Rantai Markov dalam Penentuan Market Share dan Equilibrium: Studi Kasus Pedagang Cilok di Alun-Alun Kabupaten Pemalang
Abstract
Rantai Markov adalah suatu teknik matematika yang biasa digunakan untuk melakukan pembuatan model bermacam-macam sistem dan proses bisnis. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, pendekatan tersebut dimaksudkan untuk memaparkan atau menggambarkan deskripsi penerapan rantai Markov dalam penentuan pangsa pasar dan keseimbangan pasar terhadap pedagang cilok di alun-alun Kabupaten Pemalang, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa untuk kemungkinan market share periode kedua terhadap 4 jenis cilok didapatkan cilok A, B, C, dan D berturut-turut adalah 21,5%, 28%, 24%, dan 26,5%. Sedangkan untuk kemungkinan market share periode ketiga didapatkan masing-masing jenis cilok adalah 21,8% untuk cilok A, 27,3% untuk cilok B, 24% untuk cilok C, dan 26,8% untuk cilok D. Terkait perhitungan keseimbangan pangsa pasar didapatkan untuk masing-masing jenis cilok adalah 21,7%, 25,8%, 23,9%, dan 28,6%.
Markov chains are a mathematical technique commonly used to model various business systems and processes. The approach in this research uses a descriptive approach, the approach is intended to describe the application of the Markov chain in determining the market share and equilibrium of cilok traders in the town square of Pemalang Regency, while the type of research is quantitative descriptive research. The conclusion of this study is that for the possibility of market share in the second period of 4 types of cilok, it is found that cilok A, B, C, and D are 21.5%, 28%, 24%, and 26.5%, respectively. As for the possibility of market share in the third period, each type of cilok is obtained, namely, 21.8% for cilok A, 27.3% for cilok B, 24% for cilok C, and 26.8% for cilok D. Regarding the calculation of equilibrium market share or the market share balance obtained for each type of cilok is 21.7%, 25.8%, 23.9%, and 28.6%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghniya, Fajar , Nisaul, Rifky, & Nana. (2020). Strategi Produk Cilok Berbasis Digitalsebagai Makanan Khas Desa Sinagar. ResearchGate.
Aliyuwaningsih, Nurma; Sumarjaya, I Wayan & Srinadi, I Gusti Ayu Made. Analisis Perpidahan Penggunaan Merek Simcard Dengan Pendekatan Rantai Markov. Jurnal Matematika, 7(1), Januari 2018, pp. 56-63.
Allo, Denis G.; Hatidja, Djoni & Paendong, Marline. (2013). Analisis Rantai Markov untuk Mengetahui Peluang Perpindahan Merek Kartu Seluler Pra Bayar GSM (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsrat Manado). JURNAL MIPA UNSRAT ONLINE, 2(1), 17-22.
Aswin, R. 2010. Penentuan Peluang Transisit Langkah Dalam Rantai Markov dan Penerapannya di Bidang Pertanian. Skripsi Departemen Matematika FMIPA Universitas Sumatera Utara. Medan.
Aulia, Iqbal. (2018). Pendekatan Rantai Markov Waktu Diskrit Dalam Memprediksi Perencanaan Produksi Padi Terhadap Lahan Panen Di Sumatera Utara. Skripsi Program Studi Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara Medan.
Az-zahra, Keisa; Wiranatha, A. A. P. A. Suryawan & Wrasiati, Luh Putu. (2019). Analisis Pangsa Pasar Beberapa Merek Produk Minuman Susu Fermentasi dalam Kemasan dengan Metode Rantai Markov di Lingkungan Kampus Universitas Udayana. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 7(4), 561-570.
Debora, N. R dan Yoestini. (2012). Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Harga, dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Sabun Lifebuoy Di Semarang. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponogoro, 1(2).
Dewata, Mukti Fajar Nur. (2017). Problematika Pengukuran Pangsa Pasar. Jurnal Yudisial Vol. 10 No. 3 Desember 2017: 295 – 310.
Fauziah, Riska Rian; Lovabyta, Novila Santi & Wahyuningtyas, Wulan Suci. (2016). Pembuatan Ciweed (Cilok-Seaweed) Sebagai Alternatif Pangan Sehat Dan Bergizi. Jurnal Agroteknologi, 10(02), 160-166.
Hermilda, Yugi. (2010). Aplikasi Rantai Markov Dalam Menganalisis Perpindahan Tempat Belanja. Skripsi Program Studi Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Diponegoro Semarang.
Khaldun, Ibnu. (1998). Muqaddimah al-Allamah Ibnu Khaldun. Beirut: dar al-Fikr.
Langi, Y. A. R. (2001). Penentuan Klasifikasi State pada Rantai dengan Menggunakan Nilai Eigen dari Matriks Peluang Transisi. Jurnal Ilmiah Sains, 11(1).
Masuku, Fatimah N; Langi, Yohanes A. R & Mongi, Charles. (2018). Analisis Rantai Markov Untuk Memprediksi Perpindahan Konsumen Maskapai Penerbangan Rute Manado-Jakarta. Jurnal Ilmiah Sains, 18(2), Oktober 2018, 75-79.
Prastya, S. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Indosat IM3. Skripsi.Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponogoro Semarang.
Ribhan. (2006). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Brand Switchingpada Pengguna SIM Card di Fakultas Ekonomi Universitas Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Universitas Lampung, Bandar Lampung, 3(1).
Rizanti, Ikhtiyari Navila & Soehardjoepri. (2017). Prediksi Produksi Kayu Bundar Kabupaten Malang dengan Menggunakan Metode Markov Chains. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2), 2337-3520.
Sari, Rezza Rosita Prastika; Harjanti, Wulandari; Safa’at. (2019). Analisis Pangsa Pasar dalam Meningkatkan Potensi Koperasi Intako Sidoarjo. Jurnal Ecopreneur, Volume 2, No. 2 Tahun 2019, 41-56.
Tjoe, Tjia Fie & Sarjono, Haryadi. (2017). Model Rantai Markov Pangsa Pasar Operator Selular Di Universitas Bina Nusantara, Jakarta Barat. Journal The WINNERS, 8(2), September 2007, 139-154.
Wibowo, W. A. (2013). Jurusan ilmu keolahragaan fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri semarang 2013.
Zaky, Muhammad. (2016). Aplikasi Rantai Markov (Markov Chain)Pada Perencanaan Sumberdaya Manusia. TANZHIM, 1(1), 11-21.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]