Kabir, 2005, Al-Maktabah Al-Ashriyah, Bairut.

Al-Rasyid,Hamzah Harun, Melacak Akar Isu Kontekstualisasi Hadits, dalam Tradisi Nabi @ Sahabat, 2018, Lembaga Ladang Kata Yogyakarta.

Ash-Shabuni, Muhammad Ali, Shafwah Al-Tafassir, Dar Al-Kutub Al-Islamiyah, Jakarta Indonesia.

As-Sa’idiy, Abdurrahman Ibn Nashir, Taisir Al-Karim fi Tafsir Al-Karim Al-Mannan,2003, Dar Ibn Hazm, Bairut Lubnan.

Az-Zuhaili, Wahbah, Al-Tafsir Al-Munir Fi Al-Aqidah wa Al-Syari’ah wa Al-Manhah, Tarjamah Abd Al-Hayyi Al-Kattani dkk, Gema Insani,Jakarta.

Chirzin, Muhammad, Fenomena Al-Qur’an, 2018, Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

http://dosenpintar.com>pengertian

http://resipository.radenintan.ac.ad>B

http.kkkbb.id/ka’dah

Isma’il,Syuhudi,Hadits Nabi yang Tekstual dan Kontekstual, Tela’ah Ma’anil Hadits tentang Ajaran Islam yang Universal, Temporer dan Lokalitas, 1994, Bulan Bintang, Jakarta Indonesia

Muhammad, Ahmad, Al-Muqriy, Al-Fayumiy, Al-Mishbah Al-Munir fi Ghara’ib Al-Syarh Al-Kabir, Al-Rafi’iyi, 1994, Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah, Bairut Lubnan.

Rusmana, Dadan, Tafsir ayat-ayat social budaya, 2014, Pustaka Setia, Bandung.

Wehr, Hans, A Dictionary of Modern Written Arabic, 1974, Librarie Du Liban Bairut,Macdonald @ Evans LTD Lonon.

Yunus,Mahmud, Kamus Arab Indonesia, 1990, PT.Hidakarya Agung,Jakarta

Zumrodi, Respon Hadits Terhadap Budaya Masyarakat Arab, Jurnal Studi Hadits Volume 3 Nomor 1 Tahun 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v16i1.14584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.