Pengembangan media pembelajaran Interaktif geokolase berbasis information and communication technologies (ICT)

Mohamad Hariyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menunjukan tahapan pengembangan media pembelajaran interaktif Geokolase berbasis ICT pada mata pelajaran Matematika, 2) menunjukan keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran interaktif Geokolase berbasis ICT yang dikembangkan. Penelitian mengacu model pengembangan Plomp : (1) Investigasi Awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi. Uji coba media pembelajaran dilakukan di SDN 8 Tulakan Donorejo sebagai kelas uji coba. Data diambil dari lembar validasi untuk mengukur kualitas media, lembar pengamatan, angket, tes, dan diolah dengan uji ketuntasan, dan uji banding. Hasil penelitian menunjukkan : (1) skor hasil validasi media Geokolase berbasis ICT 4,16 dengan interval 1-5 menunjukkan kriteria valid, (2) media pembelajaran yang dikembangkan adalah praktis, hal ini terlihat pada respon postif siswa dan kemampuan guru menggunakan media pembelajaran. (3) keefektifan pelaksanaan pembelajaran rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 76,00 lebih besar daripada rata-rata pemahaman konsep kelas kontrol 68,05.

Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; Geokolase Berbasis ICT;Matematika SD)

Full Text:

PDF

References


DaftarPustaka

Hariyono, M. (2018).Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Multimedia Client Server (MCS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keyakinan Matematika. Jurnal Pendas, 2(1), 23-33.

Husnaeni.(2006). Penerapan Model Pembelajaran Van Hiele Dalam Membantu Siswa Kelas IV SD Membangun Konsep Segitiga. Universitas Terbuka: Jurnal Pendidikan, Volume 7, Nomor 2, September 2006, 67 – 78.

Ibda, F. (2015).Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1). Karimatulumah, R., Nur Amalia, S. S., & Teach, M. (2018). Kolase Sebagai Integrator Muatan Pelajaran Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SD Negeri Plosorejo 1 Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pakpahan, R. (2016). Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 19-35

Rahimah, N. (2017). Keterampilan Dasar Geometri Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Berdasarkan Kemampuan Matematika di Mi Al Istiqomah Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 55-63.

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72

Salam, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Van Hiele Terhadap Kemampuan penalaran Geometris Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(3), 107-118.

Stephen, M., W. Franklin, A. Elizabeth, K.Juma, & O. Patrick. 2011. Teaching Computer Programming in the 21stCentury. International Journal ofScience and Technology (IJST), 1(6):247-252

Toharoh, L., & Khasanah, I. (2017). Pengaruh Kolase Daun Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Pada Kelompok A Di TK Aba Aisyiyah 51 Semarang Barat 2016/2017. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186