Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim

Fajar Dwi Mukti

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil respon guru dan siswa sehingga media layak digunakan dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam media ini adalah model 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Tahapan yang dilakukan terdiri dari tiga tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Media pembelajaran  Augmented Reality (AR) ini dinilai oleh 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang peer reviewer, 1 orang guru kelas V dan 10 siswa kelas V MI Wahid Hasyim untuk mengetahui tanggapan siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan evaluasi menggunakan bentuk uraian non objektif untuk uji kualitas produk media pembelajaran. Hasil penelitian adalah respon atau tanggapan guru kelas V Sangat Baik dengan diperoleh persentase 82.57%. Begitu juga tanggapan siswa diperoleh persentase 90.2%  dengan tanggapan positif sehingga media pembelajaran memiliki kategori kualitas pada kriteria Sangat Baik yang didukung juga dengan hasil nilai siswa yang mengalami penaikan 35.8%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality (AR) di kelas V MI Wahid Hasyim layak dipergunakan sebagai sumber belajar siswa.

Keywords


Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Augmented Reality

Full Text:

PDF

References


Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Atmajaya, Dedy, “Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif,” dalam Jurnal Ilmiah ILKOM, Vol. 9, Nomor 2, Agustus 2017.

Asnawir, Usman, B., Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers, 2002.

Boud, A. C., Haniff, D. J., et al. 1999. Virtual reality and augmented reality as a training tool for assembly tasks. In Information Visualization, Proceedings. IEEE International Conference on, 1999. doi:10.1109/iv.1999.781532.

Bahar, Y., N., “Aplikasi Teknologi Virtual Realty Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur”, dalam Jurnal Desain Konstruksi, Volume 13, No. 2, Desember 2014.

Budiman, A. A., “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Gigi Berlubang,” dalam Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer, Vol. 21 No. 06, Jan – Mar 2017.

Dunleavy, M., Dede, D., and Mitchell, R., Affordances and Limitations of Immersive Participatory Augmented Reality Simulations for Teaching and Learning, on Journal of Science Education and Technology, Vol. 18, No. 1, February 2009.

Dedynggego, Mohammad, Affan, M., “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif 3d Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Sangira”, dalam jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, Vol. 1, Nomor 2, Juli – Desember 2015.

Gatot S. Dewa Broto, Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Dalam www.kominfo.go.id. Diakses tanggal 11 Desember 2017.

Kustandi, C.,Sutjupto, B., Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Sanou, B., Measuring the Information Society Report 2015 Executive Summary, Switzerland: CH-1211 Geneva Switzerland, 2015.

Saputro, R.E., Surya, D.I., “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality”, dalam Jurnal Buana Informatika, Vol. 6, Nomor 2, April 2015.

Sari, W. S., dkk., “Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Pancaindra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar,” paper dipersentasikan dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012), Semarang, 23 Juni 2012.

Saurina, Nia, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality,” dalam Jurnal IPTEK, Fakultas Teknik, Vol. 20, Nomor 1, Mei 2016.

Sari, W.S., Dewi, I.N., Setiawan, A., “Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Pancaindra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar”, dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012, Juni 2012.

Sartika, Y., dkk., “Aplikasi Pembelajaran Tata Surya untuk IPA Kelas 6 Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android”, dalam e-Proceeding of Applied Science, Vol. 2, Nomor 3, Desember 2016.

Suhendar, A., Fernando, A., “ Aplikasi Virtual tour Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Autodesk 3Ds Max”, dalam Jurnal ProTekInfo, Vol. 3, Nomor 1, September 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2009.

Tim Puslitjaknov, Metode Penelitian dan Pengembangan, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2008.

Trianto, Mendisain Model Pembelajaran Inovasi Progesif “Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)”, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Vitalocca, D., Mardiana, “Pengaruh Implementasi Augmented Reality (Ar) Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPA”, dalam Seminar Nasional Pendidikan Vokasi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar, 9 September 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6351

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License