Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Lingkungan

Kholidia Efining Mutiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika berbasis pendidikan lingkungan, di kelas 2 sekolah dasar. Tujuan untuk memasukkan matematika pada basis lingkungan adalah langkah yang moderat agar anak lebih menghayati manfaat dan aplikasi yang sesungguhnya di dunia nyata, bukan hanya gambaran abstrak di pappan tulis.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan data diperoleh secara triangulasi (wawancara, obervasi dan dokumentasi). Hasil penelitian ini berupa proses pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis lingkungan yang terdiri atas tahap perencanaan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi pembelajaran.

 

This study aims to describe environmental education-based mathematics learning in grade 2 of elementary school. The aim of including mathematics on an environmental basis is a moderate step so that children can better appreciate the real benefits and applications in the real world, not just abstract images on written pages. This research is a descriptive qualitative study with data obtained by triangulation (interviews, observations and documentation). The results of this study are in the form of an environment-based mathematics learning implementation process consisting of the planning stage, the implementation stage, and the learning evaluation stage.


Keywords


Environmental Based; Elementary School Mathematics; Mathematics Learning

Full Text:

PDF

References


Dwiarwati, K. A., & Handyani, N. N. L. (2020). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2(2), 94-100.

Husamah, H. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Research Report.

Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Atmoko, P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 147-157.

Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 176-186.

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pedidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung.

Soimin, A. (2013). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media :Yogyakarta

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Tenaga Kependidikan. Kencana : Jakarta. 2011.

Ulya, H., & Ardianti, S. D. (2020). Pembuatan Laboratorium Media Berbasis Lingkungan dan Keunggulan Lokal Kudus. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 365-372.

Yuliarto, H. (2010). Pendidikan Luar Kelas sebagai Pilar Pembentukan Karakter Siswa. Yogyakarta: FIK UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186