Penilaian Kemampuan Membaca Bahasa Arab Anak Kelas Rendah Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pati

M Sofyan Alnashr

Abstract


Penelitian ini bertujuan menilai kemampuan membaca Arab anak kelas rendah Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Pati. Subjek penelitian berjumlah 36 anak yang merupakan anak didik MI kelas 3 dari tiga madrasah yaitu MI Al Istiqomah, MI Thowalib, dan MI Tarbiyatul Islamiyah. Penelitian ini berupa penelitian diskriptif kualitatif yang diawali dengan melakukan tes kemampuan membaca Arab kemudian skor yang didapatkan dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Setiap anak diasses oleh satu orang assesor melalui wawancara terstruktur terlebih dahulu dilanjutkan tes dengan 4 sub tugas yakni mengenal huruf (sub tugas 1), membaca huruf berharakat (sub tugas 2), membaca kata (sub tugas 3), dan membaca kalimat dalam bahasa Arab (sub tugas 4). Hasil penilaian menunjukkan data 31% atau 11 anak mendapatkan nilai sangat baik, jumlah ini sama dengan anak yang mendapat nilai baik yaitu 11 anak. Sementara 19% atau 7 anak nilainya cukup dan 17% atau 6 anak masuk kategori kurang. Terdapat 3% yakni 1 anak yang masih butuh pendampingan khusus. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak MI kelas rendah di Kabupaten Pati mempunyai kemampuan yang baik dalam hal membaca aksara Arab.


Keywords


assesmen, membaca Arab, kelas rendah

References


Anderson, T. &. (1982). Reader and Text Studying Strategies. (W. O. White, Ed.) New York: Academic Press.

Aquami. (2017). Korelasi antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Keterampilan Menulis Huruf Arab pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI , III (1), 77-88.

Krismanto, W. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan , V (3), 51.

Muhadjir, N. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Muin, A. (2004). Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta: Pustaka Alhusna Baru.

Mullis, I. M. (2012). PIRLS 2011 International Report . Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (p. 148). Bengkulu: UNIB.

Rahman, A. A. (2017). Keterampilan Membaca dan Teknik Pengembangannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Diwan , III (2), 159.

Shihab, M. (2002). Tafsir Al-Misbah (Vol. 15). Jakarta: Lentera Ilmu.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Tehnik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparno. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca; Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4925

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License