Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Kampuan Hands-On Siswa pada Materi Bangun Ruang di MI Islamiyah Dinoyo Terdepan Lamongan
Abstract
Abstrak: Pada pembelajaran materi Bangun Ruang di MI Islamiyah Dinoyo Terdepan Deket Lamongan terdapat permasalahan diantaranya terlihat siswa cenderung pasif dan suasana di kelas kurang menyenangkan dikarenakan guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dengan model teaching center sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal yaitu terdapat beberapa hasil belajar siswa kurang dari KKM yang ditentukan 75 berjumlah 40% dari 24 keseluruhan jumlah siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan metode talking stick untuk meningkatkan kemampuan hands-on (2) Mengetahui peningkatan kemampuan hands-on dengan menggunakan metode talking stick. Metode talking stick termasuk salah satu metode pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokok yang diajarkan oleh guru. Pembelajaran dengan metode talking stick sangat cocok diterapkan pada pendidikan Dasar (SD/MI), karena selain melatih kemapuan psikomotor dan kognitif, pembelajaran ini menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat siswa aktif. Metode talking stick ini sangat tepat digunakan dalam pengembangan hands-on. Peneliti yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi, pengukuran tes, dan catatan lapangan. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian diperoleh data bahwa adanya peningkatan kemampuan hands-on siswa pembelajaran materi Bangun Ruang pada siswa kelas IV dari 2 siklus yang telah dijalankan serta dapat memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan. Pada pelaksanaan siklus I pada kemampuan Hands-On siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM 75 sebanyak 60% dari 24 jumlah keseluruhan siswa yang hadir dan pada siklus II jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM mencapai 82% terdapat peningkatan sebanyak 25% dari siklus I ke siklus II dengan nilai Rata-Rata kemampuan Hands-On siklus I sejumlah 75,8 dan pada siklus II nilai rata-rata 80,16 peningkatan sebesar 4,36. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengunaan metode talking stick dapat meningkatkan kemampuan Hands-On pada materi Bangun Ruang serta pelaksanaannya dapat berjalan dengan efektif dan efesien.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Al-Quran Digital, Surat Al-Baqoroh ayat 148
Arikunto, Suharsimi dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Bodgan, Robert, Steven J. Taylor. Kualitaif; Dasar-dasar Penelitian. terj., A. Khozin Afandi. Surabaya: Usaha Nasional, 1993
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahanya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an Dept. Agama RI, 1982
Departemen Pendidikan Nasional. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kls. I s.d. VI Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2004
Desmita. Psikologi Perkembangn Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009
Faturrohman, Pupuh dan Sutikno, Sobry. Strategi Belajar Mengajar melalui Pendekatan Penanaman Konsep Umum dan Islami. Jakarta: Refika Aditama, 2001
Ghony, Djunaidi. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN-Malang Press, 2008
Gufron, A. Kurikulum Berbasic Kompetensi di Perguruan Tinggi: Prinsip dan Langkah-langkah Pengembangan. Yogyakarta, 2004
Hadis, Abdul. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2006
Hamzah. Mengelola Kecamatanerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta; Bumi Aksara, 2009
Harafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. Konsep Strategi Pembelajran. Bandung: Refika Aditama
http:www.wikipedia.org/wiki/Matematika#.3F.com. Apakah matematika? diakses 21 mei 2012
Hudojo, Herman. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang, 1988
Iskandar. Psikologi Pendidikan. Cipayung: Gaung Persada Press
Moleong, J, Lexy. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa. Manajeman Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007
Ni’am, Syamsun, M. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran ,Pendidikan Agama Islam Kelas III Di MIN Beji Pasuruan, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2009
Sadili, Hasan. Ensiklopedi Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru Van Houve
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007
Sukmadinata. Syaodih. Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2011
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995
Syarif, Muhammad. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1996
Wahidmurni. Penelitan Tindakan Kelas Dari Teori Menuju Praktik. Malang: UM PRESS, 2008
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6108
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: