Pengembangan UKBM Digital pada Materi Pertidaksamaan Eksponen

Faried Hermawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun UKBM Digital pada materi Pertidaksamaan Eksponen di SMAN 2 Kudus dan menguji apakah aplikasi tersebut dapat memudahkan Guru dan Siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model dari Dick & Carey. Penelitian ini dilakukan pada 3 Guru Matematika kelas X MIPA dan siswa kelas X MIPA 1 dan 2 sebanyak 72 orang di SMA Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2018/2019 selama 2 bulan mulai dari tahap persiapan hingga penulisan laporan. Hasil penelitian 85,00% responden menyatakan sangat setuju bahwa penerapan UKBM digital dalam pembelajaran dapat dikatakan mudah dilakukan dan akan membantu guru dan siswa dalam pembelajaran.

 

The purpose of this research is to design and build Digital UKBM on the material Inequality of Exponents in SMAN 2 Kudus and examine whether the application can facilitate the Teachers and Students in the learning process. This study uses a type of research development (Research and Development) with a model from Dick & Carey. This research was conducted on 3 Mathematics Teacher class X MIPA and students of Class X MIPA 1 and 2 as many as 72 people in SMA Negeri 2 Kudus 2018/2019 Academic Year for 2 months starting from the preparation stage until writing the report. The results of the study, 85.00% of respondents stated strongly agree that the application of digital UKBM in learning can be said to be easy to do and will help teachers and students in learning.


Keywords


Digital UKBM; Exponential Inequality; Learning

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Kit Prosedur dan Teknis Pengembangan Unit Belajar (UKB). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, d. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Willy Ediyanto, S. (2018). Belajar di Era Digital. Surabaya: Pustaka Media Guru.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186