Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan power point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA di Samarinda pada tahun akademik 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS pada tahun 2019/2020 tahun akademik yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 86 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 27 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan power point kelas XI SMA Negeri Samarinda pada tahun akademik 2019/2020 terhadap hasil belajar matematika.
This study was conducted to determine the effect of the Think Pair Share (TPS) cooperative learning model using power points on the mathematics learning outcomes of class XI high school students in Samarinda in the 2019/2020 academic year. The population in this study were all students of class XI IPS in the 2019/2020 academic year consisting of 3 classes totaling 86 students, while the sample was 27 students in class XI IPS 1 and class XI IPS 2 with 30 students. Data collection was carried out by interview, observation and documentation. The data analysis technique used in this research is to use the formula for the normality test, homogeneity test and t-test. The results of this study are that there is a significant effect, the Think Pair Share (TPS) type of cooperative learning model uses power point class XI SMA Negeri Samarinda in the 2019/2020 academic year on mathematics learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim. (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Imas, K. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Kukuh. (2018). Penyusunan Tes Hasil Belajar dan Analisis Butir Soal. Samarinda: Universitas Mulawarman.
Lestari, P. Y. P. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII Mts Darussalam Aryojeding Tahun Ajaran 2014/2015. IAIN Tulungagung.
Pramudjono. (2017). Statistika Dasar (Aplikasi untuk Penelitian). FKIP UNMUL.
Rosana, D. (2016). Uji Prasyarat Analisis. Yogyakarta: UNY.
Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v3i1.7149
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]