Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Lidi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Materi Menggambar Vektor

Wahyuning Widiyastuti, Faried Hermawan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan menguji keefektifan penggunaan alat peraga lidi dan motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kudus yang berjumlah 72 orang dan terbagi dalam dua kelompok penelitian. Kedua kelompok mengalami perlakuan yang sama secara bergantian. Metode penelitian yang digunakan adalah counter balance. Data hasil belajar diperoleh melalui pre-test dan post-test. Dan data motivasi diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan alat peraga lidi mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan alat peraga lidi. Selain itu, hasil belajar yang lebih baik ditunjukkan oleh kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Serta tidak ada interaksi antara penggunaan alat peraga lidi dan tanpa penggunaan alat peraga lidi dengan motivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Dapat disimpulkan penggunaan alat peraga lidi terbukti efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi menggambar vektor dimensi tiga.

 

This research is an experimental study that aims to test the effectiveness of using stick props and students' motivation towards learning mathematics in order to improve mathematics learning outcomes. The research subjects were 72 students of class X MIPA SMA Negeri 2 Kudus and divided into two research groups. The two groups experienced the same treatment in turn. The research method used is a counterbalance. Learning outcome data obtained through the pre-test and post-test. And motivation data obtained through a questionnaire. The results showed that groups of students who were taught using stick teaching aids had higher learning outcomes than those who did not use stick props. In addition, better learning outcomes are shown by groups of students who have high learning motivation. And there is no interaction between the use of stick props and without the use of stick props with student motivation in improving mathematics learning outcomes. It can be concluded that the use of stick props is proven to be effective in improving student mathematics learning outcomes in three-dimensional vector drawing material.


Keywords


Aids Stick; Effectiveness; Learning Motivation; Learning Outcome; Vector

Full Text:

PDF

References


Adiwimarta, S. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pusat Bahasa. PT Gramedia Pustaka Utama.

Annisah, S. (2017). Alat peraga pembelajaran matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 1-15.

Azwar, Z. (1996). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Pustaka Pelajar Offset.

Azwar, Z. (2013). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar Offset.

Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.

Darhim. (1996). Media dan Sumber Belajar Matematika. Depdikbud, UT.

Depdikbud. (1994). GBPP SD. P3G.

Dimyati, M. (2002). Teori-teori Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Elida, P. (1989). Panduan Pengajar Buku Motivasi Dalam Belajar. Proyek Pengembangan LPTK.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Herman, H. (1981). Teori Belajar untuk Pengajaran Matematika. Depdikbud, P3G.

Kristianus Viktor Pantaleon. (2009). Keefektifan Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika dilihat Dari Prestasi Belajar Siswa yang diajarkan Menggunakan Alat Peraga Kongret. UNY.

Nasaruddin, N. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21-30.

Negeri, S. S. (2017). Penerapan Alat Peraga Benda Kongkrit Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Melakukan Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kalisoro Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016”. IJER-Indonesian Journal on Education and Research, 2(4).

Nurmalis, N. (2015). Implementasi Penggunaan Alat Peraga Lidi Perkalian dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 05 Nan Sabaris. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1).

Sri Hartati. (2009). Penggunaan Metafora dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar siswa. Universitas Sebelas Maret.

Sobri, S., & Khaeroni, K. (2017). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 8(2), 185-204.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v3i1.7263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186