Efektivitas Model Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem posing tipe pre-solution posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 256 siswa kelas VII salah satu SMP di Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terbagi dalam 8 kelas. Melalui teknik cluster random sampling, terpilih siswa kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIH sebagai kelas kontrol. Teknik Pengambilan data kemampuan pemecahan masalah matematik melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test pada N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem posing tipe pre-solution posing lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional.
This study aims to determine the effectiveness of the problem-posing type pre-solution posing model against students' mathematical problem-solving abilities. This type of research is an experimental study with a pre-test post-test control group design. The population in this study was 256 students grade VII one of Junior High School in Salatiga in the academic year 2018/2019 divided into 8 classes. Through the cluster random sampling technique, the VIIE class students were selected as the experimental class and the VIIH class students as the control class. The technique of collecting data on mathematical problem-solving ability through pre-test and post-test. The data analysis technique used the independent sample t-test on the N-Gain score. The results showed that the application of the problem-posing type pre-solution posing more effective against students' mathematical problem-solving abilities compared to students who received conventional learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astriyani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(1), 23-30. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.23-30
Elwan, R. (1999). The development of Mathematical Problem Posing Skills for Prospective Middle School Teachers. Proceedings of the International conference on Mathematical Education into 21st Century, (II) (hal. 1–8). Cairo.
Gronmo, L. S., Lindquist, M., Arora, A., & Mullis, I. V. S. (2015). TIMMS 2015 Mathematics Frameworks. TIMSS 2015 International Results in Mathematics, 11–27.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi (hal. 562–569). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, H. M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.2298/vsp1504368m
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Lowrie, T. (2002). Young Children Posing Problems " The Influence of Teacher Intervention on the Type of Problems Children Pose. Mathematics Education Research Journal, 14(2), 87–98.
Mahmudi, A. (2008). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Bandung: Universitas Negeri Padjajaran.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMMS 2015 International Results in Mathematics. https://doi.org/10.4135/9781506326139.n704
Noer, S. H. (2017). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.
Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs.
Polya, G. (2014). How to Solve It. USA: Princeton University Press.
Ridasari, G., Effie, E. M., & Syafdi, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 09 Kota Bengkulu (Skripsi, Universitas Bengkulu).
Sa’diyah, S. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem PosingTipe Pre Solution PosingTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII MTs ( Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung).
Silver, E. A. (1994). On Mathematical Problem Posing. for the Learning of Mathematics, 14(1), 19-28.
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Rosda Karya.
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Theorems (the Original Research of Mathematic), 2(1), 86–93.
Suyitno, A. (2004). Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: UNNES.
Wardhani, S. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMMS. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]