PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO SCRIBE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatakan hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM 70,00 dengan menggunakan media video scribe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum penggunaan media video scribe dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penggunaan media video scribe dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa (3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik setelah penggunaan video scribe sebagai media pembelajaran
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Adapun bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah: Guru kelas IV Naim. Pelaksanaan pengumpulan data dalam teknik dokumentasi, pengukuran dan observasi.
Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan: 1). Hasil belajar siswa sebelum penggunaan media video scribe dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018 hanya memperoleh 65,45 belum memenuhi KKM yaitu 07,00. Perolehan hasil tersebut dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat membuat siswa semakin bersemangat dalam belajar dan lebih ceria. 2). Hasil belajar siswa setelah penggunaan media video scribe dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018 pada siklus I memperoleh nilai 79,09 dan pada siklus II memperoleh nilai 94,54 dan 3). Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik setelah pengguaan video scribe sebagai media pembelajaran di kelas IV SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/2018 terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I hingga siklus II sebesar 15,45.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahrul Razi. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Pontianak: Stain Press.
Jamil Suprihartiningrum. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzi Media.
J .Moleong Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kadir dan Hanun. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
M. Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
M. Thobrani. 2015. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rusman Dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pengembangan Propesionalitas Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Salama. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Card Sort Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Makanan Dan Minuman Yang Halal Dan Haram Di Kelas V Madrasah Ibtidahiyah Swasta Al-Ihsan Kecamatan Pontianak Utara Tahun 2012/2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: