PROBLEMATIKA PENGINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA PEMBELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL HUDA JEPARA
Abstract
This study aims to analyze the problems in the application of the integration of islamic values with science material at the elementary education level of Madrasah Ibtidaiyah and to contribute to the world of education related to the implementation of the integration of islamic values with related subjects. The research method used is the qualitative descriptive analysis approach which is library research. Based on the data obtained, the researchers found several problems hampering the application of the integration of islamic values with MI science’s material, namely the lack of quality humam resources, lack of facilities and infrastrukture, learning systems and devices as well as the provision of very basic material and only focused on the cognitive abilities of students. Therefore, researchers provide solutions for the procurement of learning modules, making learning concepts consisting of five points, and conducting assessments that are in line with the concept of integration of islamic values and MI science sebjects. The research contributes to providing a detailed description of the application of the integration of islamic values with science to be used as a reference for the implementation of teaching and learning activities. Also, the research carried out helps scientists and academic activists who have future challenges in formulating the concept of islamic education but do not override the values of general science.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika dalam penerapan integrasi nilai-nilai keislaman dengan materi IPA dijenjang pendidikan dasar Madrasah Ibtidaiyah serta memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan terkait dengan pelaksanaan integrasi nilai keislaman dengan mata pelajaran terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis yang bersifat library research. Berdasarkan data yang diperoleh, peneliti menemukan beberapa problematika yang menghambat penerapan integrasi nilai-nilai keislaman dengan materi IPA MI, yaitu minimnya kualitas SDM, kurangnya sarana dan prasarana, sistem dan perangkat pembelajaran serta pemberian materi yang sangat dasar dan hanya difokuskan pada kemampuan kognitif peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti memberikan solusi pengadaan modul pembelajaran, pembuatan konsep pembelajaran yang terdiri dari lima point dan melakukan penilaian yang selaras dengan konsep integrasi nilai keislaman dan mata pelajaran IPA MI. Penelitian ini juga berkontribusi dalam memberikan gambaran secara detail terkait penerapan integrasi nilai keislaman dengan ilmu pengetahuan untuk dijadikan acuan bagi terlaksananya kegiatan belajar mengajar. Selain itu, penelitian yang dilakukan juga turut serta membantu para ilmuan dan pegiat akademisi yang memiliki tantangan masa depan untuk merumuskan konsep pendidikan Islam tetapi tidak mengesampingkan nilai-nilai ilmu pengetahuan umum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisona, R. D. (2017). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MI. PROCEEDINGS ANCOMS 2017, 110–112, 329–337.
Aty Mulyani, dkk. (2018). Integrasi Ilmu Pengetahuan Alam dan Nilai-nilai Islam untuk Pembangunan Karakter Peserta Didik di Madrasah Aliyah. JEMST; Journal Of Education in Mathematics, Science, and Technology, 1(1), 16–19. http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/
Aziz, H. . (2012). Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati: Akhlak Mulia Pondasi Membangun Karakter Bangsa. Al-Mawardi.
Calista, W. (2019). Integrasi Mata Pelajaran IPA Dengan Nilai-Nilai Islam Melalui Pendekatan Bayanidi Kelas IIIC MI Negeri 1 Yogyakarta. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 223–236.
Depdiknas. (2003). UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Fathul Mufid. (2013). Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. Equilibrium, 1(1), 55–71. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/200
Hamzah, F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Integrasi Islam – Sains Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas Ix Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.21070/ja.v1i1.163
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. PT Remaja Rosdakarya.
Hiqmatunnisa, H. and Zafi, A. A. (2020) ‘Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Basic Learning’, JIPIS. doi: 10.33592/JIPIS.V29I1.546.
Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kementrian Agama RI. (2013). Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya. Halim.
Rus, A. I. (2009). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana.
Samatowa. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Direktorat Jendral Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher OrderThinking Skills). In Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher OrderThinking Skills). Tsmart.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Teguh Wangsa. (2011). Filsafat Pendidikan; Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan. Ar-Ruz Media.
Yogiswari, K. S. (2020). Komparasi Pandangan Filsafat Agama Albert Einstein dan Holmes Rolston III. Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 9(1), 53. https://doi.org/10.25078/sjf.v9i1.1612
Yuliawati, F. dkk. (2013). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA MI/SD KELAS 5 SEMESTER 2 MATERI POKOK BUMI DAN ALAM SEMESTA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 169–177.
Zafi, A. A. (2020). Penerapan Nilai-nilai Moderasi al-Qur’an dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 21(1). https://doi.org/10.14421/QH.2020.%X
Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI) 9, 18–19.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7522
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: