Pembelajaran Matematika Melalui Konteks Islam Nusantara: Sebuah Kajian Etnomatematika di Indonesia

Rino Richardo

Abstract


Pembinaan karakter kepada siswa dapat dilakukan melalui internalisasi budaya dan agama dalam materi pelajaran. Penelitian ini membahas studi budaya Islam Nusantara dalam pembelajaran matematika dengan topik aljabar dan probabilitas. Penelitian ini menggunakan metode perpustakaan. Data yang diperoleh adalah publikasi artikel penelitian dalam jurnal ilmiah. Artikel yang dianalisis mencakup tiga tahap, yaitu mengatur, mensintesis, dan mengidentifikasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa budaya Islam Nusantara dapat digunakan untuk mengajarkan konsep dalam pembelajaran matematika, dan budaya ini dapat digunakan sebagai bahan dalam memperkuat pendidikan karakter.

 

Character building to students can be done through internalization of culture and religion in the subject matter. This study discusses the study of Islam Nusantara culture in mathematics learning with algebra and probability topics. This research uses library method. The data obtained is a publication of research articles in a scientific journal. The article analyzed includes three stages, namely organize, synthesize, and identify. The results of data analysis show that culture of Islam Nusantara can be used to teach a concept in learning mathematics, and this culture can be used as material in strengthening character education.


Keywords


Culture; Ethnomathematics; Islam Nusantara; Mathematics Education

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. A., & Richardo, R. (2017). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memilih Makanan Sehat Dengan Pembelajaran Literasi Matematika Berbasis Konteks. Jurnal Gantang, 2(2), 89–97.

Al Ahadi, F. A. I. Q. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Suku Samin Dan Hubungannya Dengan Konsep-Konsep Matematika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Universitas Negeri Semarang.

Astuti, H. J. P. (2018). Islam Nusantara: Sebuah Argumentasi Beragama dalam Bingkai Kultural. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 27-52.

Cahdriyana, R. A., Richardo, R., Fahmi, S., & Setyawan, F. (2019). Pseudo-thinking process in solving logic problem. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012090.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 114–119.

Hasanah, M., & Rivaie, W. (2015). Akhlak Berinteraksi Santriwati Di Pondok Pesantren Darul Ulum Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(6), 1–15.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.

Kosim, M. K. (2012). Kyai dan blater (elite lokal dalam masyarakat Madura). KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 12(2), 149–160.

Luthfi, K. M. (2016). Islam Nusantara: Relasi Islam dan Budaya Lokal. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 1(1), 1–12.

Marsigit. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Etnomatematika, Matematika dalam Perspektif Sosial dan Budaya, 1–38.

Misdalina, Zulkardi, & Purwoko. (2009). Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia(PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74.

Nadlir, M. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299–330.

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(2).

Penyusun, T. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud.

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118–125.

Richardo, R., & Martyanti, A. (2019). Developing ethnomathematical tasks in the context of yogyakarta to measure critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012063.

Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Analisis Validitas Dan Praktiklitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Dalam Konteks Yogyakarta. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 77–83.

Sari, F. (2015). Pengaruh Metode Think Pair and Share dalam Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN Udanawu Blitar 2015. IAIN Tulungagung.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79–85.

Warisno, A. (2017). Tradisi Tahlilan Upaya Menyambung Silaturahmi. Ri’ayah: Journal of Social and Religious, 2(2), 69–97.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186