Mathcpolly (Matemathic Culture Monopolly): Media Pembelajaran Etnomatematika yang Terintegrasi Sosialisasi Sikap Pro Environment Berbasis Augmented Reality
Abstract
Revolusi Industri di dunia telah mengalami perubahan yang cukup signifikan memasuki era dunia maya atau komputer sehingga disebut sebagai industri 4.0 yang perkembangannya telah meluas ke berbagai bidang mulai dari bidang ekonomi, sosial hingga pendidikan. Selain itu, masyarakat pada era ini cenderung serba cepat baik dalam mengakses informasi maupun hal-hal lainnya. Begitu banyaknya inovasi media pendidikan dari 4.0 untuk mengoptimalkan pembelajaran di era industri 4.0, oleh karena itu kami membuat Mathcpolly (Matemathic Culture Monopolly) merupakan media permainan monopoli kumpulan gambar dan pesan singkat Berisi konten yang berkaitan dengan etnomatematika (matematika pada Kebudayaan) berbasis di augmented. Media tersebut digunakan untuk kegiatan bermain sambil mempelajari etnomatematika melalui RME. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan Mathcpolly sebagai media pembelajaran etnomatematika yang sederhana, menginformasikan tentang potensi penerapan media Mathcpolly. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana data diperoleh melalui wawancara terbuka, studi lapangan, dan studi pustaka. Mathcpolly Media merupakan salah satu solusi tepat sebagai media sosialisasi pembelajaran yang pro lingkungan dan etnomatematika sederhana.
The Industrial revolution in the world has undergone significant changes into the cyber or computer era so it is referred to as the 4.0 industry in which its development has expanded into various fields ranging from economic, social to educational. In addition, people in this era tend to be fast paced both in accessing information and other things. So many educational media innovations from 4.0 to optimize the learning in the 4.0 industrial era, therefore we make Mathcpolly (Mathemathics Culture Monopolly) is a game media monopoly of a collection of images and short messages Contain content related to ethnomatematics (mathematics on Culture) based on augmented. The Media is used for playing activities while studying ethnomatematics through RME. The research aims to introduce Mathcpolly as a simple media learning ethnomatematics, informing about the potential implementation of the Mathcpolly media. The research methods used are qualitative descriptive where data is obtained through open interviews, field studies, and literature studies. Mathcpolly Media is one of the right solutions as a socialization media of pro-environment as well as simple ethnomatematics learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbitt, Jason T. 2011. “An Investigasion of the Relationship between Self-Efficacy Beliefs about Technology Integration and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) among Preservice Teachers”. Journal of Digital Learning in Teachers Education. 27:4.
Midori Aoyagi-Usui, 2003, Pro-environmental Attitudes and Behaviors: An International Comparison, Japan : Social and Environmental Systems Division National Institute Environmental Studies, Vol. 10, No. 1
Agoes Soegianto, 2010, Ilmu LingkunganSarana Menuju Masyarakat Berkelanjutan, Surabaya: Airlangga UniversityPress
Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta, PT Rineka Cipta
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, 2002, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers
Azhar Arsyad, 2005, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Azhar Arsyad, 2007, Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Azhar Arsyad, 2010, Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Ibnu katsir, 2012, Tafsir Ibnu Katsir,Lebanon : Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah-beirut
Imam Supardi, 2003, Lingkungan Hidup dan Kelestariannya, Bandung , Alumni
Jacko, Julie A. (2003). Handbook of Research on Ubiquitous Computing Technology for Real Time Enterprises. CRC Press.
Kountur Ronny, 2007.Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta, PPM.
M.Nazir, 2010, metode penelitian ,Jakarta: Ghalia Indonesia
Otto Soemarwono, 1994, Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan, Bandung: Djambatan
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Marsigit, Rahayu Condromukti, Dafid Slamet Setiana, Sylviyani Hardiarti, 2015, Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika, Universitas Negeri Yogyakarta
Wawancara dengan narasumber pada tanggal 10 April 2019
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6359
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]