Model Integrasi Matematika dengan Nilai-nilai Islam dan Kearifan Lokal Budaya dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir dan Rosimanidar, 2017, Model Integrasi Matematika dan Al Quran serta Praktik Pembelajarannya, Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al Quran, HMJ Pendidikan Matematika Bukittinggi, 26 April 2017.
Abdussakir,2018,Integrating Mathematics and Religious Teachings and Values in Elementary and Secondary School, Keynote Speaker Full Paper dalam International Conference on Mathematics and Islam.
Arwanto,2017,Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis, journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/ViewFile/1493/1106
Batubara, H.H.,2016, Metode dan Model Integrasi Sains dan Islam di Perguruan Tinggi Islam,http://www.reserchgate.net/publication/324744404_Metode_dan_Model_Integrasi_Sains_dan_Islam_di_Perguruan_Tinggi_Islam
Bayu,D.,2012, Statistika dalam Agama Islam, https://otakngepas.blogspot.com/2012/04/pendahuluan-1.html
Fitriatien, S.R.,2016, Pembelajaran Berbasis Etnomatematika, Conference Paper, December 2016.
Ikhwanudin, T.,2018, Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Membangun Karakter Bangsa, UNION:Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6, No 1, Maret 2018.
Indriaini, P.,2016,Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar,Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Raden Intan Lampung.
Lukluah, U.,2016,Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam dan Kearifan Lokal Kelas IV MIN Bancong dan MIS Al Fatah Dimong Kabupaten Madiun, PGMI Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Maarif, S.,2015,Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika,Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 4, No.2, September 2015.
Misnasanti, Cendekia Ad Dien, dan Amelia Dwi Astuti, 2016, Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika di Era Post-Modern, Prosising Seminar Nasional Matematika Ahmad Dahlan, ISBN 978-979-3812-46-5.
Mohamed, M.2001, Matematikawan Muslim Terkemuka,Jakarta:Salemba Teknika
Nasuha, 2010, Sejarah, Seni, dan Budaya Banyumas, Makalah, http://smithnasuha.blogspot.com/2010/10/sejarah-seni-dan-budaya-banyumas.html
Nihayati,2017, Integrasi Nilai-nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian terhadap Ayat-ayat Al Quran), Jurnal Edumath, Volume 3 No. 1, Januari 2017 Hlm. 65-77.
Putri, L.I.,2017,Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI,Jurnal Ilmiah PENDIDIKAN DASAR, Vol. IV, No.1, Januari 2017.
Rianto, M.,2006, Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran, Departemen Pendidikan Nasional, Dirjend Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.
Rusman, Materi-8 Pendekatan dan Model Pembelajaran,file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR.../PDF/Model_Pengembangan_Pembelajaran.pdf
Suwarsono,2015, Etnomatematika (Ethnomathematics), Handout Program S2 Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma.
Tim Penyusun,2006, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI; Pendidikan, Dirjend Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Umbara, U., 2015, Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Budaya Masyarakat dalam Pembelajaran Matematika Realistik, Proceedings of ACER-N Meeting and Seminar Fakultas Pascasarjana Universitas Pasundan, Volume 1, Tahun 2015, ISSN 2407-8867.
Widyastini,2004, Nilai-nilai Islam dalam Kebudayaan Indonesia (Kajian Filsafat Nilai), Jurnal Filsafat, Jilid 37, Nomer 2, Fakultas Filsafat UGM.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]