The Development of Digital Comics Learning Media Based Ethnomathematics of Kretek Dance Integrated with Islamic Values
Abstract
The Indonesian education system has come in the era of the industrial revolution 4.0, so the development of learning media should be carried out according to technological developments with upholding Indonesian cultural values and religious character to achieve the noble goals of education. Media development is carried out to overcome students' difficulties in learning mathematics, one of which is the angle material that requires visualization. One of the visual media is digital comics. This study aims to determine the development process and the feasibility of developing digital comic learning media based on the ethnomathematics of kretek dance that integrates Islamic values. This study used a Research and Development (R&D) type with a Four-D (4D) model that used a limited-scale trial. The model consists of four stages: define, design, develop, and disseminate. The results of this study were obtained by expert validation sheets and student response questionnaires as users. The research results from the three experts showed that the criteria were very feasible, with an average of 88.89% for material experts, 82.78% for media experts, and 95% for Islamic value integration experts. A limited-scale product trial conducted on 10 grade VII students of MTs NU Hasyim Asy'ari 03 Kudus obtained a percentage average of 98% with the criteria very feasible. Thus, the digital comic learning media developed in this study was very feasible to be used in mathematics learning. This research can encourage teachers to explore more about learning media that will be used to help transfer academic knowledge to students.
Sistem pendidikan Indonesia telah memasuki era revolusi industri 4.0 sehingga pengembangan media pembelajaran hendaknya dilakukan sesuai perkembangan teknologi dengan tetap menjunjung tinggi nilai budaya Indonesia dan karakter religious sebagai usaha untuk mencapai tujuan luhur pendidikan. Pengembangan media dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika, salah satunya yakni pada materi sudut yang memerlukan visualisasi. Salah satu media visual yang dapat digunakan yakni komik digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan hasil pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis etnomatematika tari kretek yang terintegrasi nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D) yang menggunakan uji coba skala terbatas. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini diperoleh dari lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik sebagai pengguna. Adapun hasil penelitian dari ketiga ahli menunjukkan kriteria sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 88,89% dari ahli materi, sebesar 82,78% dari ahli media, dan sebesar 95% dari ahli integrasi nilai keislaman. Dari uji coba produk skala terbatas yang dilakukan kepada 10 siswa kelas VII MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus diperoleh rata-rata persentase sebesar 98% dengan kriteria sangat layak. Maka media pembelajaran komik digital yang dikembangkan dalam penelitian ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mendorong para guru untuk lebih mengeksplorasi mengenai media-media pembelajaran yang mungkin digunakan dalam membantu mentransferkan ilmu pendidikan kepada siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adeliyanti, S., Suharto, & Hobri. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. Kadikma, 9(1), 123–130.
Afifah, A., & Dewi, P. A. (2022). Pengembangan Media E-Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1).
Arthamevia, A. T. (2022). Si Jono Mengenal Sudut. Retrieved from https://bit.ly/KMDMengenalSudut.
Astuti, E. P., Yuzianah, D., & Supriyono. (2019). E-Komik Punakwan sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Siswa SMP. Prosiding SENDIKA, 5(1), 718–723.
Ayuningsih, D., Purwoko, R. Y., & Purwaningsih, W. I. (2020). Pengembangan E-Comic sebagai Media Pembelajaran Pengan Pendekatan Etnomatematika untuk Siswa SMP. Prosiding Sendika (Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika), 6(2), 11–15. Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika.
Basir, M. A., Alif Hazira, K. V., & Kusmaryono, I. (2020). Pengembangan Media Islamic Math Comics dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis dan Karakter Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 842. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2539.
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819.
Dominikus, W. S. (2021). Hubungan Etnomatematika Adonara dan Matematika Sekolah: Etnografi Matematika di Adonara. Malang: Media Nusa Creative.
Febriani, A., Ratu, T., & Rahman, A. H. (2020). Pengembangan Komik Digital Fisika Berbasis Hypertext Markup Language (Html). Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 165–171.
Fitrianingsih, Y., Suhendri, H., & Astriani, M. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Bagi Peserta Didik Kelas VII SMP / MTS Berbasis Budaya. Petik, 5(2), 36–42.
Juhana Senjaya, A., Sudirman, & Supriyatno. (2017). Kesulitan-Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Matematika pada Materi Garis dan Sudut Di SMP N 4 Sindang. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 11–28. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i1.32.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran : Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Mutijah. (2019). Model Integrasi Matematika dengan Nilai-Nilai Islam dan Kearifan Lokal Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878.
Narsyah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Ethnomathematics (Matematika dalam Perspektif Budaya). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Nida, I. K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Comic Math dengan Pendekatan Etnomatematika pada Meteri Kubus dan Balok di SMP. Jurnal Aksioma, 8(1), 31–40.
Nisa, Z. E. K. (2019). Ethnomathematics Digital Comics (EDC) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Pendidikan Dasar. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) III Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587.
OECD. (2019). PISA 2018 Results What Students Know and Can Do (Volume I). https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.
Rahayu, R., Bintoro, H. S., & Murti, A. C. (2021). Etnomatematika di Pantura Timur Jawa. Kudus: Badan Penerbit UMK.
Rahmata, A., Tuljannah, L., Chotimah, S. C., & Fiangga, S. (2020). Validitas E-Comic Matematika Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Kesebangunan. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(1), 53–65. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.53-65.
Rahmatullah, D., Suryani, E., Fatmawati, Merdekawati, A., & Yahya, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 179–186.
Sa’adah, N., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika Gerakan Tari Kretek Kudus pada Pembelajaran Matematika. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education (AJME), 3(1), 58–71. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/article/view/20544.
Salma, S. N. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan Islami melalui Filosofi Gusjigang bagi Masyarakat Kudus Kulon. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 8(1), 50–59.
Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety and How to Reduce It). Jurnal Phytagoras, 3(2), 75–84. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2701/5684%0Ahttp://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23790/4/Chapter I.pdf%0Ahttps://www.researchgate.net/profile/Andri_Andri/publication/210277782_Anxiety_Theory_Based_On_Class.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Syahwela, M. (2020). Pengembangan Media Komik Matematika SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 534–547. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.235.
Ula, M., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Komik pada Pembelajaran Garis dan Sudut di SMP Negeri 7 Surabaya. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12.
Wahyuni, F. T. (2019). Hubungan Antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 109–122. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6358.
Wardani, D. L., Degeng, I. N. S., & Cholid, A. (2019). Developing Interactive Multimedia Model 4D for Teaching Natural Science Subject. International Journal of Education and Research, 7(1), 63–72. Retrieved from http://www.ijern.com/journal/2019/January-2019/07.pdf.
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara.
Yasni, E. (2018). Upaya dan Kreativitas Pendidik dalam Menciptakan Inovasi Model dan Media Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNPAP) Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS, 1(3), 88–94. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/27940.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpmk.v5i2.16174
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]