Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Melalui Model Think Talk Write
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik pada materi teorema pythagoras melalui model Think Talk Write (TTW) pada salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kudus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII pada salah satu SMP di Kudus yang berjumlah 30 orang. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar pada materi teorema pythagoras peserta didik. Rata-rata nilai ulangan harian matematika pra siklus adalah 63, sedangkan nilai rata-rata matematika pada siklus 1 adalah 76 dan nilai rata-rata matematika pada siklus 2 adalah 74. Selain nilai, keaktifan peserta didik juga mengalami peningkatan. Pembelajaran matematika dengan model TTW mampu melampaui indikator keberhasilan yang telah ditentukan yakni lebih dari 70. Sehingga model TTW dapat menjadi alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik.
This study aims to improve students' mathematics learning achievement on the Pythagorean theorem material through the Think Talk Write (TTW) model at one of the Junior High Schools in Kudus. This research was conducted in the even semester of the 2019/2020 school year. This research method is classroom action research. The research subjects were students of class VIII at one of the junior high schools in Kudus, totaling 30 people. The research procedure consisted of two cycles and each cycle consisted of planning, implementing, observing, and reflecting. The results showed an increase in learning achievement in the material of the Pythagorean theorem of students. The average pre-cycle math test score was 63, while the math average score in cycle 1 was 76 and the average math score in cycle 2 was 74. In addition to grades, student activity also increased. Mathematics learning with the TTW model is able to exceed the predetermined success indicator, namely 70. So the TTW model can be an alternative learning model to improve students' mathematics learning achievement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayuningrum, S. M., Budiyono, & Kurniawati, I. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Ditinjau Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Colomadu. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, 2(5), 413-420.
Hardiyanto, W., & Santoso, R. H. (2018). Efektivitas PBL setting TTW dan TPS ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kritis dan self-efficacy siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 116-126.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang: Malang.
Nugroho, A. A. Sutopo, & Pramesti, G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) untuk Meningkatkan Kemampuan Komuikasi Matematika dan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, 2(2), 145-150.
Rizmadita, S., Rahayu, W., & Narfanti, T. (2011). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Belajar Menggunakan Strategi Think Talk Write Dengan Siswa Yang Belajar Menggunakan Strategi Think Pair Share Pada Soal Cerita Di Kelas III SDIT Al-Fidaa Bekasi. Jurnal Matematika, Aplikasi, dan Pembelajarannya, 10, 34-48.
Ruseffendi, E. T 1992. Materi Pokok Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Rasindo.
Suningsih, A., Kusmayadi, T. A., & Riyadi, R. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dan TPS pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(4).
Supandi, S., Rosvitasari, D. N., & Kusumaningsih, W. (2017). Improving Mathematical Written Communication Skills Through Think-Talk-Write Strategy. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2).
Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Invotec, 11(1).
Susanto, A. S., Bharata, H., & Dahlan, S. (2018). The Effect of Cooperative Learning Model Think-Talk-Write (TTW) Type on Mathematical Problem-Solving Abilities in Terms of Learning Habits. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika., 9(1), 33-40.
Suyanto, E. 2016. Pembelajaran Matematika dengan Strategi TTW Berbasis Learning Journal untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis. Kreano Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 7(1), 58-65.
Syani, R. 2012. StrategiI Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segi Empat di Kelas VIIB SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Saung Guru, 3(3), 120-125.
Wahyuni, R., & Efuansyah, E. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24-36.
Wiriaatmadja, R. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]