PENERAPAN MODEL “BACA, TULIS, DAN BAGI” DALAM PENGUATAN LITERASI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH STAIN PAMEKASAN

Heni Listiana

Abstract


Model baca, tulis, dan bagi adalah sebuah model untuk mengetahui kegiatan literasi yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penerapan diari baca, diari menulis, dan diari berbagi. Dalam menggali data, penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasilnya penerapan ketiga diari tersebut diolah dengan menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian ada 37 orang mahasiswa. Dalam mengerapkan model baca, tulis, dan bagi pada penguatan literasi mahasiswa terdiri dari tiga tahapan: kesatu, persiapan kedua, pelaksanaan, dan ketiga adalah analisis. Dalam waktu 30 menit mahasiswa memiliki kemampuan rata-rata membaca 25 halaman. Dan kemampuan menulis mahasiswa dalam waktu 30 menit adalah 10 paragraf. Setiap mahasiswa dalam kegiatan berbagi dapat menyampaikan pada rata-rata 3 orang.

Keywords


Literasi, Kemampuan literasi, Model Baca, Tulis, dan Bagi

Full Text:

PDF

References


A. Khozin Afandi. 2006.Berpikir Teoritis Merancang Proposal. Surabaya: Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Abd. al-Rahman dan Ahmad Usman. t.t. Manahij Al-Bahts Al-‘ilm Wa Turuq Al-Kitabah. Beirut: Dar al-Fikr.

Alfandi, M. 2016. “Program Literasi Media Televisi Untuk Penguatan Minat Baca Siswa.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan 16, no. 2: 333–350.

Andi, Supiandi. 2017. “Menumbuhkan Budaya Literasi Dengan Menggunakan ‘Program Kata’ Di SMA Muhammadiyah Toboali Kab. Bangka Selatan.” STUDIA 1, no. 1: 93–106.

Arikunto, Suharsimi. t.t.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arohman, Mamat, Saefudin Saefudin, and Didik Priyandoko. 2016. “Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Ekosistem.” In Prosiding Seminar Biologi, 13: 90–92. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/ view/9480.

Burhan Nurgiantoro. 1988.Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Djago Tarigan, H.G. Tarigan. 1986.Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

DP Tampubolon. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif Dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Gipayana, Muhana. “Pengajaran Literasi Dan Penilaian Portofolio Dalam Konteks Pembelajaran Menulis Di SD.” Jurnal Ilmu Pendidikan 11, no. 1 (2016). http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/87.

Harjasujana, Harjasujana. 2003.Membaca Dalam Teori Dan Praktik. Bandung: Mutiara, 2003.

Henri Guntur Tarigan. 1984.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Jusmiana, Andi, Sumarni Susilawati, and Fahrul Basir. 2016. “Deskripsi Trajektori Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika.” Prosiding 2, no. 1. http://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/ 374.

Karyanto, Puguh. 2014. “Penguatan Modal Manususia Dan Peningkatan Literasi Ekologi Melalui Pedagogi Spesifik Materi: Pengembangan Model Dalam Pembelajaran Ekologi Melalui Penelitia Ekofisiologi Tikus Sawah.” In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, Vol. 11. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/7834.

Kridalaksana, Harimurti. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan den Pengembangan Bahasa, n.d.

Lexy J. Moleong. 2005.Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.

M. Atar Semi. 2007.Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Miharja, Fuad Jaya. 2016. “Literasi Islam& Literasi Sains Sebagai Penjamin Mutu Kualitas Manusia Indonesia Di Era Globalisasi.” Research Report, no. 2. http://researchreport.umm.ac.id/index.php/researchreport/article/view/681.

Naibaho, Kalarensi. 2007. “Menciptakan Generasi Literat Melalui Perpustakaan.” Visi Pustaka 9, no. 3: 1–8.

NK, Johanes Edo, Raymundus Rikang RW, and Cornel Dimas SK. 2013. “Literasi Kaum Muda Tentang Good Governance Melalui Isu Korupsi Di Televisi.” Jurnal ILMU KOMUNIKASI 9, no. 1. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/186.

Purwanti, Elly, and Wahyu Prihanta. 2016. “Penguatan Literasi Ekosistem Pada Siswa Klas X Dengan Specific Materi: Pembelajaran Ekosistem Melalui Penelitian Ekofisiologi Hutan Mangrove.” Research Report, 155–163.

Rahayu, Triwati. 2016. “Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah”. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7644.

Seya Yuwana Sudikan. 2001.Metode Penelitian Kebudayaan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

Solehan T.W dkk. 2008.Pendidikan Bahasa Indonesia Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

St. Y., Slamet. 2008.Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sutrisno Hadi. 1989. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Syafi’ie, Imam. 1999.Pengajaran Membaca Terpadu. Malang: IKIP.

Tobroni, Imam Suprayogo. 2001.Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yore, Larry D., and David F. Treagust. 2006. “Current Realities and Future Possibilities: Language and Science Literacy— empowering Research and Informing Instruction.” International Journal of Science Education 28, no. 2–3 (February 15, 2006): 291–314.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i1.4220

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License