PEMBELAJARAN TEMATIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK

Laelatul Badriah

Abstract


Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang dirancang berdasarkan
tema-tema tertentu. Pembelajaran tematik diharapkan dapat meningkatkan
keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui keaktifan belajar peserta didik kelas II MI Ma’arif Kadipolo Salam
Magelang serta melihat apakah pembelajaran tematik dapat meningkatkan
keaktifan siswa atau tidak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Desain penelitian menggunakan desain siklus PTK Model Kurt Lewin. Subyek
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II Kadipolo Salam Magelang.
Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siwa Kelas II MI Ma’arif Kadipolo
Salam Magelang mengalami peningkatan dalam kegiatan belajar mengajar.
Terbukti dengan peningkatan keaktifan pada setiap butir indikator keaktifan
peserta didik yang memperoleh presentase sebesar 33,3% dari selisih penigkatan pada setiap butir indikator keaktifan peserta didik, serta kegiatan belajar  mengajar menggunakan pembelajaran tematik dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas II MI Ma’arif Kadipolo Salam Magelang. Hasil presentase angket keaktifan peserta didik siklus I dan II yang memperoleh presentase sebesar 83,33%. Adapun selisih presentase dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 33,3%. Sedangkan indikator keberhasilan yang telah ditentukan sebesar 65%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada kegiatan belajar mengajar di kelas II MI Ma’arif Kadipolo Salam Magelang.


Keywords


Keaktifan Peserta didik, Pembelajaran Tematik

References


Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Cece Wijaya, dkk. 1988. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.

E. Balnadi Sutadipura. 1992. Aneka Problema Keguruan. Bandung: Angkasa

Laelatul Badriah dan Rani Ayu Sholicha, Hubungan Kreativitas Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Kelas Iii Min Jejeran Bantul, Jurnal LITERASI, Volume VII, No. 1 Juni 2016

Saur Tampubolon. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT Gelora Aksara

Slameto. 2010. Blajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka

Sugiyar. 2009. Pembelajaran Tematik. Surabaya: Aprinta Lapis

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Sutau Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Supinah. 2012. Bagaimana Mengukur Aktifitas Siswa Dalam Pembelajaran. http;//p4tkmatematika.org/2012/05/bagaimana-mengukur-aktivitas-siswa-dalam-pembelajaran.

Syaiful Bahri Djamaroh. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto. 2010. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenada Media Group

Wiji Sumarno. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Wina Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4388

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License