Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al Qur’an di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus

Ahmad Fatah, Muchammad Hidayatullah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Rachman Kajan Krandon Kudus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, Implementasi metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Darur Rachman sesuai dengan Visi dan Misi Pondok Pesantren yaitu, Terciptanya santri yang sholeh dan alim dalam masalah diniyyah serta intelek dan adaptif terhadap perkembangan zaman serta dengan misi Menempa santri dalam hal penguasaan diniyyah. Kedua, faktor pendukung keberhasilan implementasi metode Yanbu`a adanya dukungan dari pihak pondok pesantren dalam menerapkan metode Yanbu’a; faktor Keinginan serta motivasi santri untuk bisa dan menguasai bacaan Al-Qur’an secara baik dan benar; lingkungan yang menunjang terlaksananya penerapan metode Yanbu’a di pondok pesantren Darul Rachman. Faktor penghambatnya yaitu pihak pesantren ketika menerima santri baru tidak ada seleksi atau tes baca Al-Qur’an untuk menjadi tolak ukur apakah santri baru itu layak masuk atau bisa diterima atau tidak; kurangnya kegiatan tadarus rutin yang bertujuan sebagai sarana santri dalam mendalami dan memperlancar bacaan Al-Qur’an; faktor dari pribadi santri yang belajar Al-Qur’an tanpa diawasi oleh ustad atau guru yang kompeten; dan santri kurang memiliki kesadaran  bahwa untuk bisa membaca Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi seorang muslim.

 

Abstract

This study aims to determine the implementation of the Yanbu'a method in increasing fluency in reading the Qur'an at the Darul Rachman Kajan Krandon Kudus Islamic boarding school. This research was conducted using a qualitative approach. Data collection techniques using the method of observation, interviews and documentation. The results of this study are: first, the implementation of the Yanbu'a method at Darur Rachman Islamic Boarding School in accordance with the Vision and Mission of the Islamic Boarding School, namely, the creation of sholeh and pious santri in the problem of diniyyah and intellect and adaptive to the times and with the mission of forging students in terms of Diniyyah mastery. Second, the supporting factors for the successful implementation of the Yanbu`a method are the support from the boarding schools in implementing the Yanbu'a method; the desire and motivation factor of the students to be able to and master the recitation of the Al-Qur'an properly and correctly; an environment that supports the implementation of the Yanbu'a method in Darul Rachman Islamic boarding school. The inhibiting factor is that when the pesantren accepts new students, there is no selection or reading test of the Al-Qur'an to become a benchmark for whether new students are eligible to enter or can be accepted or not; the lack of routine tadarus activities which aim as a means for students to deepen and expedite the reading of the Al-Qur'an; the personal factor of the santri who learns the Qur'an without being supervised by a cleric or a competent teacher; and students lack the awareness that being able to read the Al-Qur'an is an obligation for a Muslim.


Keywords


Metode Yanbu’a, Membaca Alquran, Kefasihan

References


Daftar Pustaka

Achmad Luthfi. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadistb. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2012.

Ali Al-Jarim dan Musthafa Amin, Al-Balaghatul Waadhihah. Terj. Cet. IX Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.

Abd al-Hafidz Hasan. Ilmu Al-Ma‟ani: Diraasah Nadzariyyah Tadzbiiqyiyah. Mesir: Maktabah al-Adab, 2010

Acep Lim Abdurohim. Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro, 2007.

Abdurrachman Mas’ud, dkk.. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Dr. Yusuf al-Qardhawi. Berinteraksi dengan Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani, 1999.

Eva Mila Fidiyanti, Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa dengan Menggunakan Metode Yanbu’a di SMK N 3 Semarang. Semarang: Skripsi UIN Walisongo, 2019.

Gustin Rif’aturrofiqoh. Pengaruh Penggunaan Metode Yanbu’a Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Skripsi: Universitas Islam Raden Intan Lampung, 2018.

Henri Guntur Taringan. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 1985.

Ismail. Strategi Pembelajaran agama Islam Berbaris PAIKEM: Pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, efektifdan Menyenangkan. Semarang: Rasail Media Group, 2008.

Kementrian Agama RI. Al-Qur’an & Tafsirnya. Jakarta: Widya Cahaya, 2011.

Mahmud Yunus. Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penerjemah Al-Qur’an, 1973.

Mardjoko Idris. Ilmu Balaghah Antara al-Bayan dan al-Badi’ Cet. 1 Yogyakarta: Teras, 2007.

Mubasyaroh. Memorisasi dalam Bingkai Tradisi Islam. Yogyakarta: Idea Press, 2009.

__________. Materi Dan Pembelajaran Aqidah Ahklak. Kudus: STAIN Kudus, 2008.

Mulyono Abdurrahman. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Muslikah Suriah. Metode Yanbu’a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah 3, no. 2, 2018.

M. Ulin Nuha Arwani. Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur’an Yanbu’a. Kudus: Buya Barokah, 2004.

___________________, Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur’an Yanbu’a. Yayasan Arwaniyyah Kudus: Buya Barokah, 2006.

___________________, Kitab Tajwid. Kudus: Mubarokatan Toyyibah, 2019.

M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1996.

Nurcholis Madjid. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.

Suherman. Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Jurnal Ansiru PAI Vol 1, No. 2 2017.

Siti Wina Munawaroh, Efektifitas Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.

Zainuddin Ali. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v15i1.10749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.