Newman's Error Analysis: The Errors of 4th Grade Students in Solving TIMSS Problems

Mela Aziza, Enisri Eratika

Abstract


Indonesian students who have low ability in mathematics require a lot of testing of international standard questions to practice their problem-solving and reasoning skills. Error analysis is needed to analyze the causes of student errors and how determine preventive solutions in the future. This study aims to determine the errors of fourth-grade students at SD Negeri 36 Lubuk Sirih Ilir Village in solving TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) problems. A qualitative approach was used to collect qualitative descriptive data on students’ errors. The ability of each student is categorized based on the TIMSS benchmark, and the errors made are analyzed by Newman’s Error Analysis (NEA). The analysis activity steps for this study are collecting data, reducing, presenting, and drawing conclusions. Ten TIMSS problems that have been selected based on the content domains were tested on students, and the results showed that the abilities of eight students were in a low category, while one person with medium ability and one with very high ability. When students answered the TIMSS problems, they made the most errors in the numbers, measurement, and geometry domains.  All students gave incorrect answers to number 6, one of the measurement and geometry problems, meanwhile, in number 3, a problem of numbers domain, one participant answered correctly. According to the NEA, errors in understanding problems and process skills were the most common errors. The types of mistakes made by students can be an evaluation for teachers in determining strategies when asking questions in mathematics class.

 

Kemampuan siswa Indonesia di bidang matematika yang rendah membutuhkan banyak pengujian soal standar internasional untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dan penalaran mereka. Analisis kesalahan dibutuhkan untuk menganalisis penyebab kesalahan siswa dan bagaimana menentukan solusi pencegahan ke depannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan peserta didik kelas IV SD Negeri 36 Desa Lubuk Sirih Ilir dalam memecahkan soal TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study). Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif deskriptif tentang kesalahan peserta didik. Kemampuan setiap peserta didik dikategorikan berdasarkan tolak ukur TIMSS dan kesalahan yang dilakukan dianalisis dengan Newman’s Error Analysis (NEA). Langkah-langkah analisis yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Sepuluh soal TIMSS yang sudah diseleksi berdasarkan domain materi diujikan kepada peserta didik dan hasilnya menunjukan bahwa kemampuan delapan peserta didik berada pada kategori rendah sedangkan satu orang berkemampuan sedang dan satu lainnya memiliki kemampuan sangat tinggi. Ketika menjawab soal TIMSS, peserta didik melakukan kesalahan paling banyak pada domain materi bilangan serta pengukuran dan geometri. Pada salah satu soal pengukuran dan geometri yaitu nomor 6, semua peserta didik memberikan jawaban yang salah. Sedangkan pada soal materi Bilangan nomor 3, hanya satu peserta yang tidak melakukan kesalahan dalam menjawab. Berdasarkan NEA, kesalahan dalam memahami soal dan keterampilan proses adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa bisa menjadi evaluasi bagi guru dalam menentukan strategi dalam aktivitas bertanya di kelas matematika.


Keywords


Error Analysis; Mathematics; Newman’s Error Analysis; TIMSS

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. A., Hayati, L., Kurniawan, E., & Hikmah, N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 700-707. Retrieved from https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/209.

Alhassora, N. S. A., Abu, M. S., & Abdullah, A. H. (2017). Newman Error Analysis on Evaluating and Creating Thinking Skills. Man In India, 19(97), 413-427.

Alimuddin, A., Ilham, I., & Jubaedah, J. (2020). Deskripsi Jenis Kesalahan dalam Menyelesaikan TIMSS-Based Test Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa SMP. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(1), 18-29. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/15288/8948.

Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 522-532. Retrieved from https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/506/276.

Asiasi, M. F., Masyhud, M. S., & Alfarisi, R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Topik Jarak dan Kecepatan di Kelas V SDN Jember Lor 03. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(1), 133-150. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/25763.

Clements, M. A. (1980). Analyzing Children's Errors on Written Mathematical Tasks. Educational Studies in Mathematics, 11(1), 1-21. doi: 10.1007/BF00369157.

Darmawan, S. M., & Ramlah, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Berdasarkan Tahapan Polya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2). Retrieved from https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/737.

Eridani, A. K. P., & Wijayanti, P. (2019). Profil Penalaran Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 8(3), 543-549. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230667951.pdf.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40-51. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229.

Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Kemampuan Guru dalam Merancang Soal/Permasalahan Matematika Ditinjau dari Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 73-78. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/300026107.pdf.

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53-64. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/234023759.pdf.

Fox, J. (2006). A Justification for Mathematical Modelling Experiences in the Preparatory Classroom. Identities Cultures and Learning Spaces, 221-228. Retrieved from https://eprints.qut.edu.au/4920/1/4920.pdf.

Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096.

Harahap, D. O., & Zahari, C. L. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman’s Error Analysis dalam Menyelesaikan Soal Cerita dan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Contextual Teaching Learning di SMA Negeri 1 Portibi. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 562-575. Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/viewFile/826/768.

Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430-2439. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1243.

Hidayat, M. I., Supratman, S., & Lestari, P. (2022). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dan Self-Efficacy Siswa Pesantren dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2099-2109. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1451.

Istiqomah, I., & Zakiyah, N. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas IV SD. 1-11. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/92529387.pdf.

Isyam, Y. A. N., Susanto, S., & Oktavianingtyas, E. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Konten Aljabar Ditinjau dari Tingkat Kecemasan Matematika. Kadikma, 10(1), 74-84. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/11727.

Jelita, L., & Zulkarnaen, R. (2020). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal TIMSS. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 803-807. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2884.

Junitasari, J., Roza, Y., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Core untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 744-758. Retrieved from https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/415/296.

Khoiruddin, R. & Murtiyasa, B. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model TIMSS Pokok Bahasan Aljabar pada Siswa Kelas VIII SMP IT Nur Hidayah Surakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/lenterasriwijaya/article/view/9707.

Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49-56.

Mahmudi, A. (2006). Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006.

Manullang, M. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(2), 208–214. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7532/3445.

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). doi:10.17509/eh.v3i2.2807.

Nursahada, J., & Munandar, H. D. R. (2022). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Siswa SMPN 2 Telukjambe Timur dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Materi Aljabar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(1), 45-58. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1681.

Nuryadin, A., & Lidinillah, D. A. M. (2014). Analysis of Fifth Grade Students’ Performance in Solving Mathematical Word Problem Using Newman’s Procedure. Prosiding ICE, 139-146.

Prasetyo, D. A. B., & Rudhito, M. A. (2016). Analisis Kemampuan dan Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Model TIMSS. Prosiding SNIP, 275-283.

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111-117. Retrieved from https://jurnal.unai.edu/index.php/jpd/article/view/2367/1746.

Pribadi, A., Somakim, S., & Yusup, M. (2015). Pengembangan Soal Penalaran Model TIMSS pada Materi Geometri dan Pengukuran SMP. Histogram, 1(2), 122-128. Retrieved from https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/30.

Rahmawati, A. D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS-like Domain Data dan Peluang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 495-503. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/37147/33037.

Rofi'ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/7379.

Rosita, I., & Abadi, A. P. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2452.

Rushton, S. J. (2018). Teaching and Learning Mathematics Through Error Analysis. Fields Mathematics Education Journal, 3(1), 1-12. doi: 10.1186/s40928-018-0009-y.

Sanidah, S., & Sumartini, T. S. (2022). Kesulitan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV dengan Menggunakan Langkah Polya di Desa Cihikeu. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 15-26. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/powermathedu/article/view/02_pmev1n1.

Santoso, Y. O., Yunita, A., & Muslim, A. P. (2022). Analysis of Error Solution of Mathematics Stories Based on Watson Criteria. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 13(2), 205-213. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/48039.

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16-23. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/jvar/article/view/1028.

Sari, A. R. & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik untuk Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135-1142. Retrieved from https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/2187.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Siskawati, E. (2021). Analysis of Students’ Error in Solving Math Problem-Solving Problem Based on Newman Error Analysis (NEA). Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 1-4. doi:10.1088/1742-6596/1918/4/042108.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. Matematika, 19(2), 123-130.

Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 295-301.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41-45. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/3447.

Susanti, E. & Setianingsih, R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Model TIMMS. Mathedunesa, 8(2), 302-310. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/28320/25907.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. doi: 10.24176/jkg.v2i1.561.

Wardhani, A. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Materi Geometri. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 94-103. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/2017.

Widayanti, E., & Kolbi, I. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal TIMMS untuk Kategori Penalaran. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 76-85. doi: 10.15642/jrpm.2018.3.1.76-85.

Witri, G., Putra, Z. H., & Gustina, N. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika Model the Trends for International Mathematics and Science Study (TIMSS) di Pekanbaru. Primary, 3(1), 32-39. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/258215/analisis-kemampuan-siswa-sekolah-dasar-dalam-menyelesaikan-soal-soal-matematika.

Yunus, J., Zaura, B., & Yuhasriati, Y. (2019). Analysis of Students Error According to Newman in Solving Mathematics Problems of Algebra in The Form of Story in Second Grade of SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 2(2), 308-313. Retrieved from https://www.journal.geutheeinstitute.com/index.php/JG/article/view/63.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/8340/3268ac9487cc2ab1fe05d6c1c3a64410cdee.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpmk.v5i2.16618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186