Kemampuan Komunikasi Tertulis Peserta Didik pada Materi Lingkaran

Kristina Kula, Tatik Retno Murniasih, Tri Candra Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika tertulis dalam menyelesaikan masalah cerita pada materi lingkaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas VIIA SMP PGRI 6 Malang yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes dan wawancara mengacu pada kriteria keterampilan komunikasi matematis dengan menggunakan 6 tingkat keterampilan komunikasi tertulis dalam menyelesaikan masalah cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan komunikasi tertulis siswa kelas VIII A materi circle berada pada kategori rendah, hal ini terlihat dari persentase masing-masing level yang ada untuk level 0 dan level 1. Dalam kategori sedang. ada untuk level 2 dan untuk level 3. Di kategori tinggi ada untuk level 4 dan untuk level 5. Kemudian diambil tiga persentase terbesar dari setiap kategori, antara lain untuk kategori rendah di level 0, kategori sedang di level 2 dan kategori tinggi di level 4.

 

This study aims to describe the ability of written mathematical communication in solving story problems on circle material. The approach used in this study is a qualitative approach to the type of descriptive research. The study was conducted in class VIIA SMP PGRI 6 Malang, with a total of 28 students. Data collection techniques used were tests and interviews. Data analysis was performed based on test results and interviews referring to the criteria of mathematical communication skills using 6 levels of written communication skills in solving story problems. The results showed that the level of written communication skills of students in class VIII A on the material circle was in the low category, this is evident from the percentage of each level that is there for level 0 and for level 1. In the medium category there is for level 2 and for level 3. In the high category there are for level 4 and for level 5. Then the three biggest percentages of each category are taken, among others for the low category at level 0, the medium category at level 2 and the high category at level 4.


Keywords


Circle; Mathematical Communication; Mathematics Education

Full Text:

PDF

References


A.D. Pertiwi., Masrukan., B.E. Susilo. 2014. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model 4k Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa Kelas VII. Jurnal Kreano, 5(2).

Ardani, Heni Nur. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Metode Student Facilitator and Explaining (SFE). EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 12(3).

Ardiyanti. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(4).

Dianti, W., Zubaidah, Z., Hamdani, H. 2014. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 7 Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(7).

Husna, M. 2013. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2).

Kurnia, R. 2015. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Rogojampi. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Lamonta, Priltus A., Tandiayuk, Marinus B., Puluhulawa, I. 2016. Analisis Kemampua Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu dalam Memahami Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4).

Marlina. 2013. Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegipanjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1).

Minarni, A. 2010. Peran Penalaran Matematik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 27.

Nuroniah. 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah dengan Taksonomi Solo. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2).

Pane, Nursyahbany S. P. S., Jaya, Indra., Lubis, M. S. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data di Kelas VII MTS Islamiyah Medan T.P 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).

Purwandiyah. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Peserta Didik SMP PGRI Singosari. Skripsi. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Online, (http://etheses.uin-malang.ac.id/918/7/10210071%20Bab%203.pdf) diakses Juni 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v2i1.6346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186