PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN SOROGAN HANACARAKA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
This research is a quantitative research method that aims to prove the effectiveness of online learning using sorogan hanacaraka teaching materials on the ability to write Javanese characters in grade III elementary school students.The conditions of the Covid-19 pandemic force learning to be done online, so students cannot meet face to face with the teacher.To overcome this, various kinds of learning innovations are needed so that learning outcomes can still be optimal.One of these innovations is the sorogan method-based teaching material for Javanese script material, which is then called the sorogan hanacaraka teaching material.Therefore, the formulation of the problem in this study is how the effect of online learning using sorogan hanacaraka on the ability to write Javanese characters. The results of this study indicate that online learning using sorogan hanacaraka has a positive effect on the ability to write Javanese characters.Meanwhile, the results of learning to write Javanese script on students proved to be normally distributed, both data obtained from classes outside the network (offline) and online.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bertujuan membuktikan pengaruh pembelajaran daring menggunakan bahan ajar sorogan hanacaraka terhadap kemampuan menulis aksara Jawa pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Kondisi pandemi Covid-19 memaksa pembelajaran harus dilakukan dalam jaringan (daring), sehingga siswa tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan guru. Mengatasi hal tersebut, perlu berbagai macam inovasi pembelajaran agar pembelajaran tetap dapat optimal. Salah satu inovasi tersebut adalah bahan ajar berbasis metode sorogan untuk materi aksara Jawa, yang disebut bahan ajar sorogan hanacaraka. Penelitian ini mempunyai rumusan maslah bagaimana pengaruh dan hasil belajar pembelajaran daring menggunakan sorogan hanacaraka terhadap kemampuan menulis aksara Jawa pada siswa SD kelas III. Hasil dari penelitian menunjukkan pembelajaran daring menggunakan sorogan hanacaraka berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis aksara Jawa. Sementara itu hasil belajar menulis aksara Jawa pada siswa terbukti berdistribusi normal, baik data yang diperoleh dari kelas luar jaringan (luring) maupun dalam jaringan (daring).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsani, Eva Luthfi Fakhru. 2020. “Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19.” Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini 3(1): 37–46.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Rosdakarya.
Arikunto, S. dan C. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Bilfaqih. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish.
Handayani, I. N. . S. (2018). Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 103–114.
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Meidawati, dan S., & Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, U. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5.
Nafisah, F. T., & Zafi, A. A. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20
Nurhayati, D., Abdurrahman, D. I., Seni, P. K., Seni, F., & Dan, R. (2018). Upaya Revitalisasi Aksara Jawa Hanacaraka Melalui Media T-Shirt.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). 4(2), 30–36.
Palupi, R. (2019). Penggunaan Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V DI MI AL-Hikmah Ngadirejo Tahun Ajaran 2018/2019. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Runtut Hidayati, D. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3, 112–116.
Rusman dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Saddhonno, K. & Slamet, S. Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. PT. Rineka Cipta.
Sidiq, R. (2016). Pemanfaatan Whatsapp Group dalam Pengimplementasian Nilai-Nilai Karakter Pancasila Pada Era Disrupsi. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(2), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.
Sugiati. (2016). Implementasi Metode Sorogan Pada Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Pondok Pesantren. Qathrunâ, 3(01), 135–160.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung : Alfabeta.
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493
Wahyuni. (2018). Penggunaan Metode Sorogan dalam Pembeljaran Kosa Kata Bahasa Arab pada Siswa Kelas V di MI AL-Hikmah Ngadirejo Tahun Ajaran 2018/2019. In ثبثبثب: Vol. ث ققثق (Issue ثق ثقثقثق).
Wakit, A. (2016). Efektivitas Metode Sorogan Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(1), 1–12. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.278
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8156
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: